Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
5 Hal yang Menyebabkan Manusia Terkadang Lupa Bagaimana Caranya Memanusiakan Manusia

Kaskus DeYudi69 -Bila dipikirkan dan direnungkan, sebenarnya manusia adalah makhluk yang paling komplit. Punya akal pikiran, punya hati punya rasa, bisa berbicara dan berkomunikasi antar sesama, serta bisa bergerak dan melakukan berbagai aktifitas.


sumber gambar

Tapi terkadang, manusia tak bisa mempergunakan semua kelebihan yang dimilikinya dengan bijaksana, sampai lupa bagaimana caranya menjadi manusia yang sebenarnya.

Dan berikut ini ane rangkum beberapa hal yang menyebabkan manusia menjadi lupa caranya untuk memanusiakan manusia.

1. Ekonomi


sumber gambar

Orang yang merasa memiliki banyak harta kekayaan tidak jarang kebanyakan dari mereka akan lupa bagaimana caranya untuk bersyukur dan berbagi rezeki antar sesama manusia.

Pengalaman yang pernah ane rasakan sendiri orang yang merasa dirinya sudah kaya dan tidak pernah bersyukur tidak akan mau bergaul dengan orang yang mereka anggap miskin. Orang kaya yang seperti ini juga akan selalu mengagung agungkan dirinya dan juga kekayaannya serta meremehkan kehidupan orang yang mereka anggap miskin.

Tak jarang ada oknum yang menyalahgunakan kekayaannya hanya untuk sekedar memuaskan keinginannya misalnya melakukan praktik perbudakan dengan kekerasan.

Namun demikian, ane akui juga, tak semua orang kaya itu jahat.

Selain contoh di atas, himpitan ekonomi juga tak jarang membuat seseorang melakukan tindkan kriminal seperti penculikan dengan meminta uang tebusan, pencurian, pencopetan, bahkan menjadi pembunuh bayaran.

2. Dendam


sumber gambar

Orang yang sering merasa tersakiti juga bisa dibutakan oleh dendam. Dendam bisa membuat seseorang menjadi lupa diri. Orang yang bersifat pendendam bisa melakukan apa saja untuk melampiaskan dendamnya, termasuk melakukan tindak kejahatan.

Sebaiknya bila merasa tersakiti atau disakiti oleh orang lain, kita harus sadar, dan jangan dendam. Karena ane yakin, semua perbuatan baik atau buruk ada karmanya, dan karma tidak akan pernah salah orang.

3. Napsu


sumber gambar

Napsu manusia ada banyak, salah satunya napsu birahi. Napsu birahi yang tidak terkendali juga sangat berbahaya dan bisa membuat manusia lupa cara memanusiakan manusia. Oknum manusia yang seperti ini biasanya tidak akan segan-segan melakukan tindakan pelecehan seksual kepada orang lain bahkan anggota keluarganya sendiri.

4. Bentuk Fisik

Konten Sensitif

sumber gambar

Bentuk fisik seseorang juga tak jarang membuat seorang yang misalnya sebagai penyandang disabilitas membuat mereka dikucilkan, diasingkan dari kehidupan sosial maayarakat. Tak hanya penyandang disabilitas, orang yang memiliki berat badan berlebih pun sering menerima body shaming terutama secara verbal, yang tak jarang menyamakan orang tersebut dengan binatang seperti babi, kudanil, gajah, atau bahkan kebo.

5. Penderita ODGJ


sumber gambar

Orang dengan gangguan jiwa sering diperlakukan secara tidak manusiawi. Seringkali pihak keluarga mengikat atau memasung anggota keluarganya yang memiliki gangguan jiwa di tempat yang tidak layak huni seperti di kandang sapi atau gudang sempit.

Menurut ane pribadi sih sebaiknya pengidap gangguan jiwa seharusnya dirawat di Rumah Sakit Jiwa saja. Tapi mungkin saja pihak keluarga merasa malu atau terbentur masalah biaya pengobatan apabila dibawa ke Rumah Sakit Jiwa. Jadi, mungkin juga terpaksa harus dipasung agar tidak mengganggu ketertiban umum, karena tak jarang penderita gangguan jiwa melakukan tidak kekerasan seperti penganiayaan diluar kendalinya terhadap orang disekitarnya.

Sekian dulu thread ane kali ini, jumpa lagi pada thread ane selanjutnya ya.

Penulis : DeYudi69
Sumber referensi : opini pribadi

Diubah oleh DeYudi69 25-06-2022 15:12
jlamp
jlamp memberi reputasi
4
1.7K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan