cintadineAvatar border
TS
cintadine
Deretan Game Android Tersukses dari Masa ke Masa, Dari Jamannya Angry Birds

Sejak diluncurkan pada 2008 yang lalu, Android memang menarik perhatian dengan mengusung toko aplikasinya sendiri yaitu Android Market yang lalu berganti nama menjadi Google Play Store pada 2012. Awalnya aplikasi dan game yang ada di Play Store tidak terlalu banyak. Namun lama kelamaan, para developer berlomba-loma untuk merilis aplikasi dan game di Play Store. Sepanjang sejarahnya, sangat banyak sekali game yang diluncurkan di Play Store dari berbagai genre.

Menariknya, ada beberapa game yang sukses di Play Store yang banyak dimainkan dan jumlah unduhannya mencapai ratusan juta kali. Beberapa di antaranya bahkan berhasil menjadi budaya populer. Nah, berikut ini adalah beberapa game Android terpopuler dan tersukses dari masa ke masa gan.

Angry Birds


Angry Birds adalah game yang dikembangkan oleh Rovio dan dirilis pada 2009. Awalnya hanya dirilis untuk iOS namun akhirnya dibuat juga untuk Android karena sambutan yang luar biasa. Angry Birds bisa dibilang menjadi pionir game di Android dan kala itu mampu membuat banyak orang ketagihan untuk memainkannya.

Gameplay yang sederhana namun menantang membuat setiap orang merasa asyik untuk menyelesaikan setiap stage dalam Angry Birds. Setelah kesuksesan tersebut, muncul seri Angry Birds lain seperti Angry Birds Space dan Angry Birds Seasons.

Subway Surfers

Sebuah game yang saat ini jumlah unduhannya mencapai satu milyar di Play Store. Sebuah rekor yang luar biasa. Subway Surfers adalah game endless runner yang dikembangkan oleh Kiloo Games dan dirilis pada 2012 yang lalu. Di game ini pemain harus mengendalikan seorang bocah yang dikejar-kejar satpam karena mencoret dinding di stasiun. Pemain harus berlari dan menghindari rintangan agar tidak tertangkap. Tidak akan pernah tamat alias harus berlari sejauh mungkin untuk mencetak skor yang setinggi-tingginya.

Kesannya sangat membosankan namun justru game diinstal lebih dari semilyar kali di Play Store.

Clash of Clans

Sebuah game strategi pertahanan yang dibesut oleh Supercell dan dirilis untuk iOS terlebih dahulu kemudian menyusul untuk Android pada 2013. Sambutan untuk Clash of Clans ternyata sangat besar dan sempat terjadi fenomena COC di berbagai negara karena gameplaynya yang mampu membuat orang asyik meracik pertahanan dan membuat strategi menyerang desa dari pemain lain.

Ditambah lagi saat itu COC tak perlu Android spek tinggi untuk memainkannya dan menjadikannya banyak yang mendownload.

Pokemon Go

Game mobile yang sempat menghebohkan dunia namun hanya sesaat dan kemudian turun lagi. Pokemon Go diluncurkan pada 2016 dan dikembangkan oleh Niantic. Mengusung Augmented Reality, Pokemon Go mengajak pemain untuk beranjak keluar rumah dan menangkap Pokemon di dunia nyata berbekal teknologi GPS dan Google Maps. Karena konsepnya tersebut, Pokemon Go sukses bikin orang penasaran dan menggemparkan dunia.

Sayangnya hype dan kesuksesan itu tidak bertahan lama. Sebulan kemudian Pokemon Go redup karena banyak pemain merasa bosan dan kelelahan yang disebabkan gameplaynya yang terlalu repetitif.

Mobile Legends

Diluncurkan pada 2016, Mobile Legends yang dikembangkan oleh Moonton tidak langsung terkenal. Barulah sekitar tahun 2017, game ini menjadi hype seketika walaupun hanya di wilayah Indonesia dan Asia Tenggara saja. Mobile Legends sukses memperkenalkan genre MOBA ke kalangan yang awam tentang game PC dan membuat game MOBA menjadi digandrungi masyarakat umum di Indonesia. Dulunya MOBA hanya dinikmati oleh gamer hardcore PC yang memainkan DOTA 2 dan League of Legends.

Berkat Mobile Legends pula, masyarakat umum di Indonesia jadi tahu apa itu esports dan membuat esports di Indonesia dikenal lebih banyak orang.

PUBG Mobile

Diluncurkan pada awal 2018, PUBG Mobile adalah versi mobile PUBG PC. Diterbitkan oleh Tencent Games, PUBG Mobile sukses memperkenalkan genre battleground ke dalam platform mobile dan di Google Play Store game ini merupakan salah satu yang populer bahkan hingga saat ini.

Letak keasyikan dari PUBG Mobile adalah sensasi bertempur yang menegangkan bersama dengan pemain lainnya dan juga pengalaman mabar satu skuad yang menyenangkan dengan teman-teman.

Among Us

Hype di tahun 2020 atau di masa awal pandemi, Among Us bukanlah game yang memiliki grafik yang wah namun sukses menggucang dunia berkat keasyikan gameplaynya. Game deduksi sosial ini melatih para pemainnya untuk mengandalkan intuisi sekaligus belajar akting dan berbohong serta memanipulasi. Sekarang pemainnya memang tak sebanyak dulu waktu pertama hype, namun tetap saja Among Us adalah game di Play Store yang pernah menghebohkan dunia.

Ayo gan, siapa impostornya?

Genshin Impact

Sejauh ini, Genshin Impact yang dirilis pada 2020 adalah game di Play Store yang memerlukan spek yang paling membutuhkan spek tinggi untuk memainkannya. Selain di Android, Genshin Impact tersedia untuk iOS, Windows, PS4, dan PS5.

Mapnya yang sangat luas, karakter yang menarik dan gameplay yang kompleks membuat game ini digandrungi oleh para gamer garis keras terutama yang menyukai RPG.

Mihoyo selaku developers memang memiliki ambisi yang besar pada Genshin Impact yang punya perencanaan jangka panjang game ini termasuk pembuatan map yang amat luas yang nantinya berjumlah 7 region. Saat thread ini ditulis masih ada 3 region.

Nah, gan. Game yang mana aja yang pernah agan mainkan nih? emoticon-Ngakak (S)

Referensi
evywahyuni
artamediajon681
TomZMyZ
TomZMyZ dan 6 lainnya memberi reputasi
5
2.9K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan