Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

drhansAvatar border
TS
drhans
Sebelas - Dua belas
Sebelas - Dua belas.

"Bang. Liburan kali ini, kita jalan-jalan yuk. Udah lama kita kagak jalan. Kita ke Singapur aja ya, Bang. Malu dong sama tetangga-tetangga kita. Mereka udah pada pergi ke Bali, ke Lombok, ke Labuan Bajo, ke Bangka-Belitung, bahkan sampai ke Raja Ampat. Kita pergi yang jauhan dikit ya, Bang. Biar lebih keren gitu," si Eneng pagi-pagi sudah nyerocos ke Jupri, bak petasan mercon disundut.

Si Jupri antara sadar dan kagak, menjawab sekenanya, "Iya, Neng. Entar abang cari informasi dulu," sambil berbalik memeluk gulingnya bermaksud meneruskan tidur.

Si Eneng menyambar lagi, katanya, "Janji loh, Bang. Aye malu sama tetangga, masak setiap kali ngumpul, semua pada cerita habis jalan-jalan. Si Mira kemaren bilang baru habis jalan ke Danau Toba, terus si Iyem bilang baru habis snorkeling di Derawan, lah si Pipit yang biasanya diam aja, ikutan nyamber bilang habis jalan ke Yogya. Terus, aye gimana, Bang? Malu, Bang. Kalau setiap kali ketemuan, semua pada cerita begini-begitu, aye kagak bakalan mau ikut ngumpul-ngumpul lagi. Biar kagak belanja sayur. Kagak beli pete sama jengkol kesukaan Abang. Biar Abang makan nasi sama kecap aja," si Eneng terus merajuk.

Si Jupri yang tadi mengantuk mendadak melek. Matanya membelalak, laksana sentolop.

"Apa yang barusan Eneng bilang? Kagak mau beliin Abang pete sama jengkol. Lah, terus Abang nanti makan apa? Apa Eneng senang Abang tiap hari makan di warteg si Inem? Nanti katanya Abang ada maen lagi sama si Inem. Mau begitu?," si Jupri langsung nyamber aja, berasa kesal sampai matanya mendelik.

"Kagak, Bang. Makanya cepatan cari tiket murah atau ngecek ke travel-travel, nkali lagi ada diskon atau pahe (paket hemat). Aye gapapa deh naik pesawat low-cost, yang penting aye bisa sampai di Singapur dan foto-foto selfie buat bukti ke tetangga. Kalau bisa sih, weekend ini ya, Bang. Kita pelesir ke negeri Singa."

"Ho..oh, deh. Udah pergi belanja sana, jangan lupa pete sama jengkolnya. Nanti siang, abang mampirin deh itu travel. Masak yang enak ya, abang kepingin makan semur jengkol sama lalap pete nih."

Ceritanya, siang itu si Jupri benar-benar mampir ke tempat travel.

"Demi istri tersayang, apapun akan kulakukan," begitu pikir si Jupri.

Tanya punya tanya, si Jupri sempat telan ludah juga setelah mendengar semua paket tour yang ditawarkan.

Padahal, dia sudah minta paket pahe yang paling pahe. Eh, tetap aja, ongkos jalan-jalannya bikin jantung si Jupri terkejuuuttttt, karena minimal menembus juta-jutaan.

"Lah, dari mana mau ngumpulin duit segitu. Celengan kagak punya. Kasbon di kantor sudah banyak. Mau pinjam kredit ke bank, kagak punya agunan jaminan. Mau pinjam ke rentenir online, takut diuber-uber debt-collector. Jadi gimana ini?," si Jupri berpikir keras.

Saking keras dan lamanya berpikir, pramuniaga travel yang melayaninya mulai cemberut kesal.

Untungnya, pramuniaganya cuantik (kayak artis Syahrini), jadi biar cemberut kesal, tetap cuantikkk.

Namanya pramuniaga, tetap pramuniaga. Mottonya adalah 'Pelanggan adalah raja'. Maka, begitu melihat pelanggan potensialnya kesulitan, si mbak cuantikk siap memberi solusi.

Dia menawarkan kredit berjangka kartu kredit. 'Ambil paket perjalanannya, bayar belakangan', begitu katanya.

"Bapak senang-senang saja dahulu menikmati tur wisatanya. Urusan pembayaran, nanti Bapak bisa nyicil untuk jangka waktu 6 bulan, setahun atau 2 tahun. Tidak perlu bayar sekaligus. Cicilannya ringan kok," katanya sambil tersenyum mesam-mesem, sengaja memperlihatkan dekik (lesung pipit) pipinya yang dalam. Namanya juga cuantikk.

Si Jupri langsung menyetujui usulan si Mbak pramuniaga. Bukan karena terpikat oleh kecuantikkan si Mbak, tetapi karena mendengar bisa dicicil dan cicilannya ringan. Dan yang terpenting, tidak perlu bayar dulu.

Sekalian kepalang basah, si Jupri iseng-iseng tanya kepada si Mbak cuantikk. Adakah program atau paket seperti tadi, ditambah dengan pinjaman tunai untuk uang saku jalan-jalan.

Eh, ternyata ada. Maka, tanpa tedeng aling-aling, bahkan sedikit memaksa, Jupri langsung mengambil paket yang purna-purwarupa itu.

Hampir saja dia keceplosan bertanya lagi, apakah ada paket plus-plus tadi ditambah pemandu secuantikk si Mbak.

Untungnya, perkataan yang hampir keluar itu tertelan kembali. Selamat. Selamat...

Ceritanya, si abang Jupri dan si Eneng benar kesampaian berangkat jalan-jalan di Singapura.

Sebenarnya, yang namanya jalan-jalan sih, semua pasti senang, tetapi setiap kali keluar uang untuk membeli makanan dan minuman, si Jupri pasti meradang.

Coba bayangkan. Masak beli air minum sebotol aja sepuluh sampai lima belas ribu. Belum lagi beli nasi dengan sayur semacam-dua macam, sudah minimal lima puluh ribu. Coba kalau di rumah. Uang lima puluh ribu bisa buat belanja makan beberapa hari. Udah gitu, lebih enak masakan si Eneng lagi. Air minum juga tinggal ambil di kendi, itu contoh salah satu dumelan si Jupri.

Belum lagi ketika si Jupri ditilang polisi karena menyeberang jalanan sembarangan. Dendanya bukan main-main, 200 Sing-dollar (sekitar dua jutaan). Mau ga bayar, bui ancamannya.

Jupri tambah kesal ketika si Eneng kena tilang juga. Pasalnya buang sampah sembarangan. Lagi-lagi 200 Sing-dollar.

Kali ini si Jupri mencoba protes dan marah-marah. Karena kebanyakan ngomong, sampai air ludahnya penuh di mulut dan secara refleks, si Jupri buang ludah di depan polisi yang menilang. Kena lagi deh dia ditilang. Seperti biasa, dua ratus Sing-dollar lagi.

Jupri tambah ga terima, ia protes habis-habisan dan tanpa disadari, dalam kalimat protesnya dia ada mencaci-maki si Polisi. Kena deh, double bahkan triple ticket. Nasib. Kali ini Jupri langsung bungkam.

Pokoknya, selain urusan duit yang bikin puyeng, sepasang suami istri ini menikmati liburannya. Foto-foto selfie-nya aja sampai tak terhitung jumlahnya. Si Eneng sampai terpaksa membeli memori eksternal tambahan. Cukup deh, persediaan foto selfie buat pergunjingan antar tetangga selama setahun.

***

Waktu cepat berlalu...

Tanpa terasa, sudah sebulan sejak kepulangan mereka dari Singapura.

Pagi-pagi, si Jupri sudah diteriakin sama si Eneng.

"Bang. Bangun, Bang! Ayo kita jalan-jalan lagi. Kali ini, kita perginya agak jauhan. Masak si Foni bilang dia sekeluarga baru pulang dari tour ke Jepang. Si Lusi juga bilang, mereka sekeluarga juga baru berpelesir ke daratan Tiongkok. Eh, si Iyem yang biasanya diam, ikutan nimbrung juga, bilang dia baru pulang dari Hongkong. Kita mesti lebih jauh perginya dari mereka, Bang. Ke Eropa atau ke Amerika, Bang? Atau perlu ke Alaska sekalian?," lagi-lagi si Eneng nyerocos bak kaleng rombeng.

Si Jupri yang sakit kepalanya lagi kumat, langsung teriak," Sudah bilangin sama ibu-ibu tetangga, besok pesawat kita ke surga siap berangkat. Ada yang mau ikut kagak?"

Si Eneng bengong melongo. Dia tidak tahu bahwa tadi malam, si Jupri baru saja mendapat invoice tagihan kartu kredit untuk cicilan pertama biaya jalan-jalannya ke Singapura.

Ditambah lagi, semalam Wak Anto menagih sewa rumah kos-nya. Total semuanya jut-jut-an, bro ...

Salam semua. Be happy. Gbu.
bukhorigan
emineminna
ariemail
ariemail dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan