mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Dubes Ukraina Sebut Bantuan yang Diinginkan dari RI: Moral dan Militer


Donasi pakaian dan kebutuhan lain untuk para warga Ukraina korban agresi Rusia. (REUTERS/MATTHIAS RIETSCHEL)
Jakarta, CNN Indonesia -- Duta Besar Ukraina di Jakarta, Vasyl Harmianin, membeberkan sejumlah bantuan yang diharapkan dari Indonesia.
Haminian mengatakan dukungan yang bisa diberikan pemerintahan Presiden Joko Widodo bisa berupa apa saja. Ia kemudian membeberkan apa yang dibutuhkan Ukraina.

"Pertama, saya sebut itu dukungan moral. Ini soal kecaman dan akan berhasil melalui badan-badan multilateral seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)," kata Vasyl saat wawancara eksklusif dengan CNNIndonesia.com, Selasa (14/4).

Ia kemudian berujar, "Tapi seperti yang Anda tahu, PBB sekarang tidak berguna karena agresor [Rusia] merupakan anggota tetap dengan hak veto dan segalanya."

PBB, menurut dia, cuma berbicara, mengutuk dan selesai begitu saja tak menuai hasil yang signifikan atau tak ada hasil. Rusia hanya tertawa melihat apa yang mereka katakan di dewan keamanan PBB.

"Moral adalah pertama, kedua dukungan militer dari siapa saja yang dapat memberikan ini," ucap dia.

Ketiga soal bantuan kemanusiaan karena Ukraina remuk redam akibat agresi Rusia di negara itu. Menurut Harmianin, setengah dari negara ini terbakar dan banyak korban berjatuhan.

"Kami tahu bahwa kami membutuhkan obat-obatan, kami butuh makanan, kami butuh pakaian, kami butuh apa saja. Semacam generator diesel untuk menyediakan listrik ke wilayah, mungkin filter air, saya tidak tahu. Dukungan keuangan bisa jika tidak ada hal lain yang mungkin," kata dia saat mengira bentuk bantuan nyata.

Ukraina punya daftar kebutuhan kemanusiaan yang disebarluaskan ke seluruh dunia sehingga siapa saja bisa membantu.

Selain bantuan kemanusiaan, bentuk dukungan terhadap Ukraina yakni sanksi terhadap Rusia.

"[Sanksi itu bertujuan] untuk menghentikan produksi senjata, amunisi, dan menghentikan perang. Kemudian seperti sanksi plus apa pun yang bisa membatasi kemampuan Rusia untuk mendapatkan uang. Apapun," tegas dia.

Lebih lanjut, ia membeberkan sanksi berupa boikot barang-barang Rusia, termasuk minyak dan gas, penutupan wilayah udara untuk maskapai penerbangan Rusia. Begitu pula kebijakan menutup pelabuhan laut untuk kapal Rusia, mengecualikan Rusia dari badan-badan internasional.

Kemudian menutup alat propaganda Rusia yang dianggap kerap menyebarkan disinformasi.

"Disinformasi merupakan kejahatan perang dalam situasi ini. Dan orang-orang ini masih berbohong setiap hari. Dengan kebohongan ini, mereka pertama-tama mempermalukan umat manusia dan mereka mempermalukan ingatan yang dibunuh oleh orang Rusia," tutur Haminian.

Ukraina menderita akibat gempuran Rusia setelah Presiden Vladimir Putin melancarkan invasi ke negara itu pada 24 Februari.

Sejumlah negara, terutama Barat, ramai-ramai menjatuhkan sanksi ke Rusia. Mulai dari sanksi ekonomi hingga meminta keluar dari organisasi internasional.

https://www.cnnindonesia.com/interna...l-dan-militer.

Bantuan kemanusian dipertimbangkan untuk dikirim oleh Indonesia, tapi lebih dari itu tidak secara Indonesia bersahabat dengan Rusia dan rencana  Pertamina beli minyak Rusia sedang dimatangkan biar stok minyak dalam negeri tetap terjaga...



Dubes Ukraina Sebut Tokoh Perjuangan RI Simbol Lawan Agresi Rusia


Dubes Ukraina untuk RI Vasyl Hamianin dalam wawancara dengan CNNIndonesia.com. (CNN Indonesia/ Hamka Winovan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Duta Besar Ukraina di Indonesia, Vassyl Haminian, mengatakan bahwa sastrawan Chairil Anwar menjadi inspirasi bagi pejuang di negaranya yang masih melawan invasi Rusia.
"Chairil Anwar inspirasi bagi pejuang kami. Puisinya Karawang-Bekasi menggambarkan yang terjadi sekarang di banyak wilayah di Ukraina," kata Haminian dalam wawancara dengan CNNIndonesia.com, Selasa (12/4).

Ia kemudian berujar, "Pejuang kami mati muda, tapi kami akan selalu ingat mereka sebagaimana dalam puisi Aku [karya Chairil Anwar]."

Puisi Aku bercerita soal pemberontakan dari segala bentuk penindasan. Karya ini lahir di tengah penjajahan Jepang di Indonesia pada 1943.Haminian menilai puisi tersebut bak membicarakan Ukraina sekarang.

"Ini adalah semangat pembebasan yang menjadi bagian jiwa Ukraina. Seolah-olah dia sangat menggambarkan Ukraina hari ini," ucap Haminian.

Haminian, secara personal juga mengaku menyukai Chairil Anwar dan beberapa kali membaca puisinya.

Selain itu, sejumlah foto tokoh Indonesia terpasang di kantor Kedutaan Besar Ukraina di Jakarta. Mereka di antaranya pahlawan revolusioner, Ahmad Yhani, dan polisi yang dikenal anti-korupsi, Hoegong Iman Santosa.

Hingga saat ini, Ukraina masih terus digempur Rusia usai Presiden Vladimir Putin melancarkan invasi pada 24 Februari lalu.

Hari-hari setelah itu, ledakan dan pertempuran terus terjadi. Korban sipil pun terus berjatuhan, sementara jutaan warga meninggalkan rumah mereka ke tempat yang lebih aman.

Belum lama ini, Rusia juga menjadi sorotan karena dituding melakukan pembantaian terhadap ratusan warga sipil di Bucha, Ukraina.

Sejumlah pihak, terutama Barat, mengecam tindakan Rusia itu. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, bahkan menyebut tindakan pasukan di Rusia merupakan genosida.

Kata genosida jarang dinyatakan secara publik oleh pejabat AS mengingat aturan hukum ketat terkait tudingan itu dan dampaknya yang besar.



Selain AS, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga ambil sikap atas dugaan pembantaian di Bucha. Mereka mendesak agar dibentuk tim khusus untuk melakukan investigasi.

Organisasi itu juga menggelar jajak pendapat untuk menentukan status penangguhan sementara Rusia dari Dewan HAM PBB. Dari 193 anggota, sebanyak 93 negara sepakat Moskow ditangguhkan.

Tak lama setelah itu, duta besar Rusia di PBB menyatakan, negaranya keluar dari Dewan HAM.
: https://www.cnnindonesia.com/interna...-agresi-rusia.
usaha untuk mendapatkan simpati generasi muda oleh Kedubes Ukraina...

bukan.bomat
MasterSims
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan