dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Buntut Pemecatan Terawan, Menkumham Usul Izin Praktik Dokter Jadi Domain Negara
Buntut Pemecatan Terawan, Menkumham Usul Izin Praktik Dokter Jadi Domain Negara
Kamis 31 Maret 2022 22:29 WIB

Menkumham Yasonna Laoly (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yassona H. Laoly mengusulkan izin praktik dokter menjadi domain negara. Ia pun mendorong revisi Undang-Undang Nomor 20 tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran dan Undang-Undang Nomor 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran.
Hal ini diungkapkan Yasonna menyusul adanya rekomendasi pemecatan terhadap mantan menteri kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dari keanggotan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
"Jadi saya kan mengatakan pascakeputusan IDI itu saya kira perlulah izin praktik itu menjadi domain negara saja ketimbang dikasih kepada satu organisasi profesi," kata Yasonna di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (31/3/2022).

Dengan begitu, kata dia, organisasi profesi nantinya bisa lebih berfokus dalam menjalankan penguatan-penguatan dokter. "Ini yang saya kira arahnya. Justru saya kira menurut saya ya, IDI lebih bagus konsentrasi dalam itu, penguatan dokter, perbaikan," ujarnya.
Menteri asal PDIP itu pun mengungkap tentang fenomena banyaknya pasien asal Indonesia yang justru melakukan pengobatan ke negeri tetangga, di wilayah Asia Tenggara.
"Sekarang banyak sekali lagi orang yg lebih banyak berobat ke, di Sumatera Utara misalnya orang mengapa lebih senang berobat ke Penang? Kalau di Sumatera Utara ke Penang, kalau dari Riau ke Malaka, triliun habis. Kalau orang Jakarta masuk ke Singapur, yakan?" tuturnya.

Padahal, ia melihat banyak dokter-dokter asal negara tetangga, seperti Malaysia yang justru mengambil S1 kedokteran di Indonesia. Oleh karena itu, ia menekankan perlunya revisi terhadap dua undang-undang terkait.

https://nasional.okezone.com/read/20...-domain-negara
Diubah oleh dragonroar 02-04-2022 09:23
jhon.artng24
phyu.03
MasterSims
MasterSims dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.9K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan