Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Waspada, Beredar Video Puluhan TKI Diduga Dibuang di Pulau Geronggang oleh Tekong
Lebih dari 70 orang TKI diduga dibuang di Pulau Geronggang Rantau Prapat, ditipu tekong yang mengaku akan mengirimkan mereka ke Malaysia


Publik tengah dibuat heboh dengan beredarnya sebuah video yang menunjukkan puluhan orang calon TKI yang diduga dibuang di Pulau Geronggang, Rantau Prapat.

Dibagikan oleh akun Instagram @memomedsos sebuah video yang diunggah oleh salah satu TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang mengaku dirinya dibuang oleh tekong bersama dengan puluhan orang TKI lainnya di sebuah hutan bakau.

Menurut perempuan tersebut mereka dibuang di Pulau Geronggang pada pukul 01.00 WIB, dan mereka baru mengetahui bahwa belum sampai di Malaysia sebagaimana tujuan awal setelah ada seorang nelayan yang mencari kayu bakau.

Masih menurut perempuan yang membagikan video keterlantaran mereka di Pulau Geronggang, di tempat tersebut terdapat banyak calon TKI yang dibuang oleh tekong tersebut. Kurang lebih tujuh puluh orang berada di Pulau Geronggang Rantau Prapat tepatnya berada di tengah hutan bakau.




Pengunggah video sangat menyayangkan sikap dari tekong yang tega menelantarkan mereka di tengah hutan bakau dan tidak mengantar ke Malaysia sebagaimana negara tujuan kerjanya.

Sekelompok TKI tersebut kebingungan bagaimana mereka dapat melanjutkan perjalanan atau kembali ke tempat asal karena memang belum adanya bantuan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait keadaan para TKI yang terlantar di Pulau Geronggang Rantau Prapat sampai saat ini belum diketahui dan belum ada update beritanya GanSis. Adapun video tersebut diunggah pertama kali pada tanggal 8 Mei 2022 kemarin.




Perlu Agan dan Sista ketahui, tekong adalah istilah sebutan untuk calo penyalur Tenaga Kerja Indonesia (TKI) keluar negeri.

Tekong sendiri menyalurkan tenaga kerja keluar negeri secara ilegal atau tidak resmi GanSis. Dapat dikatakan tekong melakukan aksi human trafficking yang dilarang keras oleh pemerintah Indonesia dan pelakunya dapat dikenakan sanksi berat.

Memang apa yang dilakukan oleh para tekong atau calo penyalur tenaga kerja ilegal ini sangat keterlaluan GanSis. Tega menelantarkan puluhan orang di tengah hutan tanpa sebuah kejelasan nasib.

Tentu kejadian ini jika memang benar adalah bentuk human trafficking maka Agan dan Sista yang memang memiliki niat untuk menjadi TKI harus berhati-hati .

Perhatikan beberapa hal ini sebelum Agan dan Sista memutuskan untuk menjadi TKI yang akan bekerja diluar negeri.




1. Memilih Penyalur Tenaga Kerja yang Legal

Memilih penyalur tenaga kerja yang resmi atau legal adalah pilihan paling tepat agar keamanan dan keselamatan Agan Sista selama menjadi TKI diluar negeri terjamin.

TKI yang berada di agen yang resmi mereka akan selalu mendapatkan pengawasan dan dapat melakukan pengaduan jika memang mendapatkan sebuah diskriminasi atau tindak kekerasan dari majikan.

2. Tidak Mudah Tergiur Cepat Diberangkatkan

Tergiur bujukan dan rayuan tekong yang menjamin keberangkatan cepat, ini juga menjadi salah satu pertimbangan GanSis.

Semua prosedur keberangkatan TKI resmi dapat dikatakan sama dan membutuhkan cukup waktu. Surat-surat harus lengkap agar selama diluar negeri tidak mengalami kesulitan dan juga ada beberapa pembelajaran dan pembekalan bahasa dan lain sebagainya.

3. Mengecek Izin PJTKI pada Disnaker

Untuk lebih amannya dalam memilih penyalur tenaga kerja Agan dan Sista harus mengecek Perusahaan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPPTKIS/PJTKI) ke Disnaker atau Dinas Ketenagakerjaan terlebih dahulu. Jika memang PJTKI tempat Agan Sista mendaftar tersebut telah resmi dan berizin maka sudah dapat dipastikan aman.

Itulah tadi GanSis pembelajaran yang dapat diambil dari hebohnya video TKI yang ditelantarkan oleh tekong di Pualu Geronggang Rantau Prapat.

Mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan Agan Sista yang ingin bekerja keluar negeri bisa selamat sampai tujuan tanpa ada halangan.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3

areszzjay
azhuramasda
pixecute
pixecute dan 5 lainnya memberi reputasi
6
4.2K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan