Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yellowmarkerAvatar border
TS
yellowmarker
Banda Aceh Raih WTP 14 Kali Berturut-turut dari BPK

Kamis, 28 Apr 2022 10:31 WIB


Foto: Pemko Banda Aceh

Inkana Izatifiqa R Putri - detikSumut

Jakarta -Pemerintah Kota Banda Aceh kembali meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan. Opini WTP ini diberikan oleh BPK RI Perwakilan Aceh di Aula Gedung BPK, Rabu (27/4) usai memeriksa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021.


Dokumen WTP diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Aceh, Pemut Aryo Wibowo kepada Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dan Ketua DPRK, Farid Nyak Umar. Pencapaian ini menempatkan Banda Aceh sebagai pemerintah daerah satu-satunya di Aceh yang meraih opini WTP 14 kali berturut-turut.

Mewakili seluruh Ketua DPRK, Farid menyampaikan apresiasinya kepada BPK dan jajaran yang telah selesai melakukan pemeriksaan. Ia menyebutkan Banda Aceh mencatatkan prestasi luar biasa karena sejak tahun 2008 selalu meraih WTP.

"Tentu kita bersyukur, pemeriksaan telah dilakukan dan kami meraih WTP," kata Farid dalam keterangan tertulis, Kamis (28/4/2022).

"Sejak 2008 kita raih WTP, ini sudah 14 kali berturut-turut," imbuhnya.

Lebih lanjut, Farid mengatakan capaian yang diraih Pemerintah Kota Banda Aceh menunjukkan fondasi tata kelola keuangan yang sesuai standar BPK. Ia pun mengapresiasi lembaga tersebut lantaran peran dan fungsinya mampu mendorong pengelolaan keuangan pemerintah daerah di Aceh menjadi lebih baik setiap tahunnya.

Atas opini yang diterima, ia juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada BPK seraya meyakini para bupati/wali kota untuk dapat lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan daerah.

Farid berharap Pemkot Banda Aceh dapat terus mempertahankan WTP. Capaian ini juga diharapkan dapat menjadi landasan dalam mewujudkan komitmen pemerintahan yang baik dan kuat terhadap segala situasi.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh atas capaian prestasi opini WTP 14 kali berturut-turut tersebut.

Menurutnya, prestasi itu tak lepas dari kerja keras jajaran dan pihak legislatif dengan fungsi anggaran dan fungsi kontrolnya. Ia mengatakan pencapaian itu akan menjadi kenangan istimewa di akhir masa jabatannya bersama Zainal Arifin.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Aceh, Pemut Aryo Wibowo menyampaikan 12 LHP sekaligus untuk 12 kabupaten/kota di Aceh sebagai entitas yang pengelolaan keuangannya dinilai BPK. Dari 12 entitas tersebut, prestasi Banda Aceh merupakan yang tertinggi karena telah meraih WTP 14 kali secara berturut-turut. Capaian tersebut juga berada di atas Nagan Raya yang meraih opini serupa 13 kali berturut-turut.

(ncm/ega)


Spoiler for 4 Kali:



Spoiler for Nol:





essholl
GoKiEeLaBieEzZ
doc1989
doc1989 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.6K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan