Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rakitpcmendingAvatar border
TS
rakitpcmending
Duit KCIC Menipis, Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Terancam Molor Lagi



Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) Didiek Hartantyo buka-bukaan mengenai proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Penyertaan Modal Negara (PMN) harus segera cair supaya proyek ini bisa terselesaikan.

Didiek mengatakan jika PMN tidak segera cair maka penyelesaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan terlambat. Pasalnya kondisi keuangan PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) semakin menipis.

"Ini yang kemarin kami tayangkan pada saat RDP di komisi VI dan disampaikan Menteri BUMN. Kemarin sudah dalam pembahasan menyeluruh dan ini akan diberikan support. Apabila ini tidak cair di 2022, maka penyelesaian kereta cepat ini akan terlambat juga," ungkap Didiek dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI, Rabu (6/7/2022).


Baca juga:
Molornya proyek ini membuat biaya menjadi bengkak. Pada awal dibangun, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung diestimasi hanya US$ 6 miliar, namun saat ini berpotensi naik.

"Ini awalnya dari pembebasan lahan, yang besar dari EPC US$ 600 juta sampai US$ 1,2 juta, relokasi jalur utilisasi dan biaya financing cost. Kemudian biaya head office dan operasi," jelasnya.

Didiek menjabarkan biaya EPC mengalami kenaikan US$ 0,6-1,2 miliar, pembebasan lahan US$ 0,1-0,3 miliar, dan biaya head office dan pra operasi naik US$ 0,5-0,2 miliar.

Berlanjut pada biaya kontijensi naik US$ 0,2 miliar, financing cost naik US$ 0,2 miliar, biaya lainnya US$ 0,05 miliar, sehingga diperkirakan ada kenaikan biaya mencapai US$ 1,176-1,9 miliar.

https://finance.detik.com/infrastruk...cam-molor-lagi

Terancam Molor
0
846
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan