Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Nokia N-Gage, Ponsel Gaming Gagal dari Nokia, Mungkinkah dibangkitkan Lagi?


Apa smartphone gaming masa kini? Pasti jawabannya ada Blackshark dan juga Asus ROG yang punya spesifikasi tinggi dan dikhususkan untuk bermain game kelas tinggi. Harganya pun tak main-main bahkan ROG harganya bisa melebihi smartphone kelas flag ship sekalipun.

Sebenarnya, ponsel khusus untuk gaming sudah ada sebelum Asus ROG ada. Dulu ada Sony Xperia Play yang disertakan gamepad fisik yang dislide dan dapat memainkan emulator Playstation generasi pertama dengan lancar. Smartphone tersebut diluncurkan pada 2011. Tapi sebelum ada Sony Xperia Play, ada juga smartphone gaming yang lebih tua. Ya, itu adalah Nokia N Gage yang diluncurkan pada 2003 yang lalu. Smartphone Symbian ini dulunya adalah smartphone mewah yang tidak semua orang bisa memilikinya.

Nokia N-Gage, Symbian for Gaming

Nokia N-Gage adalah smartphone Symbian dari Nokia yang diluncurkan pada kuartal 4 tahun 2003 silam. Bentuknya yang nyentrik dan unik, membuatnya mencuri perhatian dan smartphone ini dikhususkan untuk bermain game. Kala itu Nokia ingin menyaingi Nintendo yang tengah sukses dengan Game Boy Advance (GBA). Nokia ingin menghasilkan sebuah gadget yang tak hanya bisa memainkan game tapi juga fungsi telepon genggam dan media hiburan lainnya. Sebuah ide yang saat itu belum pernah terjadi.

Nokia N-Gage memiliki bentang layar 2.1 inchi, sangat kecil untuk ukuran sekarang namun untuk saat itu dirasa cukup ideal. Tidak ada kamera dalam smartphone ini, padahal smartphone flagship di tahun segitu sudah pada punya kamera. Tetapi, MP3 player sudah disematkan walaupun internal memorinya hanya 3.4 MB saja.

Sementara untuk jaringan, Nokia N-Gage juga belum mendukung 3G. Masih 2G GPRS dan bahkan belum EDGE. Jadi internetan lawat WAP ya terasa sangat lambat walaupun pada saat itu untuk bisa internetan di hp membutuhkan tarif GPRS yang mahal juga.

Game yang bisa dimainkan bisa diunduh ataupun dalam bentuk kartu layaknya Nintendo GBA. Game-game tersebut berbasis Symbian yang dibuat oleh beberapa developer. Jumlahnya tak terlalu banyak dan menjadi salah satu penyebab kegagalan Nokia N-Gage.

Nokia N-Gage QD, Sang Penerus

Pada 2004, Nokia meluncurkan N-Gage QD yang merupakan penerus N-Gage standar. Menariknya, nyaris tidak ada perbedaan di antara keduanya kecuali bentuk N-Gage QD yang lebih trendi dan kapasitas baterainya yang lebih besar. N-Gage QD ini biasanya tampil di sinetron-sinetron Indonesia dan kelihatannya keren banget.

Kegagalan


Meski populer khususnya di Indonesia, namun Nokia N-Gage ini termasuk produk gagal yang pernah diproduksi oleh Nokia. Penyebabnya adalah Nokia terlalu memaksakan ponsel gaming di masa itu di kala teknologi belum secanggih sekarang dan ditambah oleh para developer yang enggan membuat game untuk N-Gage yang serba nanggung. Mereka para developer malah lebih rajin dalam membuat game berbasis Java biasa yang lebih jelas dan terukur.

Seri N-Gage tak pernah dilanjutkan lagi sampai sekarang. Tapi mungkinkah Nokia yang sekarang dipegang oleh HMD Global melahirkan kembali N-Gage versi baru dengan basis Android dan menyaingi Asus ROG?

Nah, menurut agan gimana? emoticon-Ngakak (S)

Referensi
za575020274
kebaikanbersama
pandupradana50
pandupradana50 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
4.9K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan