provocator3301Avatar border
TS
provocator3301
Mengungkap Misteri Pria Somerton (Tamám Shud)

Mayat seorang pria ditemukan pagi hari pada 1 Desember 1948, di Pantai Somerton, Glenelg, Adelaide, Australia Selatan.

Kasus penemuan mayat ini dikenal dengan The Tamam Shud case (Kasus Tamam Shud) atau Mystery of the Somerton Man (Misteri Pria Somerton).

Pria itu disebut Somerton Man (Pria Somerton), merujuk pada tempat dia ditemukan.

Mayat tersebut memiliki catatan aneh seperti kode pada selembar kertas yang digulung dari sebuah buku bertuliskan 'Tamam Shud', bahasa Persia untuk 'Itu sudah berakhir'.


Penemuan Pria Somerton



Pada 30 November 1948, sekitar pukul 19.00, John Bain Lyons dan istrinya berjalan-jalan di pantai Somerton.

Pasangan itu memperhatikan seorang pria bersandar di tembok beton di seberang Crippled Children's Home. 

Dia berpakaian rapi dalam setelan penuh dan sepatu yang dipoles yang merupakan pakaian yang tidak biasa untuk malam musim panas dan untuk pantai.

Pasangan itu ingat bahwa pria itu mengangkat lengan kanannya dan kemudian membiarkannya jatuh.

Lyons menduga bahwa lelaki itu terlalu mabuk, jadi mereka berjalan menjauh.

Tiga puluh menit kemudian pasangan lain melihat pria itu menempelkan tubuh ke tembok laut. Lengan kirinya terbentang di tanah dan wajahnya dirubung oleh nyamuk. Pasangan itu menyimpulkan bahwa dia hanya tertidur lelap.

Namun pagi berikutnya, pada 1 Desember 1948, sekitar pukul 6.50 pagi, sekelompok orang yang berkuda mengelilingi tubuh pria yang sebelumnya dilihat pasangan di sekitar pantai. 

John Lyons, kembali dari renang pagi untuk melihat kerumunan berseliweran di mana dia dan istrinya melihat pria yang seharusnya mabuk. Lyons tiba-tiba menyadari bahwa pria itu sekarang sudah meninggal.


Pakaian Mewah dan Jari Kaki yang Patah



Kematian Pria Somerton tidak jelas, dia tidak memiliki luka tusuk atau peluru dan tidak ada memar atau darah yang ditemukan di tempat kejadian. Kematiannya tampak pasif dan damai.

Tiga jam kemudian, mayat itu dipindahkan ke Rumah Sakit Royal Adelaide. John Barkley Bennet memperkirakan bahwa waktu kematian adalah tidak lebih awal dari pukul 02.00 pagi. 

Pria itu berpakaian rapi. Dia mengenakan celana boxer dan singlet pria, kemeja putih dan dasi merah tipis dengan celana coklat muda, sweater coklat, dan mantel coklat, bahkan sepatunya dipoles.

Di sakunya, dokter menemukan tiket kereta api ke Pantai Henley, tiket bus ke North Glenelg, permen karet, hingga saputangan -berbagai barang yang wajar.

Tapi di dalam pakaian pria itu, semua label nama dan label pembuat telah terpotong. Salah satu saku celananya diperbaiki dengan jenis benang oranye yang tidak dikenal.

Banyak yang percaya karena pakaian dan barang-barangnya bahwa pria itu memang orang Amerika.

Anehnya, lelaki Somerton itu tidak memiliki dompet dan di saku dadanya, penyelidik Thomas Cleland kemudian menemukan selembar kertas terlipat yang bertuliskan "Tamam Shud" ditemukan telah robek dari buku Rubaiyat Omar Khayyam edisi Selandia Baru yang langka, karya puisi abad ke-12.


Sedangkan untuk tubuh pria itu, ahli patologi Dwyer melaporkan bahwa pupil matanya lebih kecil dan tidak biasa. Obat-obatan tertentu dapat dikaitkan dengan kontraksi pada pupil.

”Dia menemukan bahwa lelaki Somerton memiliki darah di perutnya. Dia kemudian melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa, "Darah di perut menyarankan beberapa racun yang mengiritasi, tetapi di sisi lain tidak ada yang terdeteksi dalam makanan dengan mata telanjang saya untuk menemukannya.

Pria itu memiliki kaki atletis meskipun dia setengah baya, mungkin berusia 40-an. Lengannya kecokelatan. Anehnya, jari-jari kakinya hancur seolah-olah mereka terdorong sepatu ketat. Beberapa percaya bahwa karena ini, ia bisa menjadi penari balet.

Thomas Cleland, koroner, kemudian berhipotesis bahwa ada dua racun mematikan yang bisa dengan cepat terurai di dalam tubuh tanpa meninggalkan jejak. Entah racun bisa diberikan kepada pria Somerton dan membusuk sebelum otopsi dilakukan.

Tetapi hasil untuk darah dan urin menunjukkan bahwa tidak ada yang salah. Kesimpulannya adalah akhirnya gagal jantung. Apa ini artinya jantungnya berhenti adalah apa yang membunuhnya.

Tetapi bahwa gagal jantung kemungkinan besar disebabkan oleh racun, apakah itu dimakannya sendiri atau dibunuh, tidak diketahui.

Selanjutnya adalah melakukan pencarian pada sidik jari pria itu, tetapi ini juga tidak menghasilkan informasi baru. Baik FBI maupun Scotland Yard tidak memiliki sidik jari pria itu dalam arsip.


***


Misteri Abadi di Balik “Tamám Shud”



Panggilan kemudian dikeluarkan untuk properti terbengkalai yang ditemukan di stasiun kereta api setempat. Sehari kemudian, polisi diberi tahu ada koper cokelat yang ditemukan di Stasiun Kereta Adelaide.

Koper berisi benang yang sama persis dengan yang dikenakan oleh Pria Somerton. Ini mudah dikenali karena benang Barbour bercahaya yang dipakainya cukup langka dan tidak diproduksi di Australia.

Lebih jauh, pakaian itu semua dalam ukuran Pria Somerton. Sayangnya, ini juga tidak menghasilkan petunjuk dalam identifikasi.

Sementara itu, dunia diberitahu tentang kasus aneh pria Somerton, dan beberapa bulan kemudian, seorang pria pergi ke kantor detektif dengan salinan buku yang sulit dipahami dari mana "Tamám Shud," sebuah kalimat yang kemungkinan muncul di halaman terakhir buku, telah robek.

Pada bulan Desember tahun sebelumnya, lelaki itu melaporkan, ia telah berkendara dengan saudara iparnya di sebuah mobil yang ia parkir beberapa ratus meter dari pantai Somerton.

Ketika mereka kembali ke mobil, ipar itu memperhatikan sebuah buku aneh yang sekarang tergeletak di lantai mobil. Kedua lelaki itu mengira buku itu milik orang lain dan akibatnya disimpan di departemen glove.

Tetapi ketika liputan nasional lelaki Somerton mulai beredar, kedua lelaki itu melihat lebih dekat pada buku itu. Mereka sadar memiliki salinan buku yang sama persis dengan satu halaman di bagian akhir.

Sersan Detektif Lionel Leane melihat dua nomor telepon. Nomor telepon pertama tidak bertuan, tetapi nomor telepon kedua terhubung ke seorang perawat muda yang tinggal di Pantai Somerton dikenal sebagai "Jestyn." Nama sesungguhnya tidak pernah diungkapkan kepada masyarakat umum.

Jestyn mengaku tidak mengenal lelaki Somerton itu, tetapi dia hampir pingsan ketika melihat gips wajah lelaki Somerton itu.

Jestyn enggan berbicara dengan polisi, meskipun dia akhirnya mengakui telah memberikan salinannya kepada seorang pria bernama Alfred Boxall.

Ketika polisi Adelaide mengejar petunjuk ini, mereka menemukan bahwa Boxall memang hidup dan masih memiliki salinan Jestyn dalam kepemilikannya.

Buku itu mengungkapkan kode aneh. Tetapi intelijen angkatan laut tidak dapat menguraikan kode tersebut, sehingga garis-garis itu diterbitkan di surat kabar untuk para pembuat kode amatir untuk mengotak-atik:


W (atau M) RGOABABDWTBIMPANETPMLIABO AIAIQCITTMTSAMSTGAB

Polisi kemudian memutuskan bahwa ini adalah kali terakhir untuk membaringkan lelaki Somerton itu pada istirahat terakhirnya pada 14 Juni 1949.

Ketika koroner Australia Selatan menerbitkan hasil akhir penyelidikannya pada tahun 1958, laporannya ditutup dengan pengakuan, “Saya tidak dapat mengatakan siapa yang meninggal itu ... Saya tidak dapat mengatakan bagaimana dia meninggal atau apa penyebab kematiannya."

Teori populer pertama adalah bahwa Pria Somerton bunuh diri setelah ditolak Jestyn, sebab Jestyn memiliki seorang anak yang penampilannya mirip dengan Pria Somerton

Teori lainnya adalah Pria Somerton seorang mata-mata yang tahu terlalu banyak dan bunuh diri dengan racun yang jarang diketahui orang.
Meski kasusnya menyebar di seluruh dunia, tidak ada yang mengklaim mayat Pria Somerton.
Akhirnya kasus ini, dalam arti tertentu, adalah “Tamám Shud” atau tidak terpecahkan dan berakhir.
***



Diubah oleh provocator3301 22-03-2022 14:54
berbagi.info
provocator.3301
bayi.kafir
bayi.kafir dan 32 lainnya memberi reputasi
31
6.4K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan