Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gaygeneAvatar border
TS
gaygene
Siapkan Uang Lebih! Harga Mie Instan Naik Karena PPN 11 Persen


Pemerintah telah menetapkan tarif baru pajak pertambahan nilai (PPN) pada hari Jumat 1 April 2022 yang bermula dari 10% menjadi 11%.

Masyarakat perlu merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan beberapa barang atau jasa. Kenaikan pajak tersebut juga berlaku pada produk mie instan.

Diketahui bersama, meskipun bukan kategori kebutuhan bahan pokok, namun mie instan merupakan produk yang dikonsumsi oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

Sementara itu, melalui siaran pers di laman resmi Kementerian Keuangan, diterangkan beberapa kebutuhan pokok yang mendapatkan fasilitas bebas PPN 11%.

Barang-barang tersebut antara lain beras, gabah, jagung, sagu, kedelai, garam, daging, telur, susu, buah-buahan, sayur-sayuran, dan gula konsumsi.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengungkapkan mie instan termasuk produk yang dikenai kenaikan tarif PPN 11%.

Kebetulan kita sama-sama penggemar mie instan. Ternyata saat kita cek dalam satu bungkus PPN-nya itu naik Rp 25,” kata Prastowo dalam konferensi pers, Jumat 1 April 2022.

Seperti yang dikatakan Prastowo, kenaikan tarif PPN mie instan sebesar Rp 25 dihitung mulai 1 April 2022.

Dia menyebutkan, kenaikan tarif tersebut memang dengan nominal angka yang kecil, namun jika dikalikan dalam skala besar maka akan lebih besar. 

“Ini luar biasa kontribusi penggemar mie instan. Rp 25 dikontribusikan kalau dikalikan satu negara jadi gede juga. Tapi enggak berasa itu dipake buat bayar

Prastowo menambahkan, hanya dengan kontribusi dengan nominal yang kecil, masyarakat turut gotong royong mengumpulkan uang yang lebih besar.

“Kontribusinya tidak terasa. Masyarakat hanya nambah kontribusi Rp 25, Rp 20, Rp 10, begitu dikumpulkan se-Indonesia gotong royong gede duitnya. Ini yang kita harapkan menjadi pemahaman publik,” jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Makassar.terkini.id dengan judul "Siapkan Uang Lebih! Harga Mie Instan Naik Karena PPN 11 Persen", Klik untuk baca: https://makassar.terkini.id/siapkan-uang-lebih-harga-mie-instan-naik-karena-ppn-11-persen/.
Penulis : Ainur Roofiqi
Publish : 2 Apr 2022 14:23 WITA

phyu.03
viniest
lowbrow
lowbrow dan 13 lainnya memberi reputasi
14
3.3K
130
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan