kaharud.dinAvatar border
TS
kaharud.din
Profil Kaharuddin, Koordinator BEM SI Jadi Sorotan saat Bicara soal Orba di TV


Suara.com - Berikut profil Kaharuddin, Koordinator Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) dan memimpin aksi unjuk rasa mahasiswa yang digelar di kawasan gedung DPR/MPR Jakarta pada Senin (11/4/2022).

Koordinator BEM SI ini kembali menjadi topik pembicaraan hangat bahkan masuk jajaran Trending Topic Twitter usai menghadiri acara bincang HOTROOM Metro TV bersama Hotman Paris pada Kamis (14/4/2022).

Kaharuddin menyampaikan opininya terkait tuntutan-tuntutan yang disampaikan para mahasiswa saat demo 11 April 2022 lalu. Dalam acara tersebut, ia mempertanyakan mengenai Undang-Undang (UU) tentang Ibu Kota Negara (IKN) yang dibuat dalam jangka waktu 40 hari.

Dalam dialognya di HOTROOM, Koordinator Pusat BEM SI ini juga kembali mengungkit orde lama dan orde baru. Kaharuddin menyebut bahwa kesejahteraan dan kebebasan didapatkan pada masa orde baru.

"Misalkan di orde lama, kita peroleh kebebasan tapi kesejahteraan tidak. Orde baru kita peroleh yang namanya kebebasan, kesejahteraan kita punya. Hari ini yang ingin kita (mahasiswa) tanyakan adalah apakah kita peroleh kesejahteraan? Apakah kita peroleh kebebasan?" ungkap Kaharuddin.

Kaharuddin menegaskan kembali bahwa saat ini kebebasan belum diperoleh secara merata. Saat ditegaskan kembali oleh Hotman, janji kampanye mahasiswa yang dituntut adalah kebebasan dan kesejahteraan.

Pendapat Kaharuddin ini lantas memancing perdebatan dengan Anggota Komisi IX DPR Masinton Pasaribu yang menyebut bahwa di Orde Baru tidak oernah ada kebebasan. Masinton sendiri dulunyabjuga trrjun krnjalan saat demo Reformasi.

Adapun aksi unjuk rasa pada 11 April 2022 lalu yang dikoordinatori Kaharuddin diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari seluruh kampus di Indonesia.

Dengan adanya demo tersebut, mendadak membuat banyak warganet yang mencari profil Kaharuddin lantaran aksinya dalam mengkritik kebijakan pemerintah sempat viral di media sosial.

Kaharuddin adalah mahasiswa jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Riau (UNRI) angkatan tahun 2017 yang aktif hingga kini.

Ia juga diketahui aktif berorganisasi sejak menjadi mahasiswa baru dengan peran yang cukup penting dan saat ini menjabat sebagai ketua BEM UNRI periode 2021/2022.

Kaharuddin mengawali gerakannya dengan tergabung menjadi salah satu anggota advokasi Himpunan Mahasiswa Matematik dan Statistika periode 2018/2019.

Ia sempat menjadi Gubernur BEM FMIPA UNRI periode 2020/2021 dan disebut berhasil menbawa amanah jabatan dengan baik sehingga kembali dipercaya menjadi ketua BEM.

Melalui akun instagram pribadinya @kaharud_din, ia seringkali membagikan momen aksi sosial yang dilakukan bersama rekan mahasiswa lain, seperti menggalang donasi.

Ia juga seringkali terlibat dalam aksi unjuk rasa untuk mengungkapkan pendapatnya dengan mengangkat berbagai isu terkait permasalahan yang terjadi di Indonesia.

Tak hanya aksi turun ke jalan atau demo mahasiswa, Kaharuddin juga diketahui sering menyampaikan kritik terhadap kebijakan pemerintah melalui media sosial pribadinya.

Itulah profil Kaharuddin Koordinator Pusat BEM SI yang menyita perhatian publik usai memimpin aksi demo mahasiswa pada Senin (11/4/2022) dan hadir dalam acara bincang yang dibawakan oleh Hotman Paris.

https://www.suara.com/news/2022/04/1...di-tv?page=all



Ketahuan kan siapa dibalik aksi para mahasiswa ini?
Diubah oleh kaharud.din 17-04-2022 10:41
viniest
T2Y
bukan.bomat
bukan.bomat dan 16 lainnya memberi reputasi
17
6.2K
227
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan