Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tips Makan Sahur Biar Kuat Puasa Sehari Penuh Tanpa Mengeluh, Yuk Cobain
Sahur untuk puasa hari pertama, yuk cobain tips ini biar kuat puasa sehari penuh tanpa mengeluh


Minggu, 3 April 2022 adalah hari pertama puasa Ramadhan 1443 hijriah.
Tepat pada hari ini kita semua Agan dan Sista di seluruh Indonesia menjalankan ibadah wajib yaitu puasa Ramadhan untuk satu bulan kedepan.

Puasa hari pertama tentu banyak persiapan-persiapan yang harus Agan dan Sista lakukan. Mulai dari siap mental, kesabaran, keihklasan, kontrol hawa nafsu, yang mana semua dimulai dari waktu imsak sampai pada waktu berbuka puasa.

Tentu Agan dan Sista yang beragama Islam pasti sudah paham bahwa di awalinya berpuasa adalah dengan makan sahur. Waktu makan sahur bisa dilakukan pada waktu malam hari, diakhiri dengan waktu Imsak sebagai tandai dimulainya waktu puasa hari ini.

Meskipun banyak orang yang telah melakukan puasa bertahun-tahun, namun biasanya di puasa hari pertama banyak yang mengeluh GanSis. Mulai dari mengeluh haus, capek, lemes, dan letih, bisa menjadi salah satu alasan kurang sempurnanya puasa Agan dan Sista.


sumber gambar

Melihat betapa pentingnya makan sahur bagi kelangsungan puasa, tentu Agan dan Sista harus memperhatikan beberapa hal saat sahur agar lancar puasanya.

Berikut ini tips sahur ala ane yang bisa Agan dan Sista ikuti agar kuat puasa penuh tanpa mengeluh seharian.


1. Mengahkhirkan Waktu Sahur

Sahur di waktu-waktu akhir mendekati imsak selain menjadi sunnah juga merupakan cara agar energi yang dihasilkan oleh makanan yang kita makan bisa bertahan sampai lama GanSis. Mengakhirkan makan sahur bisa menjadi cara tepat bagi Agan dan Sista yang masih takut lapar dan tidak tahan sampai tiba waktu berbuka.

Tapi hati-hati GanSis, resiko sahur di waktu akhir biasanya banyak yang teledor sampai masuk waktu imsak.

2. Makan Makanan Gizi Seimbang

Asupan gizi seimbang bagi tubuh saat bulan puasa ini juga tidak kalah penting GanSis.
Waktu makan yang berubah otomatis akan membuat sistem pencernaan kita juga harus menyesuaikan dengan keadaan. Itulah sebabnya makan makanan gizi seimbang itu penting agar tubuh tidak kekurangan zat-zat yang memang dibutuhkan.

3. Minum Air Mineral

Minum air mineral secukupnya dan sebutuhnya di waktu sahur. Pastikan Agan dan Sista tidak mengalami dehidrasi saat puasa yaitu dengan minum air putih (bening) atau air mineral saat sahur dalam jumlah yang cukup.

4. Konsumsi Obat Magh

Bagi Agan dan Sista yang memiliki riwayat magh atau asam lambung tentu tidak boleh lupa untuk mengkonsumsi obat magh untuk mencegah asam lambung naik ya GanSis. Lebih baik mencegah dari pada mengobati karena tidak ada cara mengobati magh tanpa membatalkan puasa jika Agan dan Sista mengalami kambuh sebelum waktu berbuka.

5. Niat

Jangan lupa yang terakhir adalah niat puasa. Niat puasa selain dilafalkan dengan lisan juga harus dihayati dengan perasaan GanSis. Agan dan Sista akan kuat menjalankan ibadah puasa sehari penuh jika GanSis niat dengan sepenuh hati untuk menjalankan kewajiban demi keridhoan Allah SWT.



Itulah tadi GanSis tips dan cara makan sahur yang tepat agar Agan dan Sista dapat menjalankan ibadah puasa sehari penuh tanpa mengeluh sampai tiba waktu berbuka puasa.

Mudah-mudahan Agan dan Sista semua dapat menjalankan ibadah puasa hari ini dengan lancar tanpa ada halangan rintangan yang berarti sampai tiba pada waktu berbuka puasa.

Bertepatan dengan hari ini awal puasa, ane pribadi mohon maaf lahir dan batin. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi Agan dan Sista yang menjalankan.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
garpupatah
cantik2502
nomorelies
nomorelies dan 21 lainnya memberi reputasi
22
5.5K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan