Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Agar Dokter WNI di Luar Negeri Pulang Kampung, Ini Janji Menkes
Agar Dokter WNI di Luar Negeri Pulang Kampung, Ini Janji Menkes

Senin, 18 April 2022 11:19 WIB

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, memberikan sejumlah janji agar sejumlah dokter warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di luar negeri pulang kampung.


Agar Dokter WNI di Luar Negeri Pulang Kampung, Ini Janji Menkes. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Demi mengatasi kekurangan dokter di Indonesia, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, memberikan sejumlah janji agar sejumlah dokter warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di luar negeri pulang kampung.

"Ini merupakan permintaan Presiden Joko Widodo dan saya selaku Menteri Kesehatan," katanya dalam Webinar Pertemuan Diaspora Kesehatan Indonesia Kawasan Amerika dan Eropa, Minggu (17/4/2022).

Proses 'pulang kampung' pun dijanjikan akan mudah. Tak hanya itu, pendapatan bisa langsung diterima di tahun pertama.

"Kami akan memudahkan dan memperjelas proses adaptasi dokter-dokter yang masuk dari luar negeri. Peraturannya sebentar lagi saya tanda tangan, tinggal tunggu Presiden," ungkapnya.

Jadi, kata Menkes Budi, kalau teman-teman dokter Indonesia yang bekerja di luar negeri pulang kampung ke sini, nanti prosesnya akan dipasang secara online supaya bisa lebih transparan dan dalam waktu 14 hari sudah mendapatkan respon.

"Teman-teman bisa langsung beradaptasi satu tahun pertama di rumah sakit yang ditentukan Kemenkes bersama-sama dengan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dan organisasi profesi, teman-teman sudah dapat income dari situ karena sudah ada STR adaptan namanya," kata Menkes.

Kemudian, di tahun kedua teman-teman dokter boleh bekerja di tempat lain. "Jadi bisa ada tempat kerja yang kedua. Baru di akhir tahun kedua selesai," sambungnya.

Semua prosesnya, ungkap Menkes, akan dibikin transparan, sehingga semua orang bisa lihat. "Dengan begitu, akan terjadi check and balances yang terkontrol," tambahnya.

Di sisi lain, Menkes Budi menerangkan bahwa sebenarnya tidak apa-apa kalau teman-teman dokter di luar negeri tidak kembali ke Indonesia.

"Yang penting ada jaringannya, ada akses ke riset, kita bareng-bareng bangun sistem kesehatan yang lebih bagus dan lebih kuat dimanapun kita berada," kata Menkes.

Salah satu perwakilan diaspora kesehatan Indonesia di Jerman dr. Prasti Pomarius merespon hal ini. Menurutnya, dia siap membantu Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan kualitas kesehatan Indonesia yang lebih bagus.

"Kami di IASI Jerman siap membantu untuk mewujudkan kualitas kesehatan Indonesia yang lebih baik, terlebih saat ini alat-alatnya sudah baik, kini tinggal meningkatkan sumber daya kesehatannya," paparnya.

https://www.idxchannel.com/economics...i-janji-menkes
scorpiolama
zerauw
zerauw dan scorpiolama memberi reputasi
2
1.4K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan