iskrimAvatar border
TS
iskrim
Penggemar Kerupuk Bulat Harus Baca Ini, "Kriuknya yang Gurih" Ada Bahaya Mengintaimu!


[ HT# 1006 ]

Semua orang tahu dan pernah makan kerupuk, tapi tidak banyak yang tahu kalau ternyata kerupuk masuk Indonesia sejak abad 9 atau abad 10, bukti ini terekam dalam Batu Pura tertuliskan krupuk rambak (kerupuk dari kulit sapi atau kerbau).

Awalnya kerupuk di Jawa sangat merakyat karena menjadi campuran masakan Krecek khas Jawa lalu kemudian berkembang pesat dan memiliki banyak variasi tergantung daerahnya. Dan kini kita amat tahu kerupuk yang bentuknya membulat bertekstur mirip mie sangat populer sebagai makanan rakyat yang enak, murah, cocok sebagai pelengkap makan atau dimakan langsung.

Tapi ternyata kini kita harus lebih waspada ketika akan membeli kerupuk bulat yang biasanya dijual dalam kemasan kaleng curah kerupuk bercat biru yang amat populer itu karena jika salah membeli akan sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

Menurut sumber yang saya baca ada oknum nakal yang ingin mengeruk keuntungan lebih dari menjual kerupuk bulat ini. Dipasar kerupuk bulat biasanya ada 3 warna, tapi yang paling banyak dijumpai dan disukai berwarna putih, lainya biasanya berwarna agak kuning, dan kecoklatan.



Mulai saat ini jika membeli kerupuk bulat berwarna putih harus lebih waspada pasalnya ada oknum nakal mencampurkan plastik atau lilin saat proses penggorengan. Pedagang gorengan pinggir jalan yang sering terpergok menggunakan cara yang sama kemungkinan besar mengikuti cara ini, namun masyarakat tidak menyadari kalau oknum penjual kerupuk bulat putih lebih dulu melakukannya?

Kerupuk bulat putih ini memang tidak diberikan pemutih atau zat pewarna tapi apabila dicampur dengan plastik atau lilin akan didapat rasa yang renyah, tahan lama (tidak cepat melempem), dan warna putihnya mengundang selera karena putihnya telah terawetkan oleh plastik atau lilin.

Jadi jika kamu tetap mengkonsumsi berlebihan dalam jangka panjang bisa menyebabkan tubuh mengalami masalah kesehatan seperti: merusak pencernaan tubuh, kandungan gizi pada makanan sulit diserap tubuh karena terganggu plastik atau lilin, merusak organ hati, gagal ginjal, merusak hormon, sampai merusak otak!



Mengingat dampak yang ditimbulkan amat sangat berbahaya dari murahnya harga sebuah kerupuk, maka mulai saat ini belilah kerupuk bulat yang aman (putih dan sejenisnya) agar lebih teliti lagi. Beruntung disumber yang saya baca mereka memberikan tips cara membedakan kerupuk bulat yang sehat dan mana yang berbahaya.

Kerupuk bulat yang berbahaya umumnya memiliki warna yang lebih jernih (putih) dan tidak memiliki gelembung minyak dalam kerupuk. Jika diangin-anginkan, kerupuk putih berbahan kimia (termasuk plastik dan lilin) tidak akan mudah mengempis (melempem). Jadi, akan lebih aman jika mulai saat ini kita mengkonsumsi kerupuk hasil gorengan sendiri atau memilih kerupuk dengan warna yang sedikit gosong.




Sebuah opini
Ref. tkp, tkp 2
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 15-04-2022 10:06
nawir98
agusn6778
provocator3301
provocator3301 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
5.9K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan