masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Saat Semua Masalah Berujung Damai dan Klarifikasi, Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya?
Sering kejadian masalah-masalah besar berujung damai dan klarifikasi, apa yang akan terjadi selanjutnya setelah semuanya dimaklumi?


Setiap manusia memang harus menjadi manusia yang pemaaf atas kesalahan orang lain karena tidak ada manusia yang selalu benar sebab sepenuhnya kebenaran hanya milik Tuhan.

Kalimat itu memang tepat dan benar adanya GanSis, pemaaf adalah tindakan terpuji yang nilai-nilainya harus terus digunakan.

Tapi apakah memaafkan segala kesalahan itu tepat meskipun apa yang dilakukan oleh orang lain adalah sebuah tindak kejahatan atau perilaku yang membuat korban sakit hati?

Pasalnya saat ini banyak masalah-masalah besar yang kita ketahui bersama hanya berujung dengan diselesaikan secara kekeluargaan, permohonan maaf, atau klarifikasi begitu saja tanpa pelaku harus menerima resiko atau sanksi atas apa yang mereka lakukan.

Apa sih dampak yang dapat terjadi jika semua masalah bisa diselesaikan secara kekeluargaan dengan permohonan maaf dan klarifikasi padahal itu tindakan keji seperti pembunuhan, pelecehan seksual, pencemaran nama baik, dan perundungan?

Berikut ini bahaya memaklumi sebuah tindakan kejahatan dengan menyelesaikan masalah secara kekeluargaan tanpa adanya sanksi hukuman.




1. Merasa Normal

Saat sebuah tindakan kejahatan atau perilaku tidak terpuji dilakukan oleh orang dan tindakan tersebut dimaklumi oleh korban dengan memaafkan maka mereka akan menganggap bahwa apa yang mereka lakukan tersebut sebuah kenormalan.

Orang-orang jahat akan sangat senang saat kejahatannya dimaklumi karena mereka dapat lepas dari tanggung jawab yang seharusnya menjadi sanksi untuk kejahatannya.

2. Kembali Berulah

Menyelesaikan masalah besar seperti perundungan, KDRT, pembunuhan, perampokan, pencurian, karena korban merasa masalah tersebut tidak perlu diperpanjang dan cukup diselesaikan dengan permintaan maaf serta klarifikasi ini juga akan membuat pelaku tidak jera dan akan terus melakukan tindak kejahatan serupa dengan korban atau target yang lain GanSis.

Pelaku kejahatan punya seribu cara agar kesalahan mereka dimaafkan namun mereka tidak akan jera begitu saja melainkan akan bertindak lebih jahat dengan cara yang lebih profesional agar tidak tertangkap untuk kedua kalinya.

3. Merasa Kebal

Saat kita memaklumi sebuah tindak kejahatan dengan memaafkan dan berujung klarifikasi maka akan membuat pelaku merasa kebal terhadap hukum GanSis.

Memaafkan mungkin boleh-boleh saja, tapi saran dari ane pribadi semua harus diproses secara hukum agar mereka mendapatkan efek jera atas apa yang mereka lakukan.

Konten Sensitif
sumber gambar

Itulah GanSis apa yang akan terjadi selanjutnya saat semua kesalahan dan perbuatan-perbuatan kejahatan dimaklumi hanya dengan permintaan maaf dan klarifikasi.

Bukan maksud untuk mengajarkan tidak menjadi orang yang pemaaf, boleh Agan dan Sista memaafkan orang lain yang telah berbuat salah atau kejahatan, namun sanksi dan pertanggungjawaban tidak boleh hanya sebatas klarifikasi karena itu tidak akan membuat pelaku jera dan tidak akan mengulangi perbuatan mereka kembali.

Oke, mudah-mudahan thread ini menjadi pertimbangan bagi Agan dan Sista yang akan memaafkan begitu saja pelaku kejahatan hanya dengan meminta maaf dan klarifikasi.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
hammyhamzz
oliviamunn
screamo37
screamo37 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
7.3K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan