rajin.meremasAvatar border
TS
rajin.meremas
45 Negara Ikuti Keputusan Arab Saudi, 1 Ramadhan 2022 Dimulai Sabtu 2 April 2022
DESKJABAR – Berbeda dengan di Indonesia, Arab Saudi menetapkan 1 Ramadhan2022 dimulai Sabtu 2 April

Dengan penetapan 1 Ramadhan pada Sabtu 2 April, tercatat sebanyak 45 negara mengikuti jejak penetapan Arab Saudi, termasuk warga muslim di Singapura.

Penetapan 1 Ramadhan oleh pemerintah , disampaikan anggota Ilmu Astronomi dan Luar Angkasa Serikat Arab, Ibrahimi Al-Jarwan.

Ibrahimi Al-Jarwan mengemukakan bahwa sebagian besar negara-negara Arab akan memulai Ramadan pada hari esok tersebut.

Ramadan 2022 atau 1433 hijriyah di , akan berlangsung selama 30 hari atau persisnya sampai awal Mei . Sehingga, Idul Fitri akan jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Untuk menetapkan awal Ramadhan 1443 Hijriyah, ditentukan oleh penampakan hilal. Arab Saudi dan negara-negara mayoritas Muslim lainnya mengandalkan kesaksian para pengamat hilal.

Penentuan hilal tanda dimulainya 1 1443 Hijriyah yang dilakukan oleh Pemerintah sering jadi acuan sejumlah negara Islam.

Sebuah tim pengamat astronomi di Hautat Sudair Arab Saudi, sebuah desa yang terletak di persimpangan antara Riyadh, Sudair, dan Qassim, akan mengamati penampakan hilal.

Desa tersebut berada di pegunungan terpencil, terletak di barat daya kota, jauh dari polusi industri dan terletak 780 hingga 930 meter di atas permukaan laut.

Tempat ini dipilih oleh tim astronom khusus selama enam bulan.

Komite Penampakan Bulan di Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan tanggal resmi Ramadhan.

Mahkamah Agung Kerajaan sering meminta warga Saudi untuk bergabung dalam upaya melihat bulan sabit.

Mengutip dari laman Aljazeera, negara-negara Islam yang mengacu pada penentuan hilal 1 Ramadhan yang dilakukan Arab Saudi adalah Bahrain, Mesir, Kuwait, Oman, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Sementara itu juga tercatat 45 negara dunia mengikuti jejak Arab Saudi menetapkan 1 Ramadhan dimulai Sabtu 2 April 2022.

Adapun ke-45 negara yang mengikuti jejak adalah Afghanistan, Albania, Armenia, Austria, Azerbaijan, Bahrian, Belgia, Bolivia, Bulgaria, Burkina Faso, Chechnia, Denmark, Finlandia, Georgia, Hongaria, Islandia, Irak (Sunni mengikuti Saudi).

Negara lainnya adalah, Italia, Jepang, Yordania, Kazakhstan, Kuwait, Kirgizstan, Lebanon, Mauritania, Belanda, Palestina, Qatar, Rumania, Rusia, Singapura, Sudan, Swedia, Swiss, Suriah, Taiwan, Tajikistan, Tatarstan , Togo, Turkmenistan, UEA, Inggris, Uzbekistan, dan Yaman.

Beda negara apa beda planet ? mungkin bulan ditonjok saitama, jadi hitungannya bisa beda.
Diubah oleh rajin.meremas 02-04-2022 05:12
bukan.bomat
MasterSims
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.6K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan