xianying21Avatar border
TS
xianying21
World Cup 2022 Sebentar Lagi, Inilah Sejarah Piala Dunia Pertama Tahun 1930

Piala Dunia 2022 di Qatar sebentar lagi akan digelar pada 21 November sampai dengan 18 Desember 2022. Piala Dunia edisi kali ini akan menjadi Piala Dunia pertama yang digelar di musim dingin karena musim panas di Qatar suhunya akan sangat panas sekali. Piala Dunia kali ini akan menjadi terakhir kalinya dengan 32 negara karena pada 2026 mendatang, Piala Dunia akan diikuti oleh 48 negara. Piala Dunia Qatar akan menjadi edisi ke-22 dan untuk yang kedua kalinya digelar di wilayah Asia setelah dua puluh tahun yang lalu digelar di Korea Selatan dan Jepang.

Piala Dunia sendiri pertama kali digelar pada 1930 di Uruguay atau 26 tahun setelah FIFA didirikan. Sebelum ada Piala Dunia, turnamen sepakbola dunia diadakan sebagai salah satu cabor Olimpiade Musim Panas.

Nah, gan selamat datang di thread ane dan mulai dari thread ini ane akan ke depannya akan membahas informasi seputar sejarah Piala Dunia dan untuk seri yang pertama ini ane akan membahas sedikit tentang sejarah Piala Dunia 1930 di Uruguay.

Piala Dunia Pertama

Piala Dunia pertama digelar oleh FIFA pada 1930. Uruguay dipilih karena baru saja menjadi juara sepakbola di Olimpiade Musim Panas. Semua pertandingan digelar di Kota Montevideo, sebagian pertandingan diadakan di Stadion Centenario. Dalam edisi perdananya ini, Piala Dunia diikuti oleh 13 negara yang terdiri 7 negara Amerika Selatan, 4 negara Eropa, dan dua lainnya dari negara Amerika Utara.

Dua pertandingan pertama digelar secara bersamaan yaitu Perancis yang mengalahkan Meksiko 4-1 dan Amerika Serikat yang mengalahkan Belgia 3-0. Pemain asal Perancis, Lucien Laurent tercatat menjadi pemain pertama yang mencetak gol pertama dalam sejarah Piala Dunia.


Peserta Piala Dunia 1930

Pada edisi pertama ini peserta dimasukan tanpa babak kualifikasi dan beberapa diundang langsung oleh FIFA. Sebanyak 13 negara menerima undangan FIFA namun banyak negara Eropa yang menolak karena perjalanan ke Amerika Selatan yang saat itu termasuk jauh. Tidak ada negara Asia dan Afrika yang mengikuti turnamen pertama ini. Negara Afrika baru hadir pada edisi 1934 dengan diwakili oleh Mesir dan negara Asia pertama baru muncul pada edisi 1938 di Perancis dengan diwakili oleh Hindia-Belanda.

13 tim dibagi menjadi 4 grup dan berikut ini adalah para tim peserta.

Grup 1
Argentina
Chili
Perancis
Meksiko

Grup 2
Yugoslavia
Brasil
Bolovia

Grup 3
Uruguay
Rumania
Peru

Grup 4
Amerika Serikat
Paraguay
Belgia


Juara grup langsung lolos ke babak semifinal. Empat negara yang lolos ke semifinal adalah Argentina, Amerika Serikat, Uruguay, dan Yugoslavia. Argentina berhasil mengalahkan AS dengan skor 6-1 dan tuan rumah Uruguay mengalahan Yugoslavia juga dengan skor 6-1.

Partai final digelar pada 30 Juli 1930 di Stadion Centenario dengan dihadiri lebih dari 68.000 penonton. Uruguay keluar sebagai juara setelah menuntaskan perlawanan Argentina, 4-2. Menjadikan Uruguay sebagai juara Piala Dunia pertama dan tanggal 30 Juli dijadikan hari nasional yang penting di negara tersebut.


Karena sudah sangat lama, para pelaku Piala Dunia 1930 ini tentunya sudah pada meninggal. Namun catatan sejarahnya masih tersimpan dan data lengkapnya dapat diakses di situs FIFA.

Karena keberhasilannya, Piala Dunia diadakan lagi empat tahun kemudian di Italia. Ajang empat tahunan tersebut menjadi event olahraga yang paling banyak ditonton setiap edisinya bahkan mengalahkan Olimpiade Musim Panas.

Nah, gimana gan komentarnya? Kalau thread ini ramai, selanjutnya ane akan bahas Piala Dunia 1934 dan 1938 dan kemudian berlanjut ke edisi-edisi berikutnya sampai 2018. emoticon-Leh Uga.

Sumber Referensi
Papa.T.Bob
nacaha
provocator3301
provocator3301 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
4.1K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan