cintadineAvatar border
TS
cintadine
Melihat Lagi Gavan, Superhero Jepang 80an yang Lahirkan Istilah Segede Gaban

Anak Generasi Z mungkin tidak pernah tahu apa itu Space Sheriff Gavan, mereka lebih tahu superhero dari Marvel atau DC. Wajar saja sih, ane sendiri sebagai Milenial saja tak pernah menonton langsung Gavan di era 80an karena pada waktu eranya gavan ane belum lahir. Ane baru tahu Metal Hero ketika Jiban ditayangkan di Indosiar di era 90an dan juga Sharivan yang sempat ditayangkan di Indosiar sekitar tahun 2005. Setelah era internet ane tahu jika Metal Hero pertama adalah Gavan dan dulunya di Indonesia juga sempat populer dan inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya istilah "segede gaban". Bagaimana mungkin? Padahal ukuran Gavan ini ukurannya normal seperti manusia biasa, bukan seperti Godzilla atau Ultraman yang ukurannya super besar.

Tentang Space Sheriff Gavan
GIF
Dalam bahasa Jepang, judul aslinya dalah Uchuu Keiji Gavan. Merupakan serial Metal Hero pertama yang ditayangkan di Jepang pada tahun 1982 sampai 1983, berjumlah 44 episode dan dibintangi oleh Kenji Oba. Gavan menjadi salah satu tokusatsu terpopuler di Jepang khususnya di era 1980an.

Ceritnya berawal ketika organisasi kriminal luar angkasa Kekaisaran Makuu yang dipimpin oleh Don Horror melakukan aksi dominasi dan ingin menguasai semesta dengan menghancurkan planet yang dekat dengan bumi. Retsu Ichijōji yang bertugas sebagai Space Sheriff Gavan harus melindungi bumi dari ancaman Kekaisaran Makuu. Plot yang klise mengingat ini adalah serial superhero tokusatsu Jepang jaman dulu.

Di setiap aksinya Retsu Ichijōji akan berubah menjadi Gavan untuk melawan musuh-musuhnya. Gavan adalah polisi luar angkasa dari Planet Burung yang armornya terbuat dari metal yang kuat dilengkapi dengan senjata berupa pedang untuk bertarung. Desain kostumnya begitu klasik dan legendaris dan dianggap menjadi kostum Metal Hero terbaik dengan dominasi warna peraknya.

Gavan juga populer di beberpa negara selain Jepang. Sebut saja Filipina, Malaysia, Brazil dan Indonesia. 

Gavan di Indonesia


Menariknya, Gavan tidak pernah ditayangkan di tv Indonesia manapun namun karakter ini begitu terkenal di kalangan anak-anak 80an. Kenapa bisa demikian? Gavan dulu menyebar di Indonesia lewat kaset video VHS dan Betamax. Ya, pada waktu itu belum ada VCD player apalagi DVD dan Blu Ray. VHS dan Betamax adalah media video yang cukup populer walau harganya mahal dan tidak semua orang bisa memilikinya.

Serial Metal Hero lainnya baru ditayangkan ketika era 90an dan bagi anak 90an yang paling terkenal adalah Jiban yang merupakan serial Metal Hero ke-8. 

Istilah Segede Gaban

Ada istilah yang menggambarkan betapa besarnya sesuatu yaitu "Segede Gaban" contohnya "Itu bakso gede bener, segede Gaban!". Dilansir dari laman kompas.tv, Asal-usul istilah Segede Gaban adalah ketika patung Gaban yang ada di dufan dan tingginya mencapai 10 meter. Dari situlah bermula istilah ini yang menariknya tidak banyak orang yang tahu kalau kata "Gaban" itu adalah tokoh superhero Jepang di era 80an.

Parodi Dalam Film Warkop

Bukti Gavan pernah populer di Indonesia para era 80an adalah muncul sebagai parodi dalam film Warkop DKI yaitu Depan Bisa Belakang Bisa (1987). Dalam film tersebut terdapat adegan Dono dan Michiko dikejar-kejar oleh Satomata dan ketika terdesak Dono melakukan ritual lalu berubah menjadi Gavan. Scene kocak tersebut memberikan fakta kalau dunia Cosplay di Indonesia sudah ada sejak tahun 80an.  Selain itu Gavan juga sempat dijadikan parodi dalam salah satu iklan Gojek di mana Gavan berantem dengan Gojali (parodi Godzilla).


Nah, gimana gan. Apakah agan angkatannya Gaban atau Jiban Indosiar? emoticon-Ngakak (S).

Referensi 1

Referensi 2
Diubah oleh cintadine 27-03-2022 05:39
fachri15
feraldi2001
nomorelies
nomorelies dan 11 lainnya memberi reputasi
12
8K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan