masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Presiden Jokowi Diteriaki Anak-anak "Ya Ndak Tau Kok Tanya Saya", Apa Ini Patut?
Presiden Jokowi diteriaki "Ya Ndak Tau Kok Tanya Saya" oleh anak-anak saat kunjungan kerja, apakah ini patut?


Media sosial tengah dihebohkan dengan beredarnya sebuah video anak-anak menyindir Presiden Jokowi saat kunjungan kerja di Gresik, Jawa Timur pada hari Rabu, 20 April 2022 kemarin dengan sindiran tidak sopan.

Dalam kunjungan kerja tersebut Presiden Jokowi diagendakan ke beberapa tempat untuk menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT), bantuan modal usaha kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan juga masyarakat yang masuk kedalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Uniknya dalam kunjungan kerja ke Gresik yang mana Presiden Jokowi telah disambut oleh masyarakat setempat tersebut, beredar sebuah video yang menunjukkan aksi anak-anak kecil menyindir RI 1 yaitu Presiden Joko Widodo.

Pada video yang beredar tersebut terlihat anak-anak kecil meneriaki Presiden Jokowi dengan teriakan "Ya Ndak Tahu Kok Tanya Saya"menirukan perkataan Pak Jokowi yang telah lalu.

Sindiran anak-anak tersebut hanya ditanggapi dengan lambaian tangan oleh Presiden Jokowi dengan tetap tersenyum menyapa masyarakat yang hadir menyambut kedatangannya.




Adapun yang menjadi pertanyaan disini, apakah yang dilakukan oleh anak-anak ini patut dan merupakan tindakan terpuji dengan menunjukkan adab sopan santun?

Pastinya tidak ya GanSis.
Apa yang dilakukan oleh anak-anak tersebut sangatlah tidak patut dan tidak pantas untuk dilakukan apa lagi kepada orang nomer satu di Indonesia yang memiliki status sebagai Presiden aktif saat ini.

Mungkin yang menjadi pertanyaan lanjutan, apakah anak-anak ini melontarkan sindiran murni dari mereka sendiri, atau diajarkan oleh seseorang untuk menyindir?

Jika memang anak-anak tersebut menyindir karena diajarkan atau disuruh oleh seseorang, tentu yang menyuruh mereka inilah yang sangat tidak bertanggungjawab dan merusak mental anak-anak.

Adab dan sopan santun di Indonesia merupakan norma dan kebudayaan yang diwariskan oleh leluhur terdahulu melalui ajaran-ajaran agama.

Sebagai manusia yang bermoral tentu adab dan sopan santun tidak dapat dipisahkan dari moral itu sendiri GanSis, karena saat seseorang kehilangan adab dan sopan santunnya maka secara otomatis orang tersebut menjadi seseorang yang amoral atau tidak bermoral.




Dari kejadian ini tentu Agan dan Sista semua bisa mengambil pelajaran untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Ajarkan anak-anak Agan Sista untuk mengetahui apa itu adab sopan santun, dan ajarkan bagaimana caranya agar mereka dapat meniru sikap sopan santun oranf tuanya.

Saat anak-anak tidak dapat menghargai dan sopan santun terhadap orang tuanya, maka jangan tanyakan apakah mereka bisa menghargai orang lain karena pasti jawabannya mereka tidak akan pernah bisa menghargai dan bersikap sopan santun kepada orang lain.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi Agan dan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
yudhi0412
black.robo
madjoeki
madjoeki dan 5 lainnya memberi reputasi
6
6.1K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan