Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jeanlie517Avatar border
TS
jeanlie517
6 Panglima Adat Suku Dayak yang Memiliki Kesaktian Mematikan



Selain di kenal dengan wisata alam, Indonesia juga di kenal dengan berbagai adat suku yang tersebar di seluruh daerah nusantara.Dikenalnya adat suku yang ada di nusantara ini, bukan hanya keanekaragaman budaya yang terdapat di masing-masing suku.

Namun pada dasarnya di kenal karena, adat suku yang memiliki kesakitan sangat luar biasa.Kesaktian tersebut, sudah sejak dulu di kenal dan di akui oleh mancanegara.

Seperti kesaktian yang dimiliki suku dayak, suku ini di kenal karena kesaktian yang menakutkan.Konon katanya, suku dayak punya kesaktian membunuh tanpa menyentuh.Suku dayak sendiri punya beragam kesaktian, dan masing-masing kesaktian tersebut, punya pimpinan atau panglimanya.

Berikut sobat Independensia, akan menjelaskan panglima apa saja yang ada di suku dayak. Simak berikut ini:

1. Panglima Naga


Panglima Naga tersebut, dipercaya memiliki kesaktian mandraguna.
Konon katanya Panglima Naga tersebut, sangat sulit di jumpai, warga di sana mengatakan Panglima Naga terakhir keluar saat negara kita dalam penjajahan.

Panglima Naga ini selalu  selalu berpindah-pindah tempat dari satu gunung ke gunung lainnya.Jika kita tak sengaja bertemu dengannya di dalam hutan belantara Kalimantan, Panglima Naga langsung menghilang sekejap.

Hal itu dilakukan, agar keberadaannya tidak diketahui oleh siapapun termasuk warga suku dayak.Meski demikian, warga suku dayak mempercayai, keberadaan Panglima naga ada di salah satu gunung Kalimantan.

suku dayak yakin, Panglima Naga akan keluar dari persembunyian, jika kalimantan terjadi masalah yang begitu besar.

2. Panglima Burung


Kesaktian yang dimiliki Panglima Burung, sangat di akui oleh masyarakat suku dayak itu sendiri.
Pasalnya waktu tragedi antara suku dayak dan Madura pada waktu itu, Panglima Burung lah yang menyatukan suku dayak se-kalimantan dan memberikan kekuatan pada mereka.

Panglima Burung dipercaya sebagai pelindung suku dayak, mereka percaya Panglima tinggal di pedalaman gunung Kalimantan.
kesaktian yang dimiliki panglima burung sangat mengerikan itu, adalah senjata daunnya yang bisa terbang sendiri menebas tubuh lawan yang tak bisa dihentikan.

3.Panglima Api

Panglima api sama dengan Panglima lainnya, dirinya tak pernah muncul tapi akan keluar jika suku dayak di serang dan dipukul mundur oleh lawannya.

Kesaktiannya sendiri sesuai julukannya api dapat membuat semua pasukan musuh terbakar hingga tewas mengenaskan.

4.Panglima Kilat


Panglima yang satu ini lebih misterius lagi untuk dijumpai dan tak mungkin ditemukan.Panglima Kilat juga akan muncul jika suku dayak mengalami perang yang sangat dahsyat.Tetapi bila Panglima kilat terlihat bisa dipastikan banyak korban yang berjatuhan.

Umumnya jika kita mendengar awan langit disertai kilat maka akan terjadi hujan besar, kedatangan Panglima Kilat pun, ditandai dengan suara gemuruh guntur dengan bergerak secepat kilat dan tebasan pedang yang akan membunuh semua musuh suku Dayak.

5. Panglima Sumpit

Seperti namanya Panglima Sumpit, sumpit adalah senjata yang dimiliki Panglima tersebut.Senjata suku dayak ini dapat terbang sendirinya dan membunuh lawan begitu cepat.

6. Panglima Kumbang


Menurut cerita suku dayak, Panglima Kumbang memiliki karakter yang paling berbeda dengan semua panglima di tanah Borneo.
Panglima Kumbang sangat mencintai kedamaian, dirinya Selalu sabar dalam menghadapi berbagai masalah, hingga saat dalam berperang.

Hal itu dilakukan, karena dirinya tidak mau jika dalam masalah ada korban yang berjatuhan.Namun jika hal damainya tidak dihiraukan, maka dirinya akan mengeluarkan kesaktiannya.

Panglima Kumbang bisa menyalurkan ilmu kebal kepada seluruh pasukannya.

Itulah beberapa Panglima sakti yang ada di suku dayak, semogah bermanfaat untuk kita semua.









asmodeus489
asmodeus489 memberi reputasi
1
3K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan