Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Ternyata, Inilah 7 Agama Tertua di Dunia, Termasuk Yahudi dan Zoroastrianisme

Apa itu agama? Menurut Wikipedia, agama adalah sistem yang mengatur peribadatan kepada tuhan serta segala kepercayaan.

Agama dijadikan pedoman hidup sebagian manusia di muka bumi dan setiap penganut agama memiliki keyakinan yang kuat jika agama yang dianutnya memberikan tata cara hidup yang benar. Menurut beberapa perkiraan, jumlahnya di dunia ada sekitar 4200 agama yang berbeda-beda. Di Indonesia, agama diatur oleh undang-undang dan setiap warga negara berhak dan bebas memeluk agama yang sudah diakui oleh negara maupun aliran kepercayaan lainnya.

Di dunia sendiri, agama Kristen merupakan agama terbesar di dunia dengan jumlah penganut terbanyak lalu diikuti oleh Islam. Dua agama tersebut jika gabungkan akan berjumlah lebih dari separuh penduduk dunia. Akan tetapi kalau kita bertanya agama apa yang tertua di dunia? Dua agama yang disebutkan tadi bukanlah jawabannya karena ada yang jauh lebih tua. Kekristenan muncul sekitar abad pertama Masehi, sementara Islam lahir di abad ketujuh.

Nah, agama apa saja yang termasuk paling tua di dunia?


Hindu


Agama Hindu atau Hinduisme diyakini oleh sebagian orang sebagai agama tertua di dunia dan diperkirakan sudah ada sejak abad ke 15 Sebelum Masehi. Sudah sangat tua. Agama ini adalah agama yang dominan di Asia Selatan khususnya di India. Dalam agama Hindu, dikenal dengan konsep Trimurti yang artinya tiga kekuatan Brahman (sebutan tuhan dalam Hindu) yaitu pencipta (Brahma), pemelihara (wisnu), dan pelebur (Siwa).

Hindu merupakan agama terbesar ketiga di dunia saat ini dan sebagian besar penganutnya berada di India.

Zoroastrianisme

Zoroastrianisme diyakini sebagian ahli sejarah sebagai agama monoteis tertua di dunia yang sudah ada sekitar sejak abad ke 6 atau ke 7 Sebelum Masehi. Agama ini berasal dari Iran Raya yang didirikan oleh Zoroaster. Meskipun kini penganutnya sangat sedikit namun agama ini belum dapat dikatakan punah. Konsep ketuhanan dalam agama ini yaitu hanya mengakui satu tuhan yang maha kuasa yang bernama Ahura Mazda.

Judaisme (Yahudi)

Agama Yahudi juga merupakan salah satu agama tertua di dunia dan dari agama inilah muncul dua agama yang kini jadi dua agama terbesar di dunia. Judaisme diperkirakan sudah ada pada sebelum abad ke 5 Sebelum Masehi dan Musa merupakan tokoh yang dianggap sebagai pendiri agama ini. Judaisme juga merupakan agama yang diperuntukan untuk bangsa Israel. Sejarah bangsa Israel dapat ditemukan dalam Alkitab bagian Perjanjian Lama.

Pokok dari ajaran Yudaisme adalah perjanjian tuhan kepada bangsa Israel dan perintah tuhan yang harus dilaksanakan berdasarkan hukum Taurat.

Jainisme

Dibandingkan dengan Hindu dan Buddha, Jainisme memang lebih jarang terdengar. Diperkirakan agama ini telah ada pada sekitar abad ke 5 Sebelum Masehi. Inti dari ajarabJainisme adalah agama yang mengajarkan jalan menuju kemurnian dan pencerahan spiritual melalui cara tanpa kekerasan dan juga dengan disiplin semua makhluk hidup. Hanya sedikit para penganut Jainisme yang berpusat di India ini, yaitu sekitar 8 juta jiwa.

Konghucu

Konghucu atau Konfussianisme adalah agama yang kemudian dikembangkan oleh filsuf bernama Konfusius. Merupakan salah satu agama tertua di dunia. Di Indonesia sendiri, Konghucu merupaka agama ke 6 yang diakui. Sebelumnya di era Orde Baru hanya ada 5 agama yang diakui. Secara garis besar, Kong Hu Cu  menghindari pembicaraan , ketuhanan dan hal-hal yang luar biasa ajaib. Namun di sisi lain ia tidak meragukan tentang adanya Tuhan Yang Maha Esa yang dianut masyarakat.

Buddha

Buddhisme adalah agama yang mulai berkembang sejak abad ke 6 SM. Agama Buddha adalah agama nonteisme atau filsafat yang dibawa oleh Siddharta Gautama yang berasal dari bagian timur anak benua India yang sekarang merupakan bagian dari Nepal. Dalam ajaran Buddha, sumber penderitaan manusia berasal dari nafsu manusia itu sendiri sehingga nafsulah yang harus diredam yaitu melalui 8 jalan kebenaran.

Dalam ajaran agama Buddha juga diyakini hukum karma yaitu siapa menabur maka dia juga akan menuai.


Taoisme

Taoisme adalah sebuah aliran filsafat yang bermula di China oleh Lao Zi, seorang filsuf terkenal yang dianggap sebagai pendiri Taoisme. Simbol dari agama ini adalah simbol yang sangat terkenal yaitu Yin dan Yang yang yaiti simbol yang menunjukan dua hal yang saling berlawanan namun juga saling membangun karena hukum keseimbangan.

Nah, gan. Sudah tahu dong sekarang agama apa saja yang termasuk tertua di dunia? emoticon-Ngakak (S).

Referensi
Diubah oleh cintadine 01-06-2022 04:44
gasaptol
jupiewan
eyefirst2
eyefirst2 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.3K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan