Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Bayangkan Jika Bumi Berhenti Bergerak


Setiap tahun rotasi Bumi semakin melambat. Pada paruh pertama tahun 2021, rotasi Bumi lebih lambat 0,39 milidetik dibanding tahun 2020 dan tahun 2020 sebenarnya 0,05 milidetik lebih panjang dibanding tahun 2019. Memang benar, itu hanyalah milidetik yang bahkan tak lebih panjang dibanding berkedip. Namun semakin dan semakin lama milidetik terkumpul, semakin lambat Bumi bergerak.

Ada banyak faktor yang membuat Bumi berotasi, tetapi para peneliti percaya bahwa jarak antara Bumi dan Bulan adalah faktor utamanya. Bulan semakin dan semakin menjauhi Bumi sehingga suatu saat nanti (entah kapan) Bumi akan benar-benar diam, tidak lagi berotasi seperti sekarang.
Lalu apa yang akan terjadi bila Bumi berhenti berotasi?



Bumi yang berotasi mengakibatkan pergantian siang dan malam. Jika bumi berhenti bergerak maka tak akan ada lagi pergantian siang dan malam, tak ada pergantian siang dan malam akan menyebabkan bagian bumi yang terpapar matahari menjadi amat panas sedangkan bagian yang tidak terpapar matahari menjadi amat dingin. Singkat kata, bagian yang terpapar matahari akan menjadi gurun sahara dan yang tidak terpapar akan menjadi kutub es.

Lalu apakah manusia akan punah? Tidak, belum. Jumlah manusia memang akan berkurang drastis, tetapi manusia masih bisa bertahan hidup bila tinggal di pertengahan area antara siang dan malam. Hanya saja karena perbedaan suhu yang drastis di kedua sisi akan menyebabkan area tersebut memiliki cuaca yang tidak stabil seperti angin kencang atau hujan sepanjang waktu.

Konten Sensitif


Namun manusia adalah makhluk yang paling hebat dalam beradaptasi. Mungkin saat bumi berhenti berotasi, manusia sudah membangun peradaban di Mars atau membuat stasiun di luar angkasa atau membangun tempat perlindungan di bawah tanah. Dan meskipun tidak, manusia pasti akan tetap menemukan cara untuk bertahan hidup.

Tapi jika membayangkan bumi yang tidak bergerak, mungkin kita harus bersyukur karena hidup di jaman ini. Kita memang lahir terlambat untuk penjelajahan samudera dan terlalu cepat untuk menjelajahi luar angkasa, tetapi setidaknya kita lahir di bumi yang penuh sumber daya. Jadi, sudahkah Anda bersyukur untuk hidup yang Anda miliki?

sumursumur
gepyan
pard0
sarjuu5
sarjuu5 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.9K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan