Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Survei: 60 Persen Responden Setuju RI Gabung Negara Lain Tekan China
Survei: 60 Persen Responden Setuju RI Gabung Negara Lain Tekan China

Rabu, 06 Apr 2022 05:53 WIB


Foto ilustrasi bendera China. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia -- Laporan dari Lowy Institute menemukan bahwa 60 persen responden warga Indonesia setuju RI bergabung dengan negara lain untuk menekan pengaruh China.
Kesimpulan ini didapatkan setelah Lowy Institute melakukan survei kepada 3.000 warga RI berusia 17 sampai 65 tahun dari 33 provinsi.

"Enam dari sepuluh warga Indonesia (60 persen) merasa sangat setuju dan setuju dengan pernyataan 'Indonesia harus bergabung dengan negara lain untuk membatasi pengaruh China'," demikian pernyataan dari organisasi tersebut dalam situs resmi mereka.

Angka ini meningkat sepuluh persen dibandingkan dengan hasil yang didapatkan pada 2011.

Lowy Institute juga menemukan bahwa hanya 43 persen warga RI yang setuju perkembangan China membawa dampak baik bagi Indonesia.

Selain itu, hampir setengah populasi RI (48 persen) setuju China berupaya mendominasi Asia.

Tak hanya membahas pengaruh China, survei ini juga meminta pendapat masyarakat terkait upaya RI untuk mendesak penerapan hak asasi manusia di China.

"Mayoritas warga Indonesia [55 persen] setuju bahwa 'Indonesia cukup menekan China untuk meningkatkan [penerapan] hak asasi manusia [di negara itu]," lanjut organisasi tersebut.

Kala dimintai pendapat soal konflik Amerika Serikat dan China, 84 persen warga percaya RI harus tetap berada dalam kondisi netral, meski potensi konflik antar kedua negara itu muncul.

Sejak China mengklaim sebagian besar wilayah Laut China Selatan (LCS), negara Barat takut Beijing bakal memperluas pengaruhnya di wilayah tersebut.

Klaim China atas LCS ini juga membuat Beijing kerap berkonflik dengan negara Asia Tenggara, seperti Filipina dan Malaysia.

Tak hanya itu, militer China yang semakin berkembang juga membuat Amerika Serikat merasa terancam. AS sendiri merupakan negara dengan militer terkuat di dunia, menurut data Global Fire Power.

Baca artikel CNN Indonesia "Survei: 60 Persen Responden Setuju RI Gabung Negara Lain Tekan China" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20220405124334-113-780475/survei-60-persen-responden-setuju-ri-gabung-negara-lain-tekan-china.
Sie.Humas.SekPR
MasterSims
Negrod
Negrod dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.1K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan