Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sangdewikantiAvatar border
TS
sangdewikanti
Ganjar Pranowo: Buka Borobudur untuk Ibadah Umat Buddha Dunia
Ganjar Pranowo: Buka Borobudur untuk Ibadah Umat Buddha Dunia

Surahman | Friday, 20 May 2022 19.10 PM News



Para bhiksu dan umat Buddha dari Pusdiklat Buddhis Bodhidharma melakukan puja di Candi Borobudur saat Waisak, Senin (16/05). Puja dimulai dengan ritual tiga langkat namaskara dan dilanjut Shang Gong, yaitu Persembahan Makanana kepada para Buddha, Bodhisattva Mahasattva dan para dewa. Sumber foto: Ngasiran

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan dukungannya agar Borobudur menjadi rumah ibadah umat Buddha dunia. Dukungan ini disampaikan Gubernur Jateng saat menghadiri Dharma Santi Waisak 2566 BE/2022 di pelataran Candi Borobudur, Senin (16/5) malam.

Bagi Ganjar, Borobudur bukan hanya sekedar destinasi wisata. Candi Borobudur yang merupakan candi terbesar di dunia adalah pusat energi yang bisa menarik ratusan juta umat Buddha di dunia. Hal ini merupakan hasil perbincangan Ganjar bersama para tokoh umat Buddha Indonesia.

“Hati saya sangat bergetar! saat itu membayangkan umat Buddha berjalan dari sisi timur candi lalu perlahan menghadap Candi Borobudur. Begitu sampai di pelataran relief-relief ajaran Buddha terpampang. Proses pencerahan jiwa itulah berulang kali meyakinkan saya  untuk mengatakan bahwa Candi Borobudur harus dibuka seluas-luasnya untuk ibadah umat Buddha di seluruh penjuru dunia, yang sekaligus juga menjadi destinasi wisata umum dan religi tentu saja,” katan Ganjar.



Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberikan sambutan pada Waisak di Borobudur. Foto: Ngasiran

Dalam sisi konteks wisata, Gajar telah menawarkan konsep pembangunan kawasan candi baik yang ada di dalam komplek maupun yang di luar komplek. “Untuk yang ada di dalam komplek candi akan dioptimalkan beberapa bangunan, pada museum, pasar seni, sampai pada virtual religi. Sementara yang di luar komplek, keberadaan desa-desa wisata, paket-paket wisata sampai beragam atraksi juga kita garap,,” imbuh Ganjar.

Menurutnya, konsep tersebut akan menjadikan Borobudur sesuai dengan ditetapkannya sebagai destinasi wisata super prioritas. Selain menggarap kawasan komplek candi, ia juga telah menyiapkan infrastruktur hingga ke pelosok-pelosok. [MM]

https://buddhazine.com/ganjar-pranow...-buddha-dunia/

Asal jangan diganggu sama kadrun ya
fengfu
miroslavklose7
unyu.boii
unyu.boii dan 8 lainnya memberi reputasi
7
2.7K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan