Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Ogah Alirkan ke Kali, Pesan Anies buat Cegah Banjir: Tolong Selamatkan Air Hujan


Suara.com - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA), DKI Jakarta, Yusmada Faizal mengaku mendapatkan pesan dari Gubernur Anies Baswedan untuk 'menyelamatkan' air hujan. Hal ini merupakan acuan untuk mengendalikan air hujan demi mencegah banjir di Jakarta.

Yusmada mengatakan, berdasarkan pesan itu, air hujan yang turun harus ditampung. Setelah itu, air tersebut dimanfaatkan dan tidak dialirkan ke sungai atau drainase agar tidak meluap.



Hal ini Yusmada sampaikan dalam peringatan Hari Air Dunia 2022 di Danau Cincin kelurahan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (22/3/2022).

"Yang paling efektif untuk memanfaatkan air hujan adalah menampung dari awalnya, sehingga dia tak mengalir dan memenuhi saluran, membuat genangan sampai ke sungai dan membuat sungai meluap. Itulah, makanya Pak Gubernur selalu menggencarkan 'tolong selamatkan air hujan', itu," ujar Yusmada.



Tak hanya itu, Yusmada juga menyebut Anies akan segera mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pengelolaan air hujan. Nantinya akan ada aturan mengenai pengolahan air yang sudah ditampung agar air yang turun terselamatkan.

"Makanya, akan muncul Pergub pengolahan air hujan akan diterbitkan dalam rangka, yuk sama-sama menyelamatkan berkah allah berupa air hujan supaya bermanfaat bagi kehidupan semua. Itu yang harus kita dorong," jelas Yusmada.



Ia juga menjelaskan, pihaknya sudah menjalankan program menampung dan mempertahankan air hujan, yakni proyek 942. Nantinya, akan diselesaikan pembuatan 9 polder, pembuatan 4 waduk, dan revitalisasi 2 sungai.

"Kelebihan air itu sedapat mungkin diamankan. Mudah-mudahan tahun ini kita dapatkan 9 polder, 4 waduk baru di daerah hulu, dan revitalisaai 2 sungai. Esensinya adalah mempertahankan, mengamankan air hujan."

https://www.suara.com/news/2022/03/2...tkan-air-hujan

Jadi.. Menurut pak anies.. Daripada air hujan d alirkan ke kali/sungai dan membuat sungai meluap.. Lebih baik air hujan d tampung d jalan raya dan rumah2 warga.. emoticon-Malu (S)

Karena menurut pak anies.. Air (banjir) itu berkah Allah.. emoticon-Malu (S)





emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
T2Y
viniest
screamo37
screamo37 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
4.7K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan