iskrimAvatar border
TS
iskrim
Mengganti Motor dan Mobil 5 Tahun Sekali, Anjuran Menyesatkan, kah?


[ HT# 986 ]

Lagi seneng-senengnya, lagi sayang-sayangnya punya kendaraan tanpa sadar usia pakainya sudah memasuki tahun kelima, ya kalau jumlah Kilometernya udah gondrong, lah kalau masih imut apa harus dijual?

Adalah sebuah anjuran atau rekomendasi produsen kendaraan agar kita mengganti kendaraan lama dengan yang baru. Apakah harus? Seberapa penting? Bagaimana dengan pajak progresifnya?

3 pertanyaan diatas pasti mewakili masyarakat terutama mereka berduit pas-pasan bahkan dalam ekonomi keluarga sedang tidak baik-baik saja. Tinggal kendaraanlah satu-satunya aset berharga untuk mencari nafkah, itupun cicilannya masih kurang 8 bulan lagi.



Produsen kendaraan menentukan usia pakai kendaraan bisa dikatakan fit dan optimal jika masih dibawah 5 tahun tentu mereka memiliki alasan.

Menurut teman saya yang bekerja sebagai salah satu showroom mengatakan kalau kendaraan yang sudah berumur diatas 5 tahun biasanya mulai banyak pengeluaran untuk perawatan dan maintenancenya.

Hm, apakah sebegitunya kita harus menerima bulat-bulat. "Wah, motor saya sudah 5 tahun lewat sehari, berarti saya besok harus ganti baru!". Sepertinya enak ya, tapi realitanya tidak semudah itu Ferguso. Ada banyak faktor dan pertimbangan yang harus dilewati untuk bisa menebus kendaraan baru yang sekarang harganya semakin tidak masuk akal untuk motor ber CC kecil sekalipun.

Nah, kalau kendaraan motor atau mobil selama ini benar-benar terawat apa harus diganti juga, coba lihat saja diluar banyak kendaraan berusia lebih dari 10 tahun pakai ternyata masih enak dan nyaman. Contoh paling dekat saya alami sendiri, motor Supra X 125 keluaran 2010, sampai detik ini masih enteng larinya. Selama pakai baru ganti aki 1x, rantai 2x, lampu headlamp 1x, dan hanya Dynamo starter saja saya biarkan mati.

Ya, memang produsen kendaraan tidak bisa disalahkan karena selain menilai secara bisnis agar usahanya terus bergerak kitanya juga direminder dengan mendapat tawaran kendaraan baru, siapa tahu berniat ganti, kan apalagi sedang punya rejeki lebih. Aamiin.



Reminder ini bisa jadi warning bagus buat kamu yang mungkin jorok dalam pemakaian dan cuek dalam hal perawatan karena jika dihitung-hitung biaya perawatan dan penggantian part jatuhnya sama besar dengan uang Dp kendaraan baru plus dapat tampilan lebih fresh, fitur terbaru pula. Kalau bisa kess kenapa harus kredit? Hm.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 27-03-2022 23:37
Hargo123
Emn
provocator3301
provocator3301 dan 18 lainnya memberi reputasi
17
10.9K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan