designolAvatar border
TS
designol
Maaf! LRT Jabodebek Batal Mulai Operasi Agustus 2022


Soft launching LRT Jabodebek batal dilakukan pada Agustus 2022. Namun rencananya ada acara lain yang akan dilakukan yakni ceremonial showcase atau hanya memamerkan rangkaian LRT.

Hal ini diucapkan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR RI, Rabu (6/7/2022).

"(acaranya) lebih ke showcase dulu. ini masih kita bahas dengan teman-teman seperti apa showcase-nya. Lintas mana yang akan dijalankan untuk showcase juga masih dibahas," kata Zulfikri.


Zulfikri juga menjelaskan untuk proyeksi LRT Jabodebek mulai beroperasi pada akhir 2022 ini. Saat ini pemerintah tengah memastikan kesiapan operasi dari sisi keamanan.

"Kita lihat benar kesiapan operasi kita dari Kementerian Perhubungan didampingi konsultan internasional kalau itu safe," katanya.

Pengoperasian LRT Jabodebek ini memang sudah kerap molor dari beberapa tahun lalu. Proyek yang dimulai dari 2015 lalu ini mulanya ditargetkan selesai pada 2019, namun molor karena persoalan lahan depo. Selanjutnya proyek kembali ditargetkan selesai pada 2021.

Namun rencana pengoperasian kembali mundur hingga pertengahan 2022 karena masalah pembangunan depo hingga ruas di Dukuh Atas yang belum rampung.

Bahkan terjadi pembengkakan biaya proyek atau cost over run sebesar Rp 2,3 triliun karena lama molor pada periode itu.

"Atas keterlambatan ini terdapat peningkatan biaya proyek yang diestimasi sebesar Rp 2,7 triliun yang saat ini sudah diaudit oleh BPKP (Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan," kata Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dalam RDP dengan Komisi VI, Kamis (8/7/2021).

Tiko, menjelaskan peningkatan biaya berasal dari biaya pra-operasi, biaya interest during construction, dan lainnya. Sehingga pengoperasian juga kembali tendang mundur hingga pertengahan 2022.

Lalu pada awal 2022, Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo, memastikan kalau pengoperasian atau Commercial Operating Date (COD) LRT Jabodebek akan dilakukan pada Agustus 2022.

"COD LRT Jabodebek menjadi Agustus 2022," kata Didiek dalam diskusi publik Persiapan Operasional LRT Jabodebek, Rabu (19/1/2022).

Hingga kondisinya saat proyek kembali mandek, hingga dipatok baru bisa selesai pada akhir 2022 paling cepat atau hingga 2023.

Dalam webinar yang digelar Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPJT) Kamis (12/5/2022), Dirut KAI memang sudah menjelaskan pengoperasian secara komersial baru dapat dilakukan pada Desember 2022 atau awal 2023.

Sementara Agustus nanti akan dilakukan demo dari GoA3 atau sistem operasi kereta api untuk beberapa lintas pelayanan.

"Nanti saat trial run nanti kita skenariokan LRT ini sudah beroperasi seperti biasa namun belum ada penumpang," kata Didiek, dalam webinar.

Sumber


Biar lambat asal selamat
0
922
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan