Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Bagian yang Kadang Terlewat Pada Perawatan Mobil, Padahal Fatal


[ HT# 1015 ]

Memiliki kendaraan artinya kewajiban kita bertambah untuk bisa merawat dan menjaga agar performa selalu lancar dan tampilannya tetap enak dipandang. Bicara perawatan tentu tidak lepas dari sektor permesinan.

Jantung dari setiap kendaraan adalah mesin yang terawat dan memiliki performa terbaik dikondisi apapun. Maka ketika jarak yang ditempuh terbilang jauh, sering melewati jalur ekstrem, atau kemacetan maka sebagai pemilik kendaraan harus menjaga agar mesin mobilnya tetap dingin.

Harus dimaklumi, pemilik awam atau tipe yang kurang perhatian di sektor permesinan membuat orang kadang enggan sekedar melakukan pengecekan harian, seperti ketersediaan air radiator mobilnya. Semua diserahkan ke bengkel atau supir kepercayaannya. Padahal kalau mau tahu caranya sangat mudah, hanya melihat sisa air radiatornya saja, apakah masih cukup atau dibawah level batas aman. Jika kurang tinggal ditambahkan saja, selesai.



Tanda-tanda paling sederhana mengenali mobil kekurangan air radiator tanpa harus membuka kap mesin pun amat mudah seperti: suhu ac yang tiba-tiba kurang dingin, indikator suhu mesin menyala merah pada indikator display, tapi tanda yang lebih diwaspadai adalah terdengar suara seperti ada air panas 'meletup' mendidih atau terlihat kepulan asap putih yang keluar dari bawah kap mesin mobil.

Ketika mengalami tanda diatas segeralah menepi ditempat yang aman, matikan mesin, tunggu beberapa lama agar mesin benar-benar dingin barulah buka kap mesin dan lihat bagian radiator/ penampung air coolantnya apakah ada rembesan atau malah sudah habis.

Jika terjadi rembesan jangan sekali-kali menjalankan mobil kembali tapi mintalah mobil derek untuk mengantarkan ke bengkel terdekat. Tapi jika hanya berkurang airnya tinggal ditambah saja sesuai takaran levelnya. Dalam keadaan darurat kita bisa menambahkan jenis air mineral yang dijual di warung-warung, baru kemudian dikuras dan ditukar dengan air coolant dibengkel terdekat.



Memeriksa ketersediaan air coolant, oli mesin, minyak rem, kipas mesin adalah perlakuan harian yang mudah atau setiap seminggu sekali. Jangan sampai gara-gara kurang cairan pendingin dan kipas mati mesin jadi overheat, akibatnya mengganggu perjalanan atau malah jadwal perjalanan yang sudah matang jadi dibatalkan.

Pentingnya memeriksa semua cairan pada mesin sebelum berangkat apalagi akan pergi jauh sangat dianjurkan agar selama diperjalanan tidak terjadi kendala. Kerugian paling besar ketika kita tetap memaksakan mobil berjalan di kondisi mesin overheat adalah bagian terpenting internal mesin bisa berubah bentuk seperti kepala silinder bisa melengkung, kerja pembakaran jadi terganggu dan akhirnya mobilpun mogok.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 27-04-2022 08:31
davecchio
kebaikanbersama
jery2807
jery2807 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.4K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan