Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jpnn.comAvatar border
TS
jpnn.com
Ramai Aksi 'Walk Out' di G20 Tingkat Menteri Keuangan, Ini Kata Sri Mulyani

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati merespons aksi walk out dalam pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) ke-2 G20. Foto: Ricardo/JPNN.com

JAKARTA - Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) ke-2 G20 diramaikan oleh aksi walk out oleh sejumlah anggotanya.

Beberapa Menteri Keuangan yaitu dari AS, Kanada dan Inggris melakukan aksi walk out sebagai bentuk protes atas kehadiran delegasi Rusia dalam FMCBG ke-2 Presidensi G20 Indonesia yang diselenggarakan di Washington D.C., Amerika Serikat.

Baca Juga:
Real Madrid Pukul Osasuna, Tetapi Ada yang Aneh

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan 20 tetap menjaga kerja sama dan multilateralisme meski ada aksi walk out.

“Menariknya meski dalam hal ini ada kecaman keras terkait perang di Ukraina oleh Rusia namun semua anggota justru mendasari perlunya kita untuk terus menjaga kerja sama G20 dan pentingnya multilateralisme,” katanya dalam konferensi pers FMCBG G20 Ke-2 yang diikuti dari Jakarta, Kamis (21/4).

Sri Mulyani mengatakan sebenarnya G20 telah memahami beberapa skenario mengenai sikap negara G7 dalam merespons kehadiran Rusia termasuk intervensi yang dilakukan oleh mereka.

Oleh sebab itu, Menkeu mengaku tidak kaget bahkan ketika ada aksi walk out terjadi.

"Tidak mengganggung atau menimbulkan masalah terhadap berlangsungnya diskusi," ucap Sri Mulyani.

Baca Juga:
Bersahabat Dengan Otto Hasibuan Sejak 2003, Hotman Paris Heran Hubungannya Kini Memanas

Menurutnya, dengan adanya negara-negara yang diundang termasuk Ukraina dan organisasi internasional maka pandangan mengenai risiko ekonomi global dapat diakomodasi dengan baik.

“Jadi dalam hal ini ini tidak sepenuhnya mengejutkan. Apalagi bagi kita sebagai ketua sudah dilakukan tanpa mengganggu atau menimbulkan masalah dalam pembahasan kita,“ jelasnya.

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menilai kehadiran Ukraina dan Rusia seharusnya menjadi momentum yang baik karena dapat dibicarakan secara terbuka oleh semua anggota.

Hal itu dilakukan agar para anggota G20 mampu mengatasi masalah yang secara sistematis penting bagi perekonomian global termasuk mengenai konflik antara Rusia-Ukraina.

Sri Mulyani menegaskan berbagai tantangan menciptakan tugas yang sangat menantang bagi pembuat kebijakan dalam mendukung proses pemulihan di tengah peningkatan inflasi secara cepat di banyak negara.

Baca Juga:
Bocoran Calon Motor Terbaru MV Agusta, Wow!

“Menurut saya yang lebih menarik, semua anggota melihat G20 adalah forum yang sangat penting, forum kerja sama ekonomi utama untuk kita mendiskusikan baik dalam hal perlombaan maupun berkoordinasi dan berkolaborasi bersama,” jelas Menkeu Sri Mulyani. (antara/jpnn)

Sumber:
Ramai Aksi 'Walk Out' di G20 Tingkat Menteri Keuangan, Begini Kata Menkeu Sri Mulyani


Surat Diteken, Tiongkok Bangun Pangkalan Militer Dekat Papua?

Diubah oleh jpnn.com 21-04-2022 06:19
pheeroni
pilotwaras108
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
-2
1.6K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan