cintadineAvatar border
TS
cintadine
Termasuk Barry Keoghan, Inilah 6 Aktor Joker dari Masa ke Masa, Siapa Paling Ngeri?

Baru-baru ini telah beredar video di Youtube berupa adegan yang dihapus atau deleted scene dalam The Batman garapan Matt Reeves. Dalam video tersebut para penggemar dikejutkan dengan kehadiran sosok Joker yang diperankan oleh aktor muda, Barry Keoghan. Menariknya, Barry Keoghan menjadi pemeran Joker yang ketiga dalam sepuluh tahun terakhir. Ya, dalam waktu 10 tahun sudah ada 3 aktor Joker dalam film live action. Memang, Barry Keoghan tidak ditampilkan dalam film The Batman saat di bioskop, namun tetap saja hitungannya dia telah menjadi pemeran Joker dan kemungkinan akan hadir sekuel The Batman entah itu film kedua maupun film ketiga.

Sejak tahun 1966 setidaknya sudah ada enam aktor yang memerankan sosok badut psikopat yang satu ini dalam film live action. 

Cesar Romero


Nama Cesar Romero tercatat sebagai pemeran Joker pertama dalam sejarah Batman. Dia menjadi Joker pada film Batman the Movie rilisan tahun 1966 dan juga versi serial televisinya yang juga dibintangi oleh Adam West. Joker versi Adam West ini terlihat seperti badut, suka menipu, dan licik. Karakter Joker yang diperankan oleh Cesar Romero ini termasuk biasa saja dan Romero dianggap tidak totalitas dalam memerankan Joker seperti tidak mencukur rambut dan menolak untuk mencukur kumisnya. 

Meski demikian, Cesar Romero tetaplah menjadi aktor Joker yang pertama yang nuansanya campy dan mirip dengan yang ada di komik Batman klasik. 

Jack Nicholson

Jack Nicholson didaulat menjadi Joker dalam film Batman yang dirilis pada tahun 1989 garapan sutradara Tim Burton. Saat itu Jack Nicholson sudah menjadi aktor watak kawakan yang kualitas aktingnya sudah tidak diragukan lagi. Benar saja, Jack Nicholson berhasil memerankan Joker dengan baik dalam film tersebut. 

Dalam Joker versi Nicholson, diceritakan kalau nama aslinya adalah Jack Napier, seorang anggota mafia yang terjatuh dalam cairan kimia yang membuat kulitnya melepuh menjadi putih dan membuatnya gila. Ia kemudian berbuat onar di Kota Gotham dan menjadi psikopat dengan membunuh warga tanpa alasan yang jelas. 

Joker versi Nicholson digambarkan penampilannya sebagai Joker yang juga mirip dalam komiknya. 

Heath Ledger

Ya, inilah sang legenda, Heath Ledger yang sangat sukses dalam memerankan Joker dalam film The Dark Knight. Aktingnya sebagai pangeran kriminal Gotham di film tersebut memang sangat luar biasa dan begitu menjiwai. Sampai-sampai ada kabar yang beredar kalau penyebab Heath Ledger meninggal dunia karena overdosis adalah disebabkan oleh depresi karena terlalu menjiwai perannya tersebut. 

Joker versi Heath Ledger benar-benar psikopat sejati, misterius, dan tidak mudah ditebak. Tujuannya hanyalah mengacau dan untuk demi kesenangan semata dan ingin bermain-main dengan Batman yang dia anggap sama gilanya. 

Di film ini, Joker juga sebenarnya dianggap berhasil mengalahkan Batman yang tak berdaya melawannya di sepanjang film. 

Jared Leto
Konten Sensitif

Jared Leto sebagai Joker hanya muncul dalam film Suicide Squad yang dirilis pada tahun 2016 dan muncul lagi secara sekilas dalam Justice League versi Zack Snyder. Sayangnya, peran Jared Leto sebagai Joker banyak yang mengkritik karena dianggap terlalu lebay dan terlihat sok keren. Namun, sebenarnya Joker versi Leto ini hanya salah penempatan saja dan tak seharusnya muncul di Suicide Squad yang notabenenya adalah film terburuk di DC Extended Universe. 

Peran karakter Joker dalam Suicide Squad juga tidak jelas juntrungannya sehingga membuat citra Joker versi Leto ini menjadi jelek. Seharusnya, Joker versi Leto ini langsung saja muncul di film solo versi Ben Affleck dan sayangnya itu tak pernah terjadi. 

Joaquin Phoenix

Saat diumumkan menjadi pemeran Joker dalam film solo Joker tahun 2019, Joaquin Phoenix sudah mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari banyak para penggemar karena dirinya sudah termasuk dalam jajaran aktor senior yang aktingnya sangat mumpuni, film Gladiator tahun 2000 adalah salah satu film yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix. 

Joker dalam film solonya ini benar-benar Joker yang berbeda dari Joker sebelumnya bahkan dari komik sekalipun. Joker versi Joaquin Phoenix ini digambarkan lebih masuk akal dan justru tidak terlihat seperti penjahat. Joker versi Phoenix nama aslinya adalah Arthur Fleck, seorang pria yang mengalami gangguan mental yang sangat parah dan ditambah lingkungannya yang toxic. Aktor Joaquin Phoenix berhasil mendapatkan Oscar sebagai aktor terbaik berkat perannya tersebut, mengikuti jejak pendahulunya, Heath Ledger. 

Barry Keoghan
Konten Sensitif

Ya, seperti yang telah diketahui, telah beredar potongan video deleted scene The Batman yang menampilkan Joker yang diperankan oleh Barry Keoghan. Video tersebut berdurasi sekitar kurang dari lima menit. Dalam scene tersebut terlihat Batman mendatangi Joker yang dipenjara di Arkham. Kemudian Batman bertanya pada Joker perihal pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Riddler dan Joker menjawab dengan nada psikopatnya. 

Walau hanya berdurasi sebentar, namun akting Barry Keoghan sangat disorot di sini dan dianggap begitu mengerikan dan menebar teror. Barry Keoghan sendiri sebelumnya pernah membintangi salah satu film Marvel yaitu Eternals. Jika dilihat dari deleted scene tersebut, jelas sekali kalau akting Keoghan di sini sangat menjanjikan sebagai Joker dan kehadirannya di sekuelnya tentu saja sangat ditunggu oleh penggemar. 

Nah, gan. Itulah dia pembahasan tentang enam aktor Joker dalam film live action dari masa ke masa. Dari semuanya, yang mana nih yang paling agan favoritkan?

Referensi
evywahyuni
zeenanju18
silentwalker88
silentwalker88 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.6K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan