Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

skiesmanAvatar border
TS
skiesman
Demo 21 April 2022, Ini 7 Tuntutan Mahasiswa ke Jokowi

Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) menggelar unjuk rasa di Patung Kuda, Monas, Jakarta, Minggu, 10 April 2022. Para peserta aksi dari AMI menyuarakan penolakannya soal wacana masa jabatan Jokowi 3 periode. TEMPO/Hamdan Ismail

TEMPO.CO, Jakarta - Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan membawa tujuh tuntutan kepada Presiden Jokowi dalam demonstrasi yang akan digelar di depan Istana Merdeka hari ini, Kamis, 21 April 2022.

Koordinator Departemen Sosial dan Politik BEM UI, Melki Sedek Huang, mengatakan ketujuh tuntutan itu diantaranya adalah mendesak Jokowi menolak wacana perpanjangan masa jabatannya, turunkan harga bahan pokok, dan pengusutan penyerangan terhadap warga sipil.

"Aksinya kira-kira akan dimulai pukul 11.00 atau 12.00 di depan Istana Merdeka," kata Melki saat dihubungi, Rabu 20 April 2022.

Sebelumnya, AMI juga menuntut Presiden Jokowi mengeluarkan pernyataan resmi menolak tegas penundaan pemilu, mendukung pemilu 2024 dan menolak perpanjangan masa jabatan.

Jokowi sebelumnya sudah menyatakan meminta para anak buahnya untuk berhenti menyuarakan soal penundaan pemilu, namun tak pernah secara tegas menyatakan menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden.

Tuntutan tersebut tak jauh berbeda dari apa yang mahasiswa suarakan pada demo 11 April lalu. Selain soal pemilu, mahasiswa juga mengajukan tuntutan seperti menunda pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Melki menambahkan, mereka akan berupaya agar demonstasi kali ini berjalan lancar dan tertib.

"Kami akan melakukan berbagai upaya untuk dapat bersuara dengan aman dan sekeras-kerasnya, hingga semua tuntutan tuntas terlaksana," ujar Melki saat dihubungi Tempo, Rabu, 20 April 2022.

Ketua BEM UI Bayu Satria Utomo mengatakan demo hari ini akan diikuti mahasiswa dari sekitar 100 mahasiswa. Dia menyatakan banyak kampus lain yang tergabung di AMI akan ikut turun ke jalan.

Selain di depan Istana Merdeka, mahasiswa juga disebut akan melakukan demonstrasi di depan Komplek DPR RI. Polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup sejumlah jalan di lokasi demonstrasi sejak pagi ini.



SUMURR

 siap siap ada tumbal lg.. siapa nih yg bakal digebukin lg pas demo skrg..
emoticon-Ngakak
muhamad.hanif.2
areszzjay
viniest
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
4
3.6K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan