Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Perusahaan di Inggris Berencana Ciptakan Robot Pembasmi Hama Siput Tanaman
Foto ilustrasi siput perusak tanaman (hama) | axcela.arxada.org


Mengingat perkembangan teknologi di zaman modernisasi ini, dan adanya ajakan dunia untuk mengurangi penggunaan pestisida membuat salah satu perusahaan teknologi di Inggris ingin mengembangkan sebuah agrobot yang bernama "SlugBot" yang berfungsi untuk memberantas hama siput tanaman.

Robot SlugBot ini merupakan langkah baru untuk membantu para petani dalam membasmi hama siput tanpa pestisida dan juga menghindari pengeluaran biaya besar. Siput adalah hama tanaman yang cukup terkenal merusak pertanian di Inggris dan jenis siput perusak tanaman atau hama ini berspesies Deroceras reticulatum dan Arion vulgaris.

Kedua jenis siput ini sering menyebabkan kerusakan parah pada tanaman lobak, gandum, dan bit gula, yang merupakan produk pertanian utama yang sering dikonsumsi di negara-negara Barat terutama Inggris raya.

Foto ilustrasi siput Arion vulgaris | stockfresh.com


Menurut laporan, metode pengendalian yang paling umum digunakan petani Inggris saat ini adalah menggunakan pelet yang mengandung metaldehida atau besi-III fosfat sebagai moluskisida. Umpan ini menarik dan membunuh serangga atau keong saat memakannya.

Akan tetapi, cara ini tidak selalu efektif terhadap keong karena efektivitas insektisida sangat tergantung pada kondisi cuaca. Dan karena semakin banyak negara di dunia yang menerapkan metode penggunaan penggunaan pestisida demi menjaga lingkungan.

Maka muncullah ide untuk menciptakan robot pertanian (SlugBot) untuk membasmi hama siput perusak tanaman, menurut perusahaan yang akan mengembangkan teknologi ini mengungkapkan jika saat ini mereka sedang mempelajari teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk dapat melawan siput dilapangan.

Foto ilustrasi siput Deroceras reticulatum | uk.inaturalist.org


Perusahaan juga mengungkapkan jika teknologi AI ini sangat penting peranannya di dunia pertanian, dan siput adalah mangsa yang mudah karena ukurannya yang relatif besar dan lambat jadi teknologi robot AI ini akan mudah melakukan tugasnya.

Teknologi SlugBot ini akan bekerja dengan mengumpulkan siput ke dalam bioreaktor sambil bergerak melalui sisi tanaman tanpa harus merusak tekstur tanah maupun tanaman, jadi SlugBot pembasmi siput ini akan sangat efektif digunakan untuk pertanian baru di masa depan.



Penulis: Sambelterasi052
Referensi: fwi.co.uk - World’s first slug-killing robot in field trials next summer
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
Diubah oleh Sambelterasi052 14-03-2022 04:28
nomorelies
emineminna
Aramina
Aramina dan 10 lainnya memberi reputasi
9
3.2K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan