Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
5 Perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan yang Penting Diketahui
5 Perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan yang Penting Diketahui

 
Merdeka.com - Ada dua Korea, yaitu Korea Utara dan Korea Selatan. Semenanjung Korea pernah menjadi satu kesatuan dalam sejarah. Sampai Perang Dunia 2 terjadi. Bagian utara diduduki oleh Uni Soviet komunis dan bagian selatan diduduki oleh Amerika Serikat.
Pendudukan dan Perang Korea berikutnya (1950-1953) memastikan bahwa kedua negara akan mengambil jalan yang berbeda yang telah memisahkan mereka hingga hari ini.
Baik Korea Utara dan Korea Selatan menjadi berita setiap kali ketegangan antara keduanya meningkat. Banyak orang penasaran apa yang berbeda dari keduanya jika awal mulanya merupakan satu kesatuan. Berikut perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan yang penting diketahui:

Bahasa
Perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan yang cukup mencolok yaitu bahasanya. Divergensi budaya telah mengakibatkan perubahan bahasa yang hampir total. Meskipun tata bahasa tetap sama, para ahli percaya bahwa hampir sepertiga dari kata-kata sekarang berbeda.
 
Sayangnya bagi pembelot Korea Utara yang mencoba melewati negara lain (seperti China) untuk tujuan suaka, bahasa membuat mereka mudah dikenali.
Bagi mereka yang berhasil mendapatkan suaka, diperkirakan membutuhkan waktu hampir dua tahun bagi mereka untuk mempelajari dialek yang digunakan di antara orang Korea Selatan. Orang Korea Selatan umumnya menganggap dialek Korea Utara sebagai 'lebih murni', karena bahasanya tidak berubah selama bertahun-tahun.

©KCNA via REUTERS
 
Hirarki
Perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan selanjutnya yaitu hirarki. Hirarki yang ekstrem di Korea Utara karena adanya Sistem Kasta Songbun yang memiliki tiga kategori utama dan 51 gradasi dimulai dengan Pemimpin Tertinggi dan keluarganya.
Jika keluarga seseorang berperang melawan Jepang, atau, adalah petani pada saat Perang Korea, maka orang tersebut masuk dalam kategori 'setia' tingkat yang paling terhormat dalam sistem; menghasilkan makanan yang lebih baik, kondisi kehidupan yang lebih baik, hak untuk bepergian dan untuk menerima pendidikan universitas.
Pangkat terendah, yaitu 'musuh' menunjukkan mereka yang berasal dari anggota keluarga yang bekerja atas nama pemerintah Jepang selama penjajahan, yang berjuang di pihak yang 'salah', atau yang mencoba membelot. Orang yang 'bermusuhan' tidak berhak atas pendidikan universitas, tidak berhak untuk bepergian dan bekerja dalam pekerjaan yang paling kasar dengan makanan yang lebih sedikit dan standar hidup yang lebih buruk.
Hirarki yang ada di Korea Selatan dan rasa hormat yang besar ditunjukkan kepada orang yang lebih tua dan mereka yang memiliki posisi organisasi yang lebih tinggi. Namun, hierarki berjalan seiring dengan meritokrasi yang memungkinkan individu melalui studi dan pengembangan untuk maju melalui posisi hierarki organisasi.
 
Meskipun sangat menghormati tempat mereka dalam hierarki, orang Korea Selatan lebih cenderung mempertanyakan dan menunjukkan inisiatif.

Otoritarianisme
Perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan berikutnya yaitu otoritarianisme. Orang Korea Utara tinggal di negara yang sangat otoriter. Mempertanyakan sistem dapat membuat Anda dalam masalah besar. Individu harus menerima otoritas dan belajar untuk tidak mempertanyakannya. Akibatnya, individu cenderung merasa kurang mengontrol hidup mereka.  
Di Korea Selatan, individu hidup dalam republik konstitusional yang demokratis. Orang bisa protes dan melobi tanpa rasa takut. Mereka berharap untuk didengarkan dan pandangan mereka didengar. Dengan demikian mereka lebih mungkin untuk merasakan kontrol yang lebih besar atas kehidupan dan lingkungan mereka.
Individualisme
Korea Utara memiliki rasa kolektif yang ketat. Berdasarkan yayasan Komunis nominatif, tindakan dan upaya adalah tentang memajukan kebutuhan Korea Utara secara keseluruhan.
Individualisme juga dapat mengundang tindakan hukuman. Sebagai negara komunis, tidak dianjurkan untuk menunjukkan perilaku yang menunjukkan kapitalisme. Bahkan pakaian polos yang tidak dikenakan orang lain (seperti pakaian berwarna cerah) dapat mengundang kritik.
Orang Korea Selatan juga memiliki rasa tim dan kolektif yang kuat. Namun, tidak seperti rekan-rekan Korea Utara mereka, individualitas sepenuhnya diperbolehkan dalam cara, misalnya, seseorang berpakaian, mendesain rumah baru mereka, mendekorasi rumah baru mereka, menciptakan bisnis baru.
Perekonomian
Tenggelam dalam komunisme, ekonomi Korea Utara adalah sistem yang direncanakan secara terpusat di mana peran pasar bebas terbatas, meskipun meningkat. Perkiraan PDB nominal pada 2018 mencapai $ 32,1 miliar.
 
Perekonomian Korea Selatan bersifat kapitalis yang terdiri dari ekonomi campuran yang sangat berkembang yang didominasi oleh konglomerat milik keluarga yang disebut chaebol. Perkiraan PDB nominal pada tahun 2020 mencapai $1,626 triliun.

https://www.merdeka.com/sumut/5-perb...tahui-kln.html
provocator3301
provocator3301 memberi reputasi
2
1.7K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan