cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 Film Indonesia Paling Overrated, Termasuk Trilogi Dilan

Membahas tentang perfilman Indonesia memang selalu menarik mengingat walaupun sekarang kualitasnya sudah meningkat, namun masih banyak kekurangan seperti terbatasnya genre yang didominasi oleh horor dan romansa. Selain itu, masih banyak penonton bioskop yang skeptis pada film Indonesia dan lebih memilih film Hollywood.

Berbagai judul film Indonesia dirilis setiap tahunnya, ada yang laku dan ada juga yang sepi penonton. Ada yang mendapatkan apresiasi, namun ada juga yang dicaci maki dan merugi seperti Rafathar dan Benyamin Biang Kerok yang memang merupakan film yang benar-benar buruk. Ada juga film yang secara kualitas terasa biasa saja namun dilebih-lebihkan oleh para penontonnya sendiri bahkan oleh reviewer film. Nah, gan. Berikut ini adalah beberapa film Indonesia yang menurut ane overrated atau dilebih-lebihkan.


Ayat-Ayat Cinta (2008)

Diangkat dari novel berjudul sama, Ayat-Ayat Cinta adalah film romansa yang dibalut dengan religi. Sosok Fahri digambarkan sebagai pria muslim idaman yang akhirnya melakukan poligami. Film ini laris pada tahun 2008. Padahal, film ini termasuk biasa saja selain jalan ceritanya yang cukup unik di masanya.

Perpaduan romansa rumah tangga dan agama menjadi duet hebat dalam meraih banyak penonton.

Trilogi Dilan

Trilogi film Dilan ceritanya biasa saja sebagaimana film remaja kebanyakan. Namun mungkin karena Dilan adalah film yang settingnya berada di tahun 90an yang lucunya nuansa 90an tidak begitu terasa dalam filmnya.Tidak ada yang bisa diambil dari film ini selain gombalan Dilan.

Hebatnya ketiga film Dilan berhasil meraup jutaan penonton dan secara tidak langsung meningkatkan penjualan novelnya.

Warkop DKI Reborn

Film pertamanya mampu menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa. Film keduanya berhasil mengumpulkan empat juta penonton. Padahal humor dalam film komedi ini tidak lucu-lucu amat. Seandainya tanpa embel-embel Warkop DKI, sambutannya tidak akan semeriah itu.

Falcon Pictures selaku rumah produksi terus memilking Warkop DKI Reborn dengan part 3 dan part 4 dengan pemain baru. Untungnya penonton sadar kalau itu hanyalah mencari untung semata.

Danur

Orang Indonesia suka sekali nonton film horor. Danur adalah serial film horor yang (katanya) diangkat dari kisah nyata dari seseorang yang (mengaku) indigo. Film ini dibintangi oleh Prilly Latuconsina dan selalu laris di bioskop. Padahal film ini ramainya lebih karena terlalu banyak gimmick daripada kualitas itu sendiri.

5 CM (2012)

Inilah film yang pernah overhyped pada masanya. Sebuah film yang diangkat dari novel berjudul sama yang membuat anak muda saat itu jadi ikut-ikutan ingin melakukan pendakian gunung hanya karena ikut-ikutan tren. Secara kualitas kalau ditonton lagi sekarang setelah sepuluh tahun perilisannya, bisa dikatakan biasa saja dan tidak bisa disebut istimewa namun pada masa itu film ini mendapatkan sekitar 2,5 juta penonton. Termasuk sangat besar untuk ukuran tahun 2012.

Nah, gimana komentarnya gan? emoticon-Wow

Referensi
apawaal
areszzjay
maleo.pejuang
maleo.pejuang dan 2 lainnya memberi reputasi
3
5K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan