Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
Jokowi Dipuji Setelah Tolak Permintaan Volodymyr Zelensky Beri Bantuan Senjata
Jokowi Dipuji Setelah Tolak Permintaan Volodymyr Zelensky Beri Bantuan Senjata ke Ukraina
- 30 April 2022, 12:48 WIB

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. /Ukrainian Presidential Press Service via Reuters TV/Handout via Reuters.



PIKIRAN RAKYAT - Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana memuji sikap Presiden Jokowi (Joko Widodo) yang menolak permintaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk memberi bantuan senjata.
"Saya menegaskan bahwa sesuai dengan amanat konstitusi Indonesia dan prinsip politik luar negeri, Indonesia melarang pemberian bantuan persenjataan kepada negara lain," kata Jokowi dalam pidato yang disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Jumat, 29 April 2022.
Hikmahanto menilai, penolakan Jokowi memasok senjata ke Ukraina sangat tepat karena bantuan senjata hanya akan memperburuk keadaan di Ukraina.
Menurut Hikmahanto, konflik antara Rusia dan Ukraina kini mulai bergeser menjadi konflik antara Rusia dengan Amerika Serikat (AS) beserta sekutunya.
Hikmahanto juga memuji Jokowi yang menghubungi sejumlah kepala negara, termasuk Rusia dan Ukraina, agar perang dihentikan.
"Harapan Presiden agar perbedaan antarnegara bisa diselesaikan secara damai, selaras dengan amanat yang termaktub dalam Pasal 2 Ayat 3 Piagam PBB," ujar Hikmahanto dikutip Pikiran-rakyat.com dari Antara pada 30 April 2022.
Jokowi berbincang dengan Volodymyr Zelensky pada Rabu, 27 April 2022.
"Telah berbicara dengan Presiden @jokowi. Berterima kasih atas dukungannya terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, terutama sikap jelasnya di PBB," kata Volodymyr Zelensky melalui akun Twitter pribadinya.

Sehari setelahnya, Jokowi berbincang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin melalui sambungan telepon.
Jokowi meminta pandangan Vladimir Putin soal situasi terkini di UkrainaVladimir Putin langsung menjelaskan penilaiannya soal situasi di Ukraina kepada Jokowi.
"Atas permintaan Presiden Joko #Widodo, Presiden Vladimir #Putin membagikan penilaian Rusia terhadap situasi di Ukraina sehubungan operasi militer khusus yang tengah berlangsung," sebut Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia melalui keterangan di akun Twitter @RusEmbJakarta.
"Kedua pemimpin sepakat untuk melanjutkan kontak pada masa mendatang," ujar keterangan itu lagi.
Rusia menginvasi Ukraina sejak 24 Februari 2022. Hingga hari ini, 29 April 2022, invasi Rusia ke Ukraina sudah memasuki hari ke-65.
Meski begitu, Rusia tidak menganggap apa yang dilakukannya ke Ukraina sebagai invasi. Rusia menganggap apa yang mereka lakukan adalah operasi militer khusus.
Rusia mengklaim tidak pernah menyasar warga sipil dalam operasi tersebut.***

https://www.pikiran-rakyat.com/nasio...5408378&page=2

kangteknik
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan kangteknik memberi reputasi
2
2K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan