Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
M777 A2 - Towed Howitzer Donasi Tiga Negara Untuk Ukraina
Quote:



Selain rudal panggul anti tank, kini alutsista yang mulai banyak dikirim untuk Ukraina adalah jenis meriam howitzer. Ada dua jenis howitzer yang dikirimkan ke Ukraina, yang pertama adalah jenis towed howitzer serta yang kedua adalah self propelled howitzer. Pada kesempatan kali ini TS akan membahas jenis towed howitzer yang bernama M777.

Howitzer tarik (towed) satu ini cukup kondang namanya, pemakai terbesarnya adalah AS dan berdinas bersaam Pasukan Garda Nasional AS, US Army dan USMC; total ada 1.000 unit yang dimiliki AS saat ini. Pada akhir April lalu AS mendonasikan 90 unit M77, Australia mendonasikan 6 unit, serta Kanada mendonasikan 4 unit. Meriam howitzer tersebut dikirim via jalur darat dari Polandia, di mana saat tiba di Polandia howitzer-howitzer tersebut diangkut dengan pesawat C-17 Globemaster.

Yang dikirim ketiga negara tersebut merupakan varian terkahir yang diberi kode M777 A2 yang punya berat 4.200 kg serta panjang laras 5,08 meter, M777 dapat dioperasikan dalam waktu 6 menit 10 detik dan dipindahkan dalam waktu 6 menit 23 detik. Biasanya howitzer ini ditarik oleh truk militer, juga bisa diangkut dengan helikopter menggunakan tali sling. Selain itu dua M777 dapat dibawa oleh C-130 Hercules.


Quote:



M777 dioperasikan oleh tim yang terdiri dari lima tentara. Howitzer biasanya digunakan untuk memberikan dukungan tembakan langsung kepada pasukan dengan memakai proyektil konvensional dan berpemandu presisi kaliber 155 mm. M777 punya jangkauan tembak maksimum 24,7 km dengan amunisi standar dan 30 km dengan proyektil roket. Selain itu M777 juga dapat menembakkan proyektil Bofors XM982 Excalibur GPS/Inertial Navigation-guided extended-range dengan jarak tembak maksimum 40 km.

Dilihat dari spesifikasinya M777 A2 dapat menembakkan beberapa jenis proyektil yang terdiri dari M107 (24 km), M795 (28 sampai 37 km), ERFB (30 km) serta Excalibur M982 (40 km). Kecepatan tembak normal adalah 2 proyektil per menit dan kecepatan maksimum 7 proyektil per menit. Untuk kecepatan luncur proyektilnya mencapai 827 meter per detik. Keluarga besar M777 sendiri dirancang dan diproduksi oleh BAE System dan sudah dioperasinalkan oleh Arab Saudi, Kanada, India, Amerika Serikat serta Australia. Total ada 1.200 unit yang sudah diprpduksi hingga saat ini.

Varian M777A2 bisa dibilang sudah memakai teknologi canggih, salah satunya adalah pemasangan Digital Fire Control System (DFCS) yang terdiri dari inertial navigation unit serta Global Positioning System agar proyektil yang ditembakkan bisa mengenai target secara presisi. DFCS juga mencakup komputer misi, display, serta komunikasi digital. Pada sisi software juga dilengkapi dengan Enhanced Portable Inductive Artillery Fuze Setter (EPIAFS)yang memberikan M777A2 kemampuan untuk memprogram dan menembakkan amunisi presisi Excalibur dan Precision Guidance Kit kaliber 155 mm.


Quote:



Meski pasukan Ukraina sudah mulai mengoperasikan M777 A2 untuk menyerang pasukan Rusia, akan tetapi pada 18 Mei 2022 lalu Kementerian Pertahanan Rusia telah merilis video yang menunjukkan bahwa beberapa baterai howitzer M777 A2 diserang oleh suicide drone bernama Kub yang dioperaisonalkan oleh pasukan Rusia. Akibat serangan tersebut pasukan Ukraina segera meninggalkan posisinya dan berlindung di hutan terdekat.

Suicide drone Kub yang digunakan oleh Rusia punya kecepatan tertinggi 130 km/jam dan punya endurance terbang 30 menit, dengan membawa payload 3 kg Kub biasanya digunakan untuk menyerang instalasi militer serta kendaraan dan peralatan milik musuh. Dengan ancaman suicide drone Rusia yang mulai berkeliaran, maka pasukan Ukraina harus berhati-hati saat akam memindahkan howitzer tarik M777 tersebut agar donasi yang sudah diberikan tidak sia-sia.


Quote:






Referensi Tulisan: Army Recognition
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat 14-08-2022 10:33
gepyan
jamilhebat
gabener.edan
gabener.edan dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.3K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan