masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Sering Begadang Main Games? Bahaya, Menjadi Penyebab Penyakit dan Berujung Kematian
Sering main games sampai lupa waktu dan begadang?
Ingat, ada bahaya yang mengancam dan dapat sebabkan kematian


Main games online bareng teman-teman tongkrongan atau lebih dikenal dengan istilah mabar, memang sangat asik dan menyenangkan GanSis.
Bahkan saking asik dan serunya mabar tidak jarang anak-anak muda sampai menghabiskan waktu semalam suntuk untuk begadang main games.

Mungkin para Agan disini juga ada beberapa yang hobi main games online sampai lupa waktu. Meskipun kegiatan ini dapat dikatakan lebih positif dari kumpul mabuk-mabukan tapi ternyata juga memiliki dampak dan resiko bahaya yang tidak kalah mengerikan.

Bagi yang belum merasakan atau mengalami pengalaman bahayanya secara langsung, tentu akan menganggap bahwa bahaya dari begadang main games itu hanya hoax semata.

Namun, bagi yang pernah mengalami atau melihat efek bahayanya secara langsung pasti mereka akan jera dan tidak lagi mau main games karena takut.




Tidak ada maksud untuk menakut-nakuti GanSis, beredar di media sosial sebuah video yang dibagikan oleh akun Tik Tok @yana_suyana813 yang menunjukkan seorang remaja yang diketahui itu adalah adik dari si pemilik akun meninggal dunia karena sering begadang main games.

Akibat terlalu sering begadang main games sampai pagi dan bahkan lupa makan, remaja ini mengalami sakit tipes dan harus meninggal dunia karena tidak dapat melawan penyakit yang dideritanya.

Yana Suyana yang membagikan video momen adiknya dirawat di rumah sakit dan meninggal dunia tersebut berpesan kepada semua orang tua untuk menjaga anak mereka dan tidak membiarkan untuk anak-anak main games sampai begadang lupa istirahat dan lupa makan.




Melihat kejadian tersebut tentu sudah sepantasnya dijadikan sebagai pelajaran bagi Agan dan Sista semua khususnya para gamers yang suka lupa waktu saat main games.

Bahaya main games atau menggunakan gadget tanpa waktu istirahat ini memang harus diwaspadai GanSis, karena bukan lagi hanya berkaitan dengan kesehatan saja tapi juga akan mengancam keselamatan saat tetap tidak diperhatikan resikonya.

Resiko terbesar dari suka begadang main gadget atau main games adalah kematian GanSis, sedangkan bahaya dan resiko kecilnya adalah mudah sakit dan hilang konsentrasi.

Lalu apa sih yang harus diperhatikan agar aman saat main games?
Apakah harus meninggalkan games sedangkan games adalah hiburan?

Saat pertanyaan adalah apa yang harus diperhatikan saat main games agar tetap aman dari resiko dan bahayanya, maka jawabannya adalah management waktu GanSis.
Agan dan Sista tetap dapat main games asal tahu kapan waktu makan, waktu istirahat, dan waktu mengerjakan pekerjaan yang lain.

Jika Agan dan Sista dapat membagi waktu maka main games itu aman karena games itu adalah permainan dan permainan dibuat sebagai sarana hiburan.

Sering kali orang lupa tujuan pembuatan games dan apa manfaatnya, itulah yang mengakibatkan banyak orang kecanduan games dan membahayakan diri sendiri.

Oke, mudah-mudahan thread ini menjadi himbauan dan dapat dijadikan sebagai pelajaran para gamers dan Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
aazmhie420
makiinun
nananinanunu
nananinanunu dan 20 lainnya memberi reputasi
19
9.7K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan