ammar04Avatar border
TS
ammar04
Lebij memilih Smartphone dibanding Buku


Di era modern sekarang ini dunia internet merupakan dunia bagi semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga usia lanjut, dengan smartphone, mereka akan mendapatkan keasyikannya tersendiri mulai dari menonton film, mendengarkan musik, membaca berita dan masih banyak lagi. Namun, semakin canggih smartphone yang dimiliki seringkali membuat Orang-orang semakin malas untuk membaca buku secara fisik, Banyak sekali dari mereka yang lebih memilih smartphone nya dibanding dengan buku.

Smartphone
Smartphone sudah pasti menjadi pilihan bagi masyarakat luas, smartphone juga merupakan alat serba guna yang praktis, ringan, dan bisa dibawa kemana saja dan bisa dipakai dimana saja,
Kenapa sih banyak yang lebih memilih smartphone dibanding buku di era digital sekarang?, tentu saja karena dengan kepraktisan nya orang-orang lebih memilih smartphone dibanding dengan buku, apa yang dibaca di buku bisa juga dibaca dalam bentuk e-book di internet.

Smartphone selain membawa efek positif, sudah pasti membawa efek negatif juga, Memang smartphone sangat memudahkan dalam mengakses informasi seperti berita, dengan smartphone pelajar atau mahasiswa juga dapat lebih mudah mencari defenisi dan referensi. Lihat saja di kalangan pelajar ataupun mahasiswa, dengan akses ke internet dapat dengan cepat mencari defenisi sesuai kebutuhan, banyak sumber-sumber yang disediakan oleh google mesin pencari otomatis, begitu pula halnya bila mencari referensi untuk sebuah karya tulis.

Lalu, bagaimana dengan buku? Masih banyak kah peminat nya?, Secanggih-canggihnya smartphone menurut saya orang-orang masih tetap dan selalu ingin memiliki buku. Kita masih akan tetap membutuhkan buku, banyak manfaat dari membaca dan menguasai isi buku yang pernah dibaca. Membaca buku akan memberi manfaat banyak pada perubahan diri pembaca. banyak kata-kata atau pernyataan-pernyataan dalam sebuah buku secara tidak langsung sudah membentuk pola pikir baru.

Memegang smartphone memang jauh lebih ringan dan praktis daripada harus memegang tumpukan buku yang lebih banyak mengorbankan tenaga. Tetapi, belajar dengan buku mungkin jauh lebih mencerdaskan daripada belajar dengan gadget yang melalaikan waktu. belajar dengan smartphone pasti banyak sekali gangguan seperti iklan yang menumpuk, kadang-kadang juga internet yang suka lemot, dengan membaca lewat buku kita tidak akan mendapatkan gangguan seperti itu. dan smartphone juga jelas memiliki efek radiasi yang membawa penyakit bagi para penggunanya, lain halnya memegang buku tanpa efek apapun.

Smartphone dan buku memiliki kekurangan dan kelebihan nya masing-masing, jadi kesimpulannya gunakan lah smartphone kalian dan buku kalian dengan sebaik mungkin.

-Muammar
Diubah oleh ammar04 31-03-2022 03:44
evywahyuni
Bgssusanto88
nananinanunu
nananinanunu dan 3 lainnya memberi reputasi
4
578
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan