abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Sosok Pak Ribut, Tipe Guru yang Cocok untuk Anak Zaman Sekarang


Pak ribut santoso, guru viral asal lumajang yang konsisten dengan konten mengajar murid-muridnya dengan dibumbui drama-drama kecil namun kocak. Yah walaupun sempat di takedown sih akun tik tok nya karena sedikit kontroversi, tapi masih banyak yang salut kepadanya.

Viralnya sosok pak guru bernama ribut ini gak lepas dari caranya mengajar ya gaes. Ane anggap caranya mengajar sangat cocok diterapkan pada anak-anak zaman sekarang yang stereotip nya udah agak miring dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

Quote:


Anak-anak muda milenial yang sering terlihat tidak sopan kepada guru, bengal, menyepelekan pembelajaran dan lebih mementingkan dunia sosial media, dianggap penyakit yang sangat perlu diobati. Munculnya pak ribut akhir-akhir ini membuat mata ane terbuka bahwa masih ada sosok guru yang bisa menyesuaikan dengan anak zaman sekarang.

Interaksi,antara guru dan murid perlu adanya interaksi yang se-frekuensi. Pak ribut menurut ane punya interaksi yang bagus dengan anak muridnya yang masih kelas sekolah dasar itu. Terlihat dari hampir semua videonya, ia mengajak murid-muridnya berkumpul saling membahas jawaban-jawaban dari para muridnya.

Quote:


Dengan bahasa yang tidak terlalu kaku dan tegas, ia bisa membuat muridnya nyaman serta tidak takut untuk menjawab, menyampaikan, maupun menyanggahnya. Bahkan sosok april, salah satu muridnya yang dikenal pintar, dalam satu momen salah bicara dan pak ribut tidak marah justru reaksinya terkesan kocak untuk seorang guru.

Ini yang kita harapkan ya gaes. Interaksi semacam ini pernah ane rasakan di bangku sekolah dulu saat kami punya satu sosok guru seperti pak ribut ini. Sehingga hubungan siswa dan guru di zaman sekarang dapat dikatakan menjadi lebih dekat dan lebih akrab gitu.

Quote:


Reward dan punishment, memang dari dulu sampai sekarang satu metode ini sudah ada. Namun bentuknya yang tentu beda. Kalo dulu rewardnya buku dibungkus kertas kado, dan punishment nya hormat bendera, maka zaman sekarang lebih kreatif dan inovatif.

Dari pak ribut ini contohnya. Ia memberikan pujian dan apresiasi kepada april, muridnya yang terkenal pintar di kelasnya untuk memotivasi april dan murid yang lainnya. Kemudian juga aldo, salah satu muridnya yang jawabannya ngawur ia beri punishment dalam bentuk akan diadukan kepada orang tuanya.

Quote:


Nah dari sosok pak ribut ini kita bisa melihat bahwa guru zaman sekarang gak perlu lagi yang kaku dan menuntut murid untuk berjalan lurus (kiasan). Tetapi kita bisa menggunakan cara yang lebih friendly dalam menuntunnya ke jalan yang lurus tadi (kiasan lagi).

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di sosial media ya gan. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca, jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Opini pribadi & Tweet
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2022
nyimak92
garpupatah
nisa1901
nisa1901 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
10.2K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan