dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Travelling Ke Lombok? Wajib Hukumnya Mencicipi Kuliner yang Satu Ini!
Hai, Gansist!

Euforia tentang sirkuit Mandalika terus menggema seantero dunia. Mata-mata memandang Lombok sebagai ajang perhelatan balap motor kelas dunia, MotoGP yang berlangsung di sana.

Lombok pun berbenah. Lombok pun memperkenalkan diri dan sektor pariwisata pun tak luput dilirik oleh mata dunia. Bukan hanya Bali, destinasi wisata di Lombok pun menjadi pilihan utama.

Bukan hanya destinasi lokasi wisata dan budaya, wisata kuliner pun tak luput jadi incaran para wisatawan luar negeri.

Nah, berikut 3 sajian kuliner khas yang ada di Lombok yang menjadi incaran bagi wisatawan domestik ataupun luar negeri.

Bagi Gansist yang bingung mencari kuliner yang khas dari Lombok, mungkin bisa dijadikan referensi.

1. Ayam Taliwang



Ayam Taliwang, varian masakan berbahan ayam. Memang daging ayam sangat mudah untuk diolah menjadi masakan apa saja dan pastinya akan terasa enak. Istilahnya cuma dikasih garam terus digoreng, ayam pun sudah bisa dijadikan lauk.

Nah, ayam Taliwang dari Lombok ini pun cukup unik dalam pemasakan yakni dengan dibakar serta menggunakan bumbu dan rempah khas dari Lombok. Taliwang bukan jenis ayam sebagai bahan bakunya, tetapi Taliwang adalah nama daerah di NTB. Dan masakan ayam taliwang ini pun tersebar sampai ke luar kawasan Taliwang bahkan hampir ke seluruh wilayah NTB dan dijadikan makanan khas.


2. Sate Bulayak



Sate Bulayak bukan berarti sate yang terbuat dari hewan bernama bulayak. Bulayak di sini mirip dengan lontong pada sate kebanyakan, yang membedakan hanya cara membungkusnya. Bulayak adalah lontong yang dibungkus dari daun aren atau siwalan. Cara membungkusnya diplintir-plintir seperti membuat terompet.

Sate bulayak ini biasanya berasal dari daging sapi, daging kambing ataupun dari daging ayam. Seperti sate pada umumnya dibakar lalu disajikan dengan tambahan bumbu kacang yang pedas.


3. Plecing Kangkung



Plecing Kangkung menjadi sajian kuliner yang khas dari Lombok. Sebetulnya mirip dengan cah kangkung tetapi yang membedakan ada touge atau kecambahnya disiram dengan bumbu saus, kacang goreng. Kangkung di Lombok juga akan terasa berbeda ada sedikit gurih, kriuk-kriuk, dan ada rasa manis saat dinikmati mungkin karena ditanamnya di lahan persawahan kali, ya.
Memasaknya pun cukup mudah, kangkung disiyangi kemudian direbus dan disajikan bersama bumbu saus dan touge yang telah diseduh dengan air panas.

Nah, itu tadi 3 makanan yang wajib Gansist cicip bila berkunjung ke Lombok Nusa Tenggara Barat.

Sekian dari aku. See you on next my thread. Thanks. Bye!


referensinya
Mulustrasi dr google.com
cheria021
gembelngehe
selep.tangerang
selep.tangerang dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.7K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan