Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bloodseeker18Avatar border
TS
bloodseeker18
Ikan Iblis Merah Bikin Resah Nelayan hingga Pemerintah


Keberadaan ikan red devil atau disebut sebagai “iblis merah”, disamakan dengan jenis spesies air lainnya yang tergolong invasif seperti ikan arapaima, dan piranha.

Hewan akuatik tersebut dinilai sangat berbahaya dan keberadaannya dilarang.

Kini keberadaan ikan iblis merah ini semakin meresahkan nelayan di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut).

Pasalnya, ikan-ikan tersebut berkembang biak dengan pesat sehingga dianggap membuat populasi hewan endemik danau terbesar Indonesia itu menurun.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut, Zeira Salim Ritonga mengatakan pihaknya telah membahas persoalan itu bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut. Hanya saja, belum ada solusi untuk menyelesaikan masalah keberadaan ikan predator tersebut.

"Kita minta dinas perikanan untuk membasmi itu supaya ikan nila, ikan mas serta ikan habitat asli Danau Toba tidak terganggu. Itu ikan predator, semua dimakannya termasuk ikan keramba," kata Zeira dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu 20 April 2022.

Terkait hal tersebut, Komisi B DPRD Sumut pun bakal menggelar kembali Rapat Dengar Pendapat (RDP) agar permasalahan ikan iblis merah di Danau Toba ini bisa diselesaikan.

Dia mengaku khawatir persoalan tersebut apabila tak segera diselesaikan bakal berdampak pada hasil tangkapan nelayan di Danau Toba juga.

"Bagaimana caranya lah supaya ikan iblis itu ditangkap atau dikurangi habitatnya supaya tidak mengganggu ikan lain,"kata Zeira.

Lantas, kenapa ikan iblis merah ini ditemukan di Danau Toba? Zeira menduga ada yang sengaja melepasliarkan ikan buas itu ke Danau Toba.

"Kita duga ada yang melepasliarkan ikan ini ke Danau Toba. Tapi kita enggak tahu siapa orangnya. Tak mungkin datang sendiri ikan itu ke sana. Karena itu bukan habitat dia.
Ikan setan merah ini asalnya dari Amerika. Dia seperti ikan piranha. Keberadaannya bisa merusak ekosistem ikan yang ada di Danau Toba," kata Zeira.

sumber

Terlepas wajahnya yg imut, ternyata meresahkan juga nih ikan..
emoticon-Bingung
emineminna
muhamad.hanif.2
MasterSims
MasterSims dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.9K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan