Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Rapat G20 Bali Tidak Hasilkan Kesepakatan,Indonesia akan Keluarkan Pernyataan


Rapat Keuangan G20 Bali Tidak Hasilkan Kesepakatan, Indonesia akan Keluarkan Pernyataan Tuan Rumah


Pejabat tinggi keuangan dari Kelompok 20 menghadiri hari kedua Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, pada Sabtu, 16 Juli 2022. (Sumber: Sonny Tumbelaka/Pool via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BANGKOK, KOMPAS.TV - Para pemimpin keuangan Kelompok 20 ekonomi terkaya dan terbesar G20 sepakat pada pertemuan di pulau resor Indonesia Bali minggu ini tentang perlunya bersama-sama mengatasi penyakit global seperti inflasi dan krisis pangan. Namun pertemuan ini gagal menjembatani perbedaan atas perang di Ukraina.

Sebagai tuan rumah G20 tahun ini, Indonesia berusaha untuk menjembatani perpecahan antara anggota G20 atas invasi Rusia, tetapi permusuhan atas konflik itu terbukti, bahkan ketika para menteri keuangan dan kepala bank sentral sepakat tentang tantangan global lainnya yang telah diperburuk oleh perang.

Semua yang terlibat sepakat pertemuan itu berlangsung "dalam situasi yang sangat menantang dan sulit karena ketegangan geopolitik," kata Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati, Sabtu (15/7/2022).

Dia mengatakan para delegasi "menyatakan simpati bahwa Indonesia harus mengelola situasi ini."

Indrawati dan Gubernur Bank Sentral Indonesia Perry Warjiyo mengatakan Indonesia nantinya akan merilis pernyataan ketua G-20 yang akan mencakup dua paragraf yang menjelaskan area di mana para peserta gagal menyepakatinya.

Masih ada persoalan yang tidak bisa didamaikan. "Karena mereka ingin menyampaikan pandangannya terkait perang," kata Sri Mulyani Indrawati.

Dalam pernyataan, "Terkait perang masih ada pandangan yang berbeda di dalam G20," katanya.

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati, kiri, berbicara dengan Presiden Bank Pembangunan Islam Muhammad Sulaiman Al Jasser saat menghadiri hari kedua Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, pada Sabtu, 16 Juli 2022. (Sumber: Sonny Tumbelaka/Pool via AP)

Indrawati menguraikan berbagai bidang di mana para anggota setuju, termasuk kebutuhan untuk meningkatkan ketahanan pangan, untuk mendukung penciptaan mekanisme pendanaan untuk kesiapsiagaan pandemi, pencegahan dan tanggapan, bekerja menuju kesepakatan pajak global dan memfasilitasi pembiayaan transisi menuju energi yang lebih bersih untuk mengatasi perubahan iklim.

"Kemajuannya lebih dari yang diharapkan," kata Warjiyo.

Dengan inflasi yang mencapai level tertinggi empat dekade — harga konsumen AS naik 9,1% pada bulan Juni — Warjiyo mengatakan para peserta "berkomitmen kuat untuk mencapai stabilitas harga."

"Ada komitmen di antara G-20 untuk mengalibrasi kebijakan ekonomi makro dengan baik untuk mengatasi inflasi dan perlambatan pertumbuhan," katanya.

Pertemuan di Bali mengikuti pertemuan para menteri luar negeri G-20 awal bulan ini yang juga gagal menemukan titik temu atas perang Rusia di Ukraina dan dampak globalnya.

Selama pembicaraan yang dimulai Jumat, Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengutuk Moskow karena nyawa yang hilang dan korban manusia dan ekonomi yang berkelanjutan yang disebabkan oleh perang di seluruh dunia.

"Rusia bertanggung jawab penuh atas dampak negatif terhadap ekonomi global, terutama harga komoditas yang lebih tinggi," kata Yellen.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen, kanan, berbicara dengan Menteri Keuangan Afrika Selatan Enoch Godongwana dalam pertemuan bilateral mereka di sela-sela Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, pada Sabtu, 16 Juli 2022. (Sumber: Sonnu Tumbelaka/Pool via AP)

Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland menyamakan kehadiran pejabat Rusia di pertemuan itu dengan "seorang pembakar bergabung dengan petugas pemadam kebakaran." Perang dilancarkan oleh para teknokrat ekonomi, serta para jenderal, katanya dalam sebuah posting di Twitter.

Pejabat Rusia dilaporkan menyalahkan sanksi Barat atas perang karena memperburuk inflasi dan krisis pangan.

Indrawati mengatakan pembicaraan tertutup G20 tidak termasuk pembahasan proposal untuk pembatasan harga minyak Rusia—salah satu tujuan utama Yellen ketika AS dan sekutunya berusaha untuk mengekang kemampuan Moskow untuk membiayai perangnya.

Diskusi semacam itu akan terjadi di sela-sela pertemuan, katanya.

Perundingan Bali hasilkan lebih banyak kemajuan daripada pertemuan keuangan G20 sebelumnya di Washington pada bulan April, ketika para pejabat dari AS, Inggris, Prancis, Kanada dan Ukraina keluar untuk memprotes kehadiran utusan Rusia. Pertemuan itu juga berakhir tanpa keluarnya pernyataan bersama.

Terperangkap di tengah sebagai tuan rumah, Indonesia telah mendesak para pejabat dari semua pihak untuk mengatasi ketidakpercayaan demi sebuah planet yang menghadapi banyak tantangan.

Direktur Departemen Stabilitas Keuangan Bank Rusia Elizaveta Danilova, kiri, dan Wakil Menteri Keuangan Rusia Timur Maksimov, kanan, menghadiri Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, Jumat, 15 Juli 2022. (Sumber: Sonny Tumbelaka/Pool via AP)

"Dunia membutuhkan lebih banyak lagi kolaborasi. Tidak peduli negara mana ... mereka tidak dapat menyelesaikan masalah ini sendirian. Ketahanan pangan, energi, perubahan iklim, pandemi ... semuanya saling terkait," kata Sri Mulyani.

"Kita semua sepakat bahwa kita perlu melanjutkan semangat kolaborasi dan multilateralisme," katanya.

Pertemuan tersebut juga membahas masalah meningkatnya utang di negara-negara seperti Zambia, Myanmar dan Sri Lanka.

Sementara G-20 "bukan forum kreditur, ada pengakuan bahwa ada utang yang tumbuh," kata Indrawati.

Pembicaraan berpusat pada kerangka kerja untuk memungkinkan negara-negara kreditur dan debitur mencari solusi untuk membantu negara-negara yang membutuhkan.

"Ketika suatu negara memiliki utang yang tidak berkelanjutan, mereka harus berkomunikasi dengan krediturnya," katanya. "Mekanisme ini harus lebih bisa diprediksi. Itu yang kita diskusikan di G-20."
https://www.kompas.tv/article/309871...n-rumah?page=2

Perbedaan barat dan timur meruncing pada G20 Kemenkeu
Bagaimana dengan nanti November pertemuan para pemimpin G20?

scorpiolama
scorpiolama memberi reputasi
1
1.2K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan