Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jhonlenon60Avatar border
TS
jhonlenon60
Gas Rusia Masih Mengalir ke Eropa, Putin Dianggap Hanya Gertak Sambal


Perusahaan energi milik pemerintah Rusia, Gazprom, dilaporkan masih mengalirkan gas ke Eropa sesuai dengan kontrak pembelian. Sebelumnya Presiden Vladimir Putin mengancam akan menghentikan aliran gas jika permintaan untuk membayar dengan rubel tidak dilakukan.

Dikutip dari Reuters, Gazprom mengatakan bahwa pada Sabtu (2/4) telah mengalirkan gas sebesar 108,3 juta meter kubik. Sama dengan volume yang dialirkan pada sehari sebelumnya ketika Putin mengumumkan akan menerapkan pembayaran gas dengan rubel.

Pejabat dan analis Eropa menilai ancaman Putin untuk memutus aliran gas jika tidak dibayar dalam rubel lebih sebagai gertakan untuk menangkal sanksi lebih lanjut.

“Ini peringatan dari Putin untuk tidak memperketat sanksi keuangan lebih lanjut,” kata analis lembaga think tank Peterson Institute of International Economics, Jeffrey Schott, seperti dikutip Reuters, Sabtu (2/4).

Seorang pejabat Eropa mengatakan dia yakin Putin telah menuntut peralihan ke pembayaran rubel untuk menguji siapa yang akan menyetujuinya. Tapi tidak ada yang melakukannya.

"Setelah itu dia (Putin) mencoba menemukan sistem di mana dia bisa mengklaim bahwa dia telah menang, sementara faktanya sesuatu yang dekat dengan status quo terus berlanjut," kata pejabat itu.

Ekspor energi adalah senjata paling kuat bagi Putin untuk melawan apa yang disebutnya sebagai "perang ekonomi". Pejabat dan analis Eropa enggan mengatakan ancamannya untuk mematikan pasokan benar-benar sebagai gertak sambal.

“Sebab jika itu dilakukan maka akan merugikan Gazprom karena harus mencari pembeli baru untuk melepas semua persediaan gas yang seharusnya dialirkan ke Eropa,” kata seorang analis di broker Locko-Invest yang berbasis di Moskow, Dmitry Polevoy.

Para ahli percaya itu tetap penting secara simbolis dan telah mengguncang kepercayaan pada keandalan Rusia di Jerman, yang minggu ini harus mengambil langkah luar biasa untuk memperingatkan potensi penjatahan di bulan-bulan mendatang.

Seorang pejabat Uni Eropa mengatakan bahwa meskipun dia menganggap ancaman pemutusan hubungan kerja tanpa pembayaran dalam rubel sebagai 'gertakan', implikasi penuh dari tuntutan Putin tidak jelas dan bahwa sikap yang lebih keras dapat muncul dalam beberapa hari mendatang.

Eropa sangat bergantung pada Rusia untuk kebutuhan energinya, dengan sekitar 40% gasnya berasal dari negara tersebut. Jadi, jika Moskow mematikan keran, itu bisa memicu kekurangan pasokan, penutupan pabrik, dan biaya energi yang semakin tinggi.

Kontrak gas dihargai dalam euro atau dolar tetapi Putin mengatakan mereka harus dibayar dalam rubel. Negara-negara Barat menyebut permintaan ini sebagai "pemerasan" dan menolak.

Di bawah dekrit yang ditandatangani oleh Putin, pembeli gas asing harus membuka rekening di Gazprombank yang dikendalikan negara mulai Jumat (1/4) dan membayar langsung, alih-alih menggunakan bank lokal untuk mentransfer uang.

Gazprombank kemudian akan menggunakan uang itu untuk membeli rubel, menopang mata uang, peran yang biasanya dilakukan oleh bank sentral Rusia, yang telah tertatih-tatih oleh pembekuan ratusan miliar cadangannya sebagai tanggapan terhadap perang.

Namun tidak ada tanda-tanda gangguan pasokan hingga sehari setelah Putin mengumumkan kebijakan itu. Aliran tetap stabil melalui dua dari tiga pipa utama yang membawa gas Rusia ke Eropa, Nord Stream 1 yang melintasi Laut Baltik, dan ke Slovakia melewati Ukraina.

https://katadata.co.id/amp/happyfajr...-gertak-sambal

Gw masih heran kenapa banyak kadrun hidung pesek yg pengen rusia stop gas ke eropa, trus klw rusia stop gas ke eropa itu berarti rusia gak punya posisi tawar lagi dong di eropa. Rusia udah tertekan karena biaya perang dan kegagalannya menguasai kiev masa mau cari musuh lagi sampai ke eropa barat. emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh jhonlenon60 03-04-2022 08:46
chromie
chromie memberi reputasi
1
1.4K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan