Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

officialgarasiAvatar border
TS
officialgarasi
Peluang Bisnis : Mobil Pick Up Bekas untuk Bisnis Food Truck
Apa yang ada di pikiran Sahabat Garasi kalau mendengar kata "pedagang keliling"? Tidak sedikit orang yang berpikir pedagang seperti ini terkesan tradisional, padahal sekarang sudah saatnya pedagang keliling tampil lebih modern. Terutama kalau mau berjualan makanan. Adakah Sahabat Garasi yang tertarik untuk menjalankan bisnis perniagaan modern ini?

Untuk anak muda yang bersemangat membangun usaha, tak ada salahnya mencoba bisnis food truck. Kamu bisa memanfaatkan mobil pick up bekas dan menyulapnya menjadi food truck yang menarik perhatian. Berikut adalah keunggulan mobil pick up yang jadi alasan mobil tipe ini cocok dijadikan food truck.



Lebih murah
Berjualan makanan dengan food truck merupakan hal yang cukup menarik dan terbukti laris di banyak negara. Namun, banyak food truck dibuat dari van besar yang dimodifikasi. Harga van besar sendiri cukup mahal, biaya modifikasinya pun tinggi. Akibatnya, bisnis food truck semacam ini pun hanya bisa dilakoni oleh mereka yang bermodal besar.

Nah, mobil pick up hadir sebagai solusi yang lebih murah untuk Sahabat yang bermodal lebih kecil. Mobil ini termasuk murah, terutama kalau Sahabat memilih yang bekas. Dengan budget mulai dari 20 jutaan, Sahabat sudah bisa beli pick up bekas, sedangkan dengan budget 90-100 juta, Sahabat bisa memiliki mobil pick up baru. 

Hal ini tentunya jauh lebih murah daripada beli mobil van yang banyak digunakan untuk food truck. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang jenis dan pasaran mobil pick up bekas, mampir saja ke Garasi.id.

Lincah
Keunggulan lain dari mobil pick up berikutnya adalah kelincahannya. Ukurannya yang tidak terlalu besar juga sangat membantu ketika digunakan dalam jalan yang sempit. Ketika Sahabat harus masuk ke gang-gang perumahan untuk berjualan, mobil pick up bekas sangat bisa diandalkan. Mobil tipe ini juga mudah untuk dibawa berbelok atau memutar.

Ukuran yang tidak besar memang bisa menjadi kekurangan ketika membahas bagian interior. Namun, asalkan bagian bak belakang ditata dengan baik, pick up ini tetap dapat digunakan untuk membawa alat masak dan bahan-bahan makanan yang kamu butuhkan.

Hemat BBM
Keunggulan berikutnya dari mobil pick up adalah penggunaan bahan bakarnya yang termasuk hemat. Mesin yang digunakan beberapa mobil pick up juga termasuk dalam low cost green car (LGCC). Jarak tempuhnya sekitar 13,5 km untuk setiap liter bahan bakar yang digunakan. Untuk berjualan di kota dengan lalu lintas padat, mobil yang hemat bahan bakar seperti ini tentunya sangat dibutuhkan.

Nah, dengan keunggulan di atas, mobil pick up bekas pun menjadi pilihan menggiurkan untuk Sahabat yang bermodal lebih kecil. Setelah mantap memulai bisnis ini, pastikan Sahabat Garasi punya menu yang akan dijual dan sudah memutuskan beli pick up. Hal yang perlu dilakukan berikutnya adalah melakukan modifikasi.

Untuk modifikasi eksterior, mobil pick up yang bagian belakangnya kosong harus diberi atap untuk melindungi barang-barang. Pada bagian belakang dan samping, pasang semacam pintu dan jendela yang bisa dibuka tutup. Selain itu, tambahkan desain dan warna menarik agar food truck Sahabat Garasi dilirik calon pembeli.

Modifikasi bagian interior tentunya dibutuhkan agar mobil pick up Sahabat Garasi bisa dipakai untuk berjualan dengan nyaman. Modifikasi bagian interior dilakukan sesuai kebutuhan. Misalnya, kalau Sahabat Garasi menjual makanan yang perlu digoreng, bagian interior harus memiliki tempat kompor dan wajan. Sementara kalau mau berjualan hotdog, dibutuhkan grill pan. Hal tersebut hanya contoh, Sahabat Garasi dapat memperkirakan sendiri barang apa yang harus ada dalam dapur berjalan ini.

Yang harus diperhatikan, modifikasi interior ini harus benar-benar memperhatikan aspek keamanan. Apalagi kalau Sahabat Garasi menggunakan arus listrik dari mobil untuk menjalankan alat elektronik. Kabel-kabel listrik dan perhitungan dayanya harus benar-benar diperhatikan.

Untuk memodifikasi mobil pick up bekas menjadi food truck, banyak yang merekomendasikan karoseri yang telah berpengalaman melakukan modifikasi seperti ini. Namun, biaya di karoseri cukup besar, bisa di atas seratus juta. Karena itu, jadikan modifikasi lewat bengkel sebagai alternatif lainnya ya Sahabat Garasi.

Sumber :Garasi.id
Diubah oleh officialgarasi 29-03-2019 03:57
0
3.1K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan