Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Heboh Teriak Sikap Toleransi, Apa Sih Manfaat dan Keuntungan Bertoleransi?
Banyak orang teriak-teriak tentang rasa toleransi, apa sih manfaat dan keuntungan dari berikap toleransi?


Toleransi, mungkin kata ini sudah tidak asing lagi di telinga Agan dan Sista semua karena sekarang banyak orang menyebut dan heboh perihal satu kata tersebut.

Meskipun toleransi sudah akrab di telinga namun banyak orang yang ternyata belum paham tentang apa itu rasa toleransi dan yang paham artinya belum tentu paham bagaimana cara melakukannya.

Pertama mari kita bahas tentang apa itu toleransi.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI, toleransi berasal dari kata toleran yang artinya bersifat atau bersikap menenggang, yaitu menghargai, menghormati, memperbolehkan, membiarkan, sebuah kepercayaan orang lain yang berbeda atau bertentangan dengan kepercayaan diri sendiri.

Sederhananya toleransi merupakan sikap tenggang rasa GanSis, dimana kita membiarkan dan menghargai kepercayaan orang lain tanpa mengusik, menyalahkan, atau bahkan melarang kepercayaan mereka baik itu perihal agama, bahasa, budaya, dan juga kebiasaan.




Memahami makna toleransi secara harfiah memanglah sangat mudah GanSis, semua orang bisa hafal dalam hitungan menit. Namun untuk menerapkan sikap dan sifat rasa saling toleransi tentu saja tidak semudah yang terlihat, karena manusia belum bisa melihat dari sudut pandang bahwa perbedaan itu indah dan berwarna.

Bukan hanya itu GanSis, halangan paling berat dari mempelajari tentang sikap toleransi yaitu pergesekan perbedaan keyakinan dan kepercayaan. Saat seseorang telah fanatik dengan kepercayaan atau pilihannya maka orang tersebut jarang atau tidak mau menerima bahwa ada kepercayaan lain yang sifatnya bertentangan.

Perlu diketahui, apapun bentuk perbedaan kepercayaan atau budaya, selagi itu bisa disikapi dengan rasa toleransi tinggi maka akan tercipta banyak keuntungan dan kelebihan.

Berikut ini beberapa keuntungan dan manfaat dari sikap bertoleransi yang perly Agan dan Sista ketahui.




1. Damai

Saat rasa toleransi dapat dimiliki oleh semua orang maka tidak akan ada lagi istilah berdebat hanya karena mempeributkan kepercayaan satu sama lain GanSis.

Perpecahan biasanya akan muncul saat terdapat perbedaan namun tidak bisa saling mentoleransi, dan jalan damai dari perpecahan tersebut sebenarnya kembali pada sikap toleransi itu sendiri, karena saat semua sudah paham untuk tidak mengganggu kepercayaan masing-masing atau menyalahkannya maka damai akan tercipta.

2. Rasa Kekeluargaan

Bukan lagi sebagai teman atau sahabat, ketika seseorang telah dapat menghargai perbedaan kepercayaan, pendapat, adat budaya, bahasa, suku, dan yang lain, maka akan muncul dengan sendirinya rasa kekeluargaan antara satu orang dengan orang yang lain.

Rasa dan sikap toleransi mengajarkan seseorang untuk menjaga perasaan satu sama lain, ketika toleransi sudah menyatu dengan diri seseorang maka mereka akan sangat menjaga ucapan agar tidak menyinggung atau menyakiti perasaan saudaranya.

3. Kerukunan

Rukunnya antara satu golongan dengan golongan yang berbeda kepercayaan dan keyakinan hanya akan terwujud saat ada sikap toleransi.

Tidak mungkin akan ada keributan jika tidak ada orang yang menyinggung atau tersinggung karena saling menyalahkan atau mengkafirkan kepercayaan masing-masing orang.

4. Persatuan

Dengan saling toleransi antar sesama maka akan terbentuk persatuan dan kesatuan. Tidak akan muncul perpecahan jika seseorang dapat mentoleransi perbedaan yang ada.

Itulah tadi GanSis manfaat dari rasa dan sikap saling toleransi antar sesama.
Indonesia yang memiliki banyak masyarakat dengan keberagaman suku, adat, budaya, dan agama sangat membutuhkan rasa dan sikap toleransi agar tidak tercipta perpecahan.

Mudah-mudahan kedepannya masyarakat kita dapat saling mentoleransi perbedaan tanpa harus melihat siapa orangnya dan apa jabatannya agar tercipta indahnya perdamaian.


Konten Sensitif


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Diubah oleh masnukho 04-05-2022 04:32
nomorelies
politon21
garpupatah
garpupatah dan 16 lainnya memberi reputasi
15
5.2K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan