samerin12Avatar border
TS
samerin12
Ibuku Mantan pramuria
Spoiler for :



Quote:




Hai namaku Minggus, seorang anak lelaki dari seorang ibu bernama Memey, yang memiliki beberapa orang saudara satu rahim namun beda-beda ayahnya, atau bisa jadi ibuku lupa siapa ayah dari masing-masing kami.

Quote:


Ya benar, tepat sekali dugaan kalian. Ibuku dulunya adalah mantan pramuria, yang mana tidur dengan banyaknya pria, bahkan sampai hamil dan memiliki banyak anak dari pria-pria yang tidak dikenalnya. Tapi itu dulu. Sekarang ibuku adalah seorang penjual hamper dan jasa pembuatannya.

Quote:


"Minggus, tolong antarkan hamper ini ke rumahnya Togar."

Quote:


Kalian pasti bertanya siapa Togar? Dia adalah kawan yang paling setia yang pernah ibuku miliki. Bahkan tidak pernah memandang nya dengan tatapan picik dan jahat, walaupun ibuku pernah berada di lembah neraka. Bahkan dialah yang sering membantu ibuku untuk keluar dari siluit lembah kegelapannya tersebut, hingga menjadi sosok yang ceria dan gemar menolong orang.

"Tapi, Bu! Bukankah ini paketan hamper milik Pak Slamet?"

"Iya, ini bisnis Togar, biarkan dia yang memasarkannya dan mencari pelanggan untuk kemajuan usaha kita, Nak!"

Sebenarnya aku tidak akan pernah paham, apa yang ada di dalam pikiran ibu, namun kemudian Pak Togar memberitahu sedikit besarnya apa yang terjadi.

Quote:


Suasana menjadi hening, namun aku melihat ada yang bersinar di matanya, kala membicarakan tentang ibuku.

___&&&&&&&_____&



"Memey memang cantik. Tapi kenapa dia tidak pernah mau kunikahi?" Tiba-tiba Slamet datang dan memuji-muji ibuku.

"Itu karena dia sudah jera dengan pernikahan, trauma besar dalam jiwanya membuat dia tidak ingin lagi tersentuh dengan semua pria, walaupun pria tersebut baik hatinya."

Quote:


"Bah! Aku ini Slamet, petani sukses dari Jawa, yang tidak akan pernah putus asa. Akan ku buat Memey menjadi milikku, suatu hari nanti."

"Cinta tidak bisa dipaksakan, Met. Aku juga kagum dengan kegigihanmu dalam menaklukkan tanah leluhur mu, untuk menjadi areal pertanian dan sukses dengan perjuangan karenanya."

"Kakekku pernah bilang, untuk tidak putus asa. Karena di antara banyaknya kemungkinan yang gagal, pastinya ada satu bagian yang akan membuat usaha kita menemukan jalannya."

"Apakah Pak Slamet pernah bangkrut?" Aku ikutan nimbrung dengan percakapan antaranya.

"Pernah, Nak! Bukan Slamet namanya jika tidak seberuntung ini. Hehehe ... Siapa namamu, anak muda?"

"Minggus,"

"Apakah kau anak dari Memey kesayanganku?"

"Bukan, Met. Dia hanya pemuda yang sedang mencari uang saku di sini." Kata Pak Togar, sambil memberikan kode untuk segera pergi dari tempatnya.

Aku pergi kemudian, namun tidak akan melupakan apa yang telah aku dengar sebagai bahan motivasi untuk menjalani kehidupan kedepannya. Karena ibuku pernah berkata, "dari pengalaman yang kita pelajari, maka pencapaian tidak akan mengecewakan hasilnya."

Sampai di rumah aku melihat ucup yang sedang berkelakar dengan ibu dan wayan.

Quote:


Quote:


Aku sekolah di siang hari, karena itu setiap pagi selalu membantu ibu terlebih dahulu, sebelum berangkat ke sekolah.

Namun saat berjalan menuju kamar mandi, aku melihat beberapa prakarya yang sangat indah. Lalu aku bertanya kepada ibu.

"Siapa yang telah membuatnya, Bu?"

"Itu aku yang membuatnya, Kak!"

"Yang di gudang juga milikmu?"

"Semuanya itu milikku. Kenapa?"

"Hasil karyamu itu di lirik oleh Pak Togar, apakah kau berniat untuk menjual nya?"

"Jika harganya cocok, gas lah!"

Quote:


Aku sangat beruntung memiliki adik bernama Wayan ini, karena sejak dia mengenal tanah lumpur dan banyak benda-benda unik di dunia, tangannya terus saja menciptakan sebuah mahakarya, walaupun tidak untuk di koleksi nya, hingga mataku selalu menemukan cara untuk membuat semua karya-karya tersebut memiliki nilai cuan di tangan yang tepat.

Ya kepada Pak Togarlah, aku mempercayakan semua hasil karya-karya tersebut untuk di konsumsi publik, hingga akhirnya tabungan Wayanlah yang paling melembung di antara kami.

Apalagi dia acapkali memenangkan banyak lomba tari, walaupun Ucup menvidiokannya secara sembunyi sembunyi. Namun akhirnya Wayan jualah yang berhasil memenangkan banyak ajang aksi kreasi. Hingga kami selalu membuatnya menjadi seorang bintang, lalu pada akhirnya sosok aku dalam dirinya, mulai terbuka dan melihat dunia dengan secara yang paling sederhana, namun berkualitas.

Tadinya bahkan Wayan malu karena dia terlahir tanpa mengetahui siapa ayahnya, di sebut anak haram dan yang lain sebagainya. Namun ketika sejumlah prestasi di raihnya, maka pada akhirnya mereka yang gemar membuli, tidak lagi melihat dari segi aibnya saja. Namun juga kepada bakatnya yang luar biasa, yang bahkan membuat banyak kekaguman publik karena hasil karyanya yang unik tapi sederhana.

Sedangkan Ucup menjadi jembatan antara kami dan dunia luar, untuk berinteraksi. Karena hanya dia yang memiliki tutur sapa paling lembut dan mampu membuat banyak orang terpesona dari semua lelucon-lelucon nya. Walaupun dia kurang banyak memahami bahasa seperti aku, namun tetap saja, kelebihan Ucup dalam berkomitmen lebih paten dari kemi semuanya. Bahkan ibu Memey saja terinfeksi dari pembawaan karakteristik nya. Ya ibuku menjadi seorang periang dan murah senyum.

'Ibu, bahagia dengan semua pencapaian yang kalian miliki. Padahal terlahir dari seorang wanita dari dunia kegelapan.' kata ibu setengah berbisik dan nyaris tak terdengar.


Quote:


Suatu hari ada seorang pengemis datang ke rumah kami, ibu dengan cekatan memberikan dia makan dan melayaninya selayaknya saudara yang datang dari kota yang jauh. Bahkan wanita tersebut seolah-olah menjadi begitu bahagia, apalagi kelakar Ucup membuatnya menjadi sosok yang tidak hidup sendirian.

Kemudian ibu menawarkan tempat tinggal, ya walaupun tidak sebagus hotel bintang lima, setidaknya wanita tersebut tidak luntang lantung di jalanan. Ya kebetulan saja kamar samping kosong, karena pamanku sudah meninggal dunia sejak dua tahun yang lalu.

Wanita ini pada akhirnya menjadi keluarga kami secara langsung dan hidup bersama-sama. Sebab menurut ibuku, kebahagiaan itu adalah kunci hidup yang sebenarnya. Maka dari itulah, kami selalu menciptakan kebahagiaan walaupun dalam kondisi yang terpuruk sekalipun.

Quote:


Tamat ....


evywahyuni
phyu.03
farid2098
farid2098 dan 12 lainnya memberi reputasi
11
1.9K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan