Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deaprillaAvatar border
TS
deaprilla
UDAH TAU BELUM GAN, INI NIH NAMA ALAT-ALAT BERAT YANG SERING DIPAKAI DI PERTAMBANGAN

Keberadaan alat berat memang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas pertambangan. Alat-alat berat ini akan mempermudah proses pertambangan sehingga bisa berjalan secara efisien. Penambangan sendiri dibagi menjadi 2 yakni terbuka dan penambangan dalam tanah. Nah, penambangan terbuka dilakukan dipermukaan kulit bumi gan seperti penambangan batu bara. Nah kalo penambangan bawah tanah dilakukan di bawah tanah seperti penambangan minyak tanah dan gas bumi. Lalu kira-kira apa aja alat berat yang biasanya dipakai di industri pertambangan? Di thread ini akan ngerangkum hal tersebut..

1. SCRAPPER

Scrapper memiliki bentuk seperti traktor dan memiliki sisir besar pada bagian bawah. Fungsinya pada proses penambangan adalah sebagai pengupas lapisan tanah pucuk. Jadi, tanah tidak dikeruk begitu saja karena lapisan batu bara ada dilapisan pucuk dan tanah penutup. Nantinya setelah di kupas kemudian diangkut untuk ditimbun ditempat penimbunan.
2. WHEEL LOADER

Alat ini memuat material dalam jumlah besar. Bentuknya seperti traktor yang memiliki bucket besar didepan. Bucket tersebut memiliki fungsi utama untuk loading atau memuat batu bara ke confeyor, akan tetapi wheel loader ini hanya melakukan pemuatan material yang tidak terlalu keras. Nah selain untuk memuat batu bara wheel loader juga untuk memuat tanah penutup yang sudah ditimbun kedalam dump truck untuk proses penutupan lubang.
3. EXCAVATOR

Alat ini adalah alat penggali yang mampu menggali lubang secara vertikal. Fungsinya memang mirip seperti wheel loader tapi fungsi utama alat ini adalah untuk menggali lubang. Excavator bisa dipakai untuk menggali tanah penutup khususnya bila daerah ditanah tersebut basah, memuat batu bara dan memuat material ke dump truck.
4. DUMP TRUCK

Dump truck pada dasarnya seperti pada truck pada umumnya, namun kapasitas dump truck jauh lebih tinggi. Fungsinya sendiri adalah untuk mengangkat material dari area tambang ke kapal tongkang atau tempat penggalian batu bara. Nah, ada 2 jenis dump truck yang umumnya digunakan yaitu articulated dump truck (untuk bisa beroperasi diaera berlumpur) dan off highway truck (truck dengan kapasitas muat yang lebih besar).
5. BULDOZER
Alat ini digunakan untuk pembukaan lahan. Hal ini dikarenakan saat proses penambangan dimulai area yang akan ditambangi itu sudah dipenuhi pepohonan dan juga semak belukar sehingga diperlukannya pembukaan lahan.
6. MOTOR GRADER

Alat ini digunakan untuk meratakan permukaan tanah. Ini digunakan sebagai alat pendukung untuk memudahkan mobilisasi dump truck. Kenapa? Karena kalau jalannya rata pastinya material diatas dump truck tidak akan tumpah sehingga meningkatkan efisiensi dalam jangka panjang.
7. ROLLER

Roller dipakai untuk mengeraskan permukaan tanah. Pada pertambangan roller dipakai untuk memadatkan tanah yang akan dijadikan jalan. Tidak menggunakan aspal, hanya memadatkan tanah yang sudah ada. Dengan begitu tanah tidak akan amblas pada saat ada yang melewati jalan tersebut.


Sumber referensi:
https://baktisurabaya.com/macam-alat-berat-tambang-industri-pertambangan
https://www.agincourtresources.com/read-agincourt/alat-berat-yang-digunakan-pertambangan-emas
https://www.minergy-news.com/jenis-alat-berat-yang-digunakan-pada-tambang-batubara

aliciakey
apawaal
pengennyusu
pengennyusu dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.2K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan