Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Otorita IKN Buka Opsi Urun Dana Masyarakat: Sah, Tak Ada Pemaksaan


Tim komunikasi IKN Nusantara menjelaskan terkait isu pembangunan Ibu Kota melalui urun dana atau crowd funding. Pembangunan IKN Nusantara dapat dilakukan melakukan sejumlah cara secara sah, termasuk urun dana.

"Pendanaan untuk persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara, serta penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara bersumber dari: APBN dan/atau sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," kata jubir IKN Nusantara Sidik Pramono dalam keterangannya, Jumat (25/3/2022).

KLHK Tetapkan 3 Tersangka Penambang Batu Bara Ilegal di Wilayah IKN
Sidik menjelaskan bahwa pemerintah sedapat mungkin menekan pendanaan yang bersumber dari APBN dengan memaksimalkan pendanaan yang dimungkinkan dan sesuai menurut ketentuan perundang-undangan.

Lalu, Sidik menyebut sejumlah sumber pendanaan lain pembangunan IKN Nusantara, antara lain dari BUMN, filantropi, hingga crowd funding atau urun dana dari masyarakat.

"Sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan antara lain berasal dari: pemanfaatan Barang Milik Negara dan/atau pemanfaatan aset dalam penguasaan; penggunaan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha; kontribusi swasta/BUMN (antara lain berupa pembiayaan dari ekuitas dan obligasi korporasi); dan creative financing, seperti crowd funding, dana filantropi, ataupun dana corporate social responsibility (CSR)," ujar Sidik.

Kawasan Inti Pusat Pemerintahan di IKN Bakal Jadi 4 Zona, Ini Pembagiannya
Urun dana, kata Sidik, satu dari banyak alternatif pendanaan dari non-APBN. Urun dana dari masyarakat merupakan penggalangan dana yang melibatkan banyak orang dan sifatnya donasi secara sosial tanpa paksaan.

"Urun-dana ini sifatnya sukarela, tidak ada pemaksaan, dan yang menjadi pemrakarsa pun dari pihak masyarakat sendiri," ucap Sidik.

Lebih lanjut, Sidik menyebut alternatif urun dana ini adalah kesempatan dan ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dan mempunyai rasa memiliki di IKN Nusantara.

Pendanaan dari urun dana bisa dialokasikan untuk jenis-jenis fasilitas umum dan fasilitas sosial tertentu dengan skala tertentu, seperti misalnya taman anggrek hutan, rumah diaspora global, ataupun museum artefak hutan.



"Intinya: urun-dana sebagai salah satu alternatif pembiayaan adalah dari, oleh, dan untuk masyarakat," imbuhnya.



Baca artikel detiknews, "Otorita IKN Buka Opsi Urun Dana Masyarakat: Sah, Tak Ada Pemaksaan" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6000129/otorita-ikn-buka-opsi-urun-dana-masyarakat-sah-tak-ada-pemaksaan.


Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/


https://news.detik.com/berita/d-6000...563.1648182508

GIMANA MAU BANGUN ISTANA, URUSIN MINYAK GORENG AJA GA BECUS

POKONYA, KALO DANA KURANG JGN SAMPE ORMAS2 DI INDONESIA TURUN GUNUNG BUAT ALASAN BANGUN IKN emoticon-Leh Uga
Diubah oleh nevertalk 25-03-2022 06:18
kakekane.cell
rinandya
agam69
agam69 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.4K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan