iskrimAvatar border
TS
iskrim
Karena Keponakan, Saya Jadi Tahu Beda Singa Laut dan Anjing Laut, U Gimana?


[ HT# 1024 ]

Thread ini masih bersuasanakan lebaran, yak kami serta keponakan yang berusia 4 tahun pergi ke sebuah wahana bertemakan laut dimana hewannya nampak lebih menarik, eksotik, dan beragam, termasuk singa laut.

Keponakan saya awalnya berfikir singa laut itu memiliki surai yang lebat layaknya singa darat, mengaum dengan keras hingga membuat hewan lain bergetar saat mendengarnya. Saya tersenyum geli karena kenyataannya berbeda jauh dengan singa laut dimaksud.

Beberapa menit kemudian setelah menunggu agak lama maka atraksi di sebuah wahana dimulai dengan atraksi badut air lalu muncullah singa laut, yang dinanti. Semua penonton bersorak gembira tapi keponakan saya ekspresinya datar. "Mana singanya?", bertanya kebingungan. "Itu,... yang dekat dengan pawangnya," kata saya. "Kok, beda?" tanyanya lagi kebingungan.

Akhirnya saya jelaskan bahwa singa laut darat jelas berbeda dengan singa laut yang dia lihat sekarang. "Singa laut hidupnya di air laut, maka tampilan fisiknya berbeda dengan singa darat, tidak bersurai dan tidak berbulu, tapi sama-sama carnivora", kata saya.



Atraksi singa laut kemudian disusul penampilan anjing laut dalam satu atraksi. Penonton semakin gembira dan bersemangat karena sang pawang berserta para hewan benar-benar bisa menghibur disertai musik yang meriah.

"Om, katanya ada anjing laut, mana sih?" tanya keponakan saya lagi. "Itu, yang lagi atraksi bareng singa laut, pakai kalung bunga", kata saya. Lagi-lagi di jawab keponakan "Kok nggak seperti anjing, itu sih singa laut juga".

Baru sadar, ketika saya amati sekilas memang kedua hewan ini nyaris sama bahkan cenderung 11 - 12 terlebih kita melihatnya dari kejauhan. "Para hadirin, Singa laut dan anjing laut akan berhitung, siapa kira-kira yang paling pandai?" tanya sang pawang kepada pengunjung wahana.



Disaat semua penonton terhanyut dalam suasana, termasuk sang keponakan saya coba Gugling beda singa laut dan anjing laut. Maka didapat persamaan dan perbedaan yang memang tidak terlalu signifikan, ukuran badan singa laut cenderung lebih besar dan berlemak, singa laut lebih lincah di darat, anjing laut tidak memiliki penutup telinga, sirip dan cakar singa laut lebih panjang, singa laut hidupnya lebih senang berkelompok, dan suara singa laut lebih keras dan tegas.

Karena pertanyaan sepele dari keponakan akhirnya saya juga jadi lebih tahu perbedaan singa laut dan anjing laut, karena terus terang saja saya juga awalnya sulit membedakan keduanya. Bagaimana dengan kalian apa sudah tahu dari dulu?




Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 15-05-2022 00:50
MasterSims
emineminna
screamo37
screamo37 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
6.8K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan